Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung, Dr. Sobandi, SH, MH dan Kepala Bagian Hubungan Antar Lembaga MA, Rudy Sudianto, SH., MH.

BISKOM, Jakarta – Bertempat di Media Centre Harifin A Tumpa Mahkamah Agung dan di hadapan rekan-rekan media pada acara coffee morning pertama, Jum’at pagi (3/09) sebagai Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung yang baru, Dr. Sobandi, SH, MH mengatakan, “Saya siap 24 jam dalam 7 hari bekerja sama, untuk berkomunikasi dan berkoordinasi, saya faham kebutuhan akan informasi sehingga saya siap membantu awak media menyiapkan data-data untuk kebutuhan publik, saya akan menjadi sahabat bagi kalian, tentu saja ada syaratnya, jangan pernah memaksa saya untuk membuka info yang sifatnya masih off the record,” ujar Sobandi yang disambut tawa oleh rekan-rekan media yang hadir.

Sobandi melanjutkan, “Indonesia memiliki 3 pilar kekuatan yaitu eksekutif, legislatif dan yudikatif serta masih ada kekuatan lain yaitu NGO dan tentunya Media.” Ungkapnya.

Mahkamah Agung menurut Dr. Sobandi bukanlah milik seseorang, bukan pula milik Mahkamah Agung itu sendiri, namun Mahkamah Agung adalah sebuah lembaga milik masyarakat Indonesia.

“Mahkamah Agung adalah pelaku kekuasaan kehakiman yang harus dijaga marwah dan martabatnya oleh masyarakat termasuk oleh media, ketika Mahkamah Agung runtuh, maka akan sulit mencari keadilan. MA adalah milik kita bersama, oleh karena itu harus kita cintai. Namun demikian, kritik dan saran untuk memperbaiki MA tetap akan kami terima,” tegas Sobandi.

“Saya sangat bangga, terharu kepada rekan-rekan yang hadir. Dari hati yang paling dalam mengucapkan terima kasih. saya yakin kita bisa bekerja sama dengan baik,” Kata Sobandi di hadapan kurang lebih 50 rekan media baik dari media cetak, online, dan elektronik.

Kegiatan coffee morning yang dimoderatori oleh Rudy Sudianto, SH., MH, selaku Kepala Bagian Hubungan Antar Lembaga MA ini diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Salah satunya yaitu sebelum memasuki tempat acara, rekan media harus melakukan swab antigen terlebih dahulu.

Sobandi baru dilantik sebagai Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung pada Senin, 30 Agustus 2021 oleh Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia, Dr. Hasbi Hasan, M.H.,  Pelantikan ini berdasarkan Surat Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung Nomor 831 s/d 835/SEK/KP.I/SK/VIII/2021 Tanggal 25 Agustus 2021.

Sebelum dilantik sebagai Kepala Biro Hukum dan Humas, Sobandi baru sebulan atau tepatnya tanggal 23 Juli 2021 dilantik sebagai sebagai Wakil Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, beliau telah berkecimpung sebagai hakim diberbagai pengadilan negeri selama lebih dari 20 tahun, antara lain pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kayuagung, Ketua Pengadilan Negeri Sekayu, Ketua Pengadilan Negeri Rantau Prapat, Ketua Pengadilan Negeri Depok, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Denpasar dan Ketua Pengadilan Negeri Denpasar.

Hakim Sobandi sempat viral saat memimpin sidang kasus First Travel di Pengadilan Negeri Depok, karena kerugian jemaah mencapai Rp 1 triliun. (Hoky)

Artikel Terkait:

Ketua MA: Lembaga Peradilan Siap Terapkan Sistem Peradilan Elektronik

Ketua MA Pastikan Tidak Ada Larangan Foto-Rekam di Sidang

Hasbi Dilantik sebagai Sekretaris MA

Membanggakan, Ketua MA Raih Anugerah Sebagai Pemimpin Perubahan

Ketua MA Hatta Ali Melantik Tiga Ketua Muda Pada Mahkamah Agung RI

Syarifuddin Dilantik Sebagai Ketua MA

Presiden Jokowi Puji Keberhasilan Mahkamah Agung

Ketua MA Tekankan Pentingnya Integritas Kepada Para Ketua Pengadilan Tinggi

Ketua MA Tunjuk Andi Samsan Nganro Jubir Baru, Dan Sesalkan Berita Yang Tidak Update

Peran UU Contempt of Court Dalam Perlindungan Kekuasaan Kehakiman Yang Mandiri dan Bebas Dari Segala Pengaruh dan Ancaman

Johanis Tanak Lulus Uji Kompetensi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jilid V

MA Kabulkan Kasasi Syafruddin Arsyad Temenggung, Terdakwa Kasus BLBI.

Tolak PK Baiq Nuril, MA Tegaskan Tak Ada Maladministrasi

Peluncuran Sistem Informasi Perlengkapan Mahkamah Agung Republik Indonesia (SIPERMARI)

Hakim Kena OTT KPK di Balikpapan Diberhentikan Sementara Oleh MA.

Ketua MA Luncurkan SIPP Tingkat Banding Versi 3.2.0.

Semarak Acara MA di Labuan Bajo

MA Siap Hadapi Pemilu, Ketua Kamar TUN Berpesan Pejabat Wajib Laksanakan Perintah Hukum

Ketua MA Tekankan Pentingnya Integritas Kepada Para Ketua Pengadilan Tinggi

HUT IKAHI Ke-66, Ketua MA Harap Hakim Pahami Ekonomi Digital

Perlunya Hakim Berperspektif Gender Untuk Wujudkan Akses Keadilan Bagi Perempuan dan Anak

Presiden Jokowi Apresiasi Reformasi di MA lewat aplikasi e-Court

Presiden Jokowi Puji Keberhasilan Mahkamah Agung

Ketua MA Lantik 29 Ketua Pengadilan Tingkat Banding

Ketua MA Tunjuk Andi Samsan Nganro Jubir Baru, Dan Sesalkan Berita Yang Tidak Update

Ketua MA Luncurkan Aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian (SIKEP) Integritas Manajemen SDM berbasis Kompetensi

loading...