Onno W. Purbo

Jakarta, BISKOM – Pakar IT Onno W. Purbo mendapatkan anugerah tertinggi dan bergengsi tingkat dunia di bidang internet yakni Jonathan Postel Service Awards. Penghargaan ini merupakan penghargaan bergengsi di komunitas internet dunia. Onno adalah orang Indonesia pertama yang mendapat penghargaan ini dan orang ke-6 di Asia.

Presiden dan CEO Internet Society Andrew Sullivan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (18/11/2020) menyatakan Onno Purbo terpilih dari sejumlah kandidat lain dari berbagai negara setelah mendapatkan suara mayoritas dari anggota komite Postel Award.

“Onno Purbo diapresiasi atas sejumlah prestasi dan kiprahnya dalam mengembangkan infrastruktur internet, serta menghadirkan akses internet nirkabel berbiaya murah secara inklusif atau bermanfaat bagi orang banyak,” kata Andrew Sullivan.

Onno yang selama ini berkiprah sebagai salah satu pakar XecureIT, menerima anugerah Postel Award pada 11 November 2020 dalam ajang 2020 Postel Service Award yang diadakan secara virtual oleh Internet Society, dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Johnny Plate.

Mewakili Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Menkominfo menyampaikan apresiasinya bahwa Indonesia bangga atas penganugerahan Postel Award yang sangat bernilai kepada salah satu putra terbaik bangsa yaitu Onno Purbo.

Onno Purbo juga dihargai akan upayanya dalam literasi internet di Indonesia bahkan hingga ke negara lain. Lelaki kelahiran Bandung, 17 Agustus 1962, selama ini dikenal rajin membagikan ilmunya dan melayani pertanyaan/masalah terkait internet di media sosial bahkan buku-buku dan tulisannya bisa diunduh gratis oleh siapapun.

Alumnus ITB ini kerap hadir dalam berbagai undangan acara sesuai keahliannya, mulai dari sekolah, kampus, komunitas, hingga lembaga pemerintahan.

Pembina Onno Center International, Soegiharto Santoso atau yang akrab disapa Hoky menyampaikan ucapan selamat atas penghargaan yang diraih Onno. “Saya mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kang Onno W. Purbo yang telah meraih Postel Award. Tentu ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia karena Kang Onno adalah orang pertama di Indonesia yang menerima penghargaan ini,” ujar Hoky.

Wujud CD Rom berisi artikel internet dari DR. Onno W. Purbo, PhD yang merupakan program seri mencerdaskan bangsa atas inisiatif Ir. Soegiharto Santoso/ Hoky.

Hoky menambahkan. “Saya salah satu saksi mata, bahwa sejak 20 (dua puluh) tahun yang lalu, atau tepatnya sejak tahun 2000, Kang Onno telah membagi-bagikan ilmunya tentang Internet dengan cara membagi-bagikan CR-Rom berisikan artikel Internet dalam program CD mencerdaskan bangsa, dimana pada waktu itu saya sempat juga mendampingi Kang Onno melakukan road show keberapa pesantren di Indonesia, upaya membagikan ilmu oleh Kang Onno tidak pernah berhenti hingga saat ini untuk tujuan mencerdaskan rakyat Indonesia.” ungkapnya.

Menurut Onno, Indonesia masih memiliki tiga tantangan di dunia internet secara global, yakni bahasa, akses infrastruktur, dan gap pengetahuan telekomunikasi. Maka itu, akses ke infrastruktur dan pengetahuan menjadi sangat penting di Tanah Air supaya internet di Indonesia semakin terjangkau, mudah, dan relevan.

Meski ada hambatan tersebut, bangsa Indonesia jangan takut, apalagi minder, karena sudah dikenal sebagai bangsa yang kreatif dan out of the box di dunia dengan kondisi terbatasnya. Indonesia bahkan sudah menjadi contoh atau teladan bagi negara-negara lain di dunia.

Pesan Onno jelas, Indonesia dengan kondisi yang terbatas harus bisa bikin internet yang murah dan mudah. Mengatasi segala keterbatasan di republik ini, Onno sudah melakukan banyak inisiatif, seperti kontribusinya memopulerkan wajanbolic, yakni antena murah-meriah untuk menangkap gelombang radio 2,4 GHz, serta infrastruktur jaringan RT/RW-net. Saat ini ada 60 ribu RT/RW Net di seluruh Indonesia.

“Kita harus konsisten dengan tujuan hidup. Tujuan hidup saya adalah senang melihat orang Indonesia maju dan pintar. Bayarannya? Senang saja melihat orang bisa bikin warnet, senang jadi orang yang bermanfaat. Saya puas kalau tujuan itu tercapai,” pungkas Onno. (red)

Artikel Terkait:

Kegiatan Amal “Sharing is Caring, Taiwan Excellence” Mengundang Masyarakat Dunia Untuk Bertukar Pikiran

Kunjungan Pakar Teknologi Informasi, Onno W Purbo Ke PT ZTT Cable Indonesia

Information Technology Expert, Onno W Purbo Visit To PT ZTT Cable Indonesia

TAITRA dan Onno Center Adakan Seminar Industri 4.0.

Belajar TI Sambil Kemping Bersama Onno Purbo

Jokowi Punya e-Blusukan, Onno Punya Blusukan Online

ONNO W. PURBO: Cerdaskan Rakyat, Agar Merdeka di Bidang TI

Asosiasi dan Penggerak TIK Nasional Sepakati Roadmap dan Menteri TIK Kedepan

Pegiat Internet Indonesia #AkhirnyaMilihJokowi

Ratusan Pelaku Ekonomi Kreatif Padati Konser Salam Dua Jari

Onno W. Purbo Masuk Dalam Calon Menteri Kabinet Jokowi

Inilah 41 Calon Menteri Terpilih Versi Kabinet Rakyat

Dicalonkan Jadi Menkominfo, Onno Raih Polling Tertinggi

loading...