BISKOM, Manado – Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, S.E., melepas kontingen Sulut menuju Pekan Olahraga Nasional XX tahun 2021 Papua, bertempat di Wisma Negara Bumi Beringin Manado, Selasa (21/09/2021). Olly mengatakan bahwa pemberangkatan para atlet Sulut bersama Pelatih dan Official ke PON Papua menjadi tanggungjawab kita bersama.

Gubernur juga berharap agar kontingen PON Sulut dapat berprestasi dalam perhelatan Pesta Olahraga Nasional tersebut. Oleh karenanya dibutuhkan komitmen, motivasi, disiplin, percaya diri serta menjaga sportivitas olahraga sebagai kunci keberhasilan.

“Sulut bangga memiliki atlet-atlet hebat, yang siap berpartisipasi dan berkompetisi di PON XX Papua. Jangan sia-siakan kesempatan ini, berikan yang terbaik bagi daerah kita, agar menjadi kebanggaan masyarakat Sulut serta dapat mengharumkan nama daerah Sulut di kancah nasional,” kata Olly Dondokambey di hadapan hadirin.

Hadir pada acara pelepasan kontingen PON ini antara lain Wagub Sulut Steven O.E. Kandouw selaku Ketua KONI Sulut, Ketua TP PKK Sulut dan Wakilnya, para Pejabat Forkopimda serta seluruh insan olahraga Provinsi Sulut.

Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua merupakan sejarah baru bagi pergelaran pesta olahraga nasional. Provinsi Papua ditunjuk pertama kalinya sebagai Tuan Rumah penyelenggara event olahraga terbesar di Indonesia ini.

Semula PON ke XX Papua akan diselenggarakan pada tahun 2020. Sehubungan dengan pandemi Covid-19 yang melanda dunia, pelaksanaannya ditunda dan dilaksanakan pada tahun 2021.

Atas sepengetahuan dan seijin pimpinan TNI Angkatan Udara, baik Kepala Staf Angkatan Udara di Mabesau maupun Pangkoopsau II di Makassar, kontingen Sulut dikomandoi oleh Marsekal Pertama TNI M. Satriyo Utomo S.H. Danlanud Sam Ratulangi akan memimpin 121 atlet, didampingi 47 Pelatih dan 40 Official. Jumlah yang akan diberangkatkan ke Papua sebanyak 208 orang. Para atlet Sulut akan berlaga di 21 cabang olahraga dalam PON ini.

Adapun target Sulut pada PON XX Papua yaitu memperbaiki prestasi yang pernah dicapai Sulut pada PON XIX Jawa Barat tahun 2016. Hal ini dipastikan oleh Komandan Lanud Sam Ratulangi Marsma TNI Mohamad Satriyo Utomo S.H., yang dipercayakan sebagai Ketua Kontingen Sulut pada PON XX Papua.

“Dengan membawa semangat “Sulut Hebat! Sulut Bersama Bisa!”, maka target prestasi yang diharapkan dari kontingen, InsyaAllah akan kita raih,” demikian harapan dari Danlanud Sam Ratulangi Manado. (Redaksi)

loading...