Jakarta, BISKOM – Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa, meresmikan ‘Smart’ Instalasi Tahanan Militer pertama TNI AD di Markas Pomdam Jaya, Jl. Sultan Agung No. 33, Jakarta Selatan, Selasa (20/4/2021).

Sebuah kebanggaan terbesar bagi Korps Angkatan Darat karena telah berhasil meluncurkan ‘Smart’ instalasi tahanaan militer yang pertama di Indonesia.

“Dikatakan Smart karena memang berbasis ICT atau Information Communication Technology. Sehingga semuanya sudah terintegrasi sedemikian rupa, sistem kerjanya sudah termasuk kategori canggih,” ujar Andika.

Baru pertama kalinya TNI Angkatan Darat memiliki Smart instalasi Tahanan Militer berbasis ICT, Kasad menyampaikan, dari bangunan Instalasi tersebut di integrasikan sangat terkendali.

Dibangunnya instalasi tahanan militer di sini, dikarenakan sebelumnya tahanan di Pomdam Jaya ini dirasakan tidak manusiawi.

“Semuanya sudah dapat diprogram jadi tidak lagi manual seperti penguncian dan lampu, jadi semuanya sudah diprogram secara elektronik sehingga bisa otomatis, tetapi juga yang lebih penting adalah lebih manusiawi karena apa? Karena tidak mungkin lagi ada bullying dan vandalisme di dalam, apalagi gerak-gerik yang berada didalam tahanan dapat diianalisis, analisisnya langsung oleh Artificial Intellegence (AI) jadi sudah otomatis itu yang membuat kami bangga terbangunnya Smart Instalasi Tahanan Militer sebagai fasilitas yang pertama di Satuan Pom TNI AD,” ujarnya.

“Walaupun hanya luas bangunan 1500 M2 dan berkapasitas 83 orang, namun dapat menampung prajurit TNI yang perlu dibina sesuai dengan tujuan dari instalasi Tahanan Militer yang Smart ini dibangun,” tutup Kasad.

Tampak Pejabat TNI AD yang hadir mendampingi Kasad ketika meresmikan Staltahmil Pomdam Jaya diantaranya, pejabat dari jajaran Mabesad antara lain Irjenad, Asrena Kasad, Asintel Kasad, Aspers Kasad, Aslog Kasad, Kapusziad, Dirkumad, Kadispenad, Kadisadaad, kemudian dari Puspomad antara lain Danpuspomad, Wadanpuspomad, Irpuspomad, Dirbinidik Puspomad, Dirbaintahmil Puspomad, serta dari jajaran Kodam Jaya antara lain, Pangdam Jaya, Irdam Jaya, Asintel Kasdam Jaya, Aslog Kasdam Jaya, Danpomdam Jaya, kemudian pejabat dari luar struktur TNI meliputi, Kapuslesmasmil TNI, Dirjen Lapas Kemenkumham RI dan Ka Rutan KPK Cabang Kelas I Guntur.

Sebelum meresmikan Staltahmil, Kasad terlebih dahulu melihat gedung depan Markas Mapomdam Jaya, dilanjutkan dengan menyaksikan atraksi kemampuan anjing pelacak yang di miliki Pomdam Jayakarta. (Barley)

loading...