Dalam kesempatan kali ini, ITE (Integrated Technology Event) Forum bekerjasama dengan APTIKNAS – EventCerdas menggelar webinar bertajuk SATU DATA PERKOTAAN. Program SATU DATA NASIONAL sendiri telah dikeluarkan Perpres No.39 / 2019 dengan dimonitor BAPPENAS. Satu Data Indonesia adalah kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antara instansi pusat dan instansi daerah. Kali ini webinar mencoba mengangkat fokus terkait perkembangan Smart City dengan fokus SATU DATA PERKOTAAN.

Hadir sebagai narasumber diantaranya, M. Irfan Saleh, ST, MPP, Ph.D, Plt. Kepala Pusat Data dan Informasi Perencanaan Pembangunan BAPPENAS, Gensly , Kasubdit Administrasi Perkotaan, Direktorat Waskoban, Ditjen BAK KEMENDAGRI, Bambang Dwi Anggono, Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) – dalam kali ini diwakili oleh Ade Frihadi , Koordinator Infrastruktur dan Interoperabilitas Layanan Aptika Pemerintahan. Selain itu, diundang juga Setiaji – Kepala Diskominfo Jawa Barat, serta dari industri yaitu Edwin Purwandesi, Head of Big Data Platform, Ai, & Cybersecurity, PT. Telkom Indonesia.

eFlyer ITE Forum 27 Mei 2021

Gensly menjelaskan kembali mengenai PP 23 / 2014 serta enam layanan dasar yang harus disediakan Perkotaan di Indonesia.

Gensly hadir secara luring dalam acara ini

Selain itu juga menjelaskan kembali beberapa kendala pengelolaan kota cerdas yang belum optimal selama ini.

Gensly: Pengelolaan Kota Cerdas yang belum optimal

Gensly juga mengingatkan kembali ruang lingkup smart city Indonesia yang harus mengedepankan layanan dasar serta pendekatan desentralisasi dan kolaborasi.

Berikutnya M. Irfan Saleh dari BAPPENAS menyampaikan berbagai hal terkait Satu Data Indonesia, serta kegiatan utama di tahun 2021.

M. Irfan Saleh menjelaskan SDI 2021

Dari sisi BAPPENAS juga menjelaskan integrasi sistem pemerintahan digital terkait dengan Satu Data Indonesia.

Pembicara berikutnya, Ade Frihadi dari KOMINFO menjelaskan transformasi SPBE yang secara bertahap menuju tata kelola SPBE yang baik.

Ade menjelaskan transformasi SPBE

Ade menjelaskan keterhubungan antara SDI dan Pusat Data Nasional yang saat ini sedang dikerjakan oleh KOMINFO.

Ade: keterkaitan SDI dan PDN

Berikutnya tidak kalah seru pembahasan yang disampaikan oleh Setiaji terkait Satu Data Jawa Barat.

Setiaji: Satu Data Jawa Barat

Jawa Barat memiliki strategi dan implementasi yang telah terarah, namun tetap menemukan beberapa kendala, seperti yang disampaikan Setiaji.

Setiaji : Permasalahan yang ditemui

Terakhir dari sisi PT TELKOM INDONESIA, Edwin Purwandesi menjelaskan sinergi Telkom Group yang telah dilakukan selama ini.

Edwin: Sinergi Telkom Group

Serta pentingnya kemampuan pimpinan daerah untuk mendukung satu data sangat penting, demikian sharing pengalaman dari Edwin.

Edwin menjelaskan pentingnya leader di daerah

Berikutnya hadir sebagai penanggap dalam diskusi adalah Soegiharto Santoso – ASOSIASI PENGUSAHA TIK NASIONAL (APTIKNAS), Andi Simarmata – IKATAN AHLI PERENCANAAN INDONESIA (IAP) dan Teddy Sukardi – IKATAN KONSULTAN TEKNOLOGI INFORMASI INDONESIA (IKTII), dengan moderator Fanky Christian – Ketua DPD DKI JAKARTA APTIKNAS.

Fanky hadir sebagai moderator dari penanggap diskusi ITE FORUM

Kesempatan pertama diberikan kepada Teddy Sukardi dari IKTII.

Teddy Sukardi dari IKTII sebagai penanggap

Kesempatan berikutnya diberikan kepada Andi Simarmata dari IAP yang pada saat acara sedang berada di lokasi ibukota negara yang baru, di Penajam.

Andi Simarmata dari IAP

Dan terakhir adalah Soegiharto Santoso dari APTIKNAS.

Soegiharto Santoso (Hoki) – Ketua Umum APTIKNAS

Dan kegiatan ini ditutup dari 12.30 WIB setelah moderator menyampaikan kesimpulan. Nantikan kembali acara ITE FORUM – APTIKNASTalk berikutnya.

Foto para peserta webinar
loading...