BISKOM, Bekasi – Sejak Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi BEKASI berdiri tahun 1981, dan berdasarkan PERDA Kabupaten Bekasi Nomor 04/HK-D/PU .013.1/VII/1081, hingga saat ini September 2021, sudah mempunyai jumlah pelanggan sekitar 320.000 sambungan langganan (SL), dan telah melayani 20 dari 23 wilayah Kecamatan se-Kabupaten Bekasi, serta 7 dari 12 Kecamatan se-Kota Bekasi.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan air bersih, PDAM Tirta Bhagasasi juga telah melakukan berbagai inovasi dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pelanggan dengan meningkatkan kontinuitas, kuantitas, kwalitas dan keterjangkauan (K-4).

Disisi lain, salah satu kegiatan yang dilaksanakan pihak manajemen PDAM Tirta Bhagasasi jelang hari jadinya demi mendukung program nasional terkait vaksinasi demi menghambat laju wabah penyakit virus Corona atau Corona Virus Disease (Covid-19) bagi masyarakat BEKASI, melalui ‘Serbuan Vaksinasi bersama PDAM’ yang merupakan bentuk dukungan perusahaan terhadap Pemerintah Daerah hingga tercapai herd immunity sesuai yang ditargetkan sekitar 70 persen. Kegiatan digelar bertempat di Kantor Pusat PDAM Tirta Bhagasasi, Jalan Kalimalang BTB 25 Kp. Tegal Danas, Desa Hegarmukti Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi Jawa Barat, diselenggarakan selama dua hari yakni pada Sabtu dan Minggu 25 – 26 September 2021.

Sebagai bentuk kepedulian sosial secara umum kepada masyarakat, dilakukan vaksinasi massal dengan kuota peserta 1.500 orang bekerjasama dengan Polres Metro Bekasi dan Pemerintah Kabupaten Bekasi. Adapun vaksinasi bagi masyarakat umum. Dan bagi masyarakat yang telah divaksin, PDAM membagikan sembako yang diharapkan dapat membantu kebutuhan masyarakat pada masa sulit pandemi Covid-19.

Disela-sela berlangsungnya kegiatan vaksinasi yang mendapat antusiasme tinggi masyarakat Bekasi, Usep Rahman Salim selaku Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Bhagasasi dengan didampingi Satgas Covid-19 serta Kabag Hukum dan Humas PDAM, Ahmad Gunawan dan Kasat Sabhara Polres Metro Bekasi AKBP J. Sihombing dalam amanatnya menyampaikan, bahwa dalam rangkaian ulang tahun PDAM yang ke-40 tahun dengan sinergitas berbagai pihak terkait.

“Alhamdulillah, pada hari ini rangkaian kegiatannya kita bekerjasama dengan Kapolres dan dokter puskesmas dari Cikarang dr. Sujana dan Alhamdulillah dalam pelaksanaannya kita bersama sama melakukan vaksinasi dalam rangka BERANI Bekasi Berantas pandemik,” tuturnya.

“Dan juga Alhamdulillah PDAM Tirta Bhagasasi untuk hari ini ada 700 orang peserta via online, sedangkan untuk besok juga telah terdata melalui daftar secara online 700, sedangkan untuk pegawai PDAM sendiri 1.000 dan kurang lebih mungkin untuk PDAM Tirta Bhagasasi melakukan vaksinasi tetap bekerjasama dengan pihak Kepolisian dan dinas Kesehatan bagi 2.500 orang dirangkaian ke tiga,” kata Usep.

Dalam penuturannya, Usep juga menjelaskan PDAM juga memberikan kemudahan bagi masyarakat dengan bentuk bulan discount sebesar 30 persen, tanggal 1 sampai 30 Oktober 2021 bagi pemasangan baru (Jaringan Existing), membebaskan biaya balik nama pelanggan, dan penyambungan kembali.

“Rangkaian puncak acaranya tanggal 29 September 2021, kita juga memberikan bulan diskon sesuai dengan tema ulang tahun ini, seperti dilakukan tahun-tahun sebelumnya. Dan bahwa bulan diskon ini diberikan kepada masyarakat pelanggan yang non aktif, yaitu instalasi pemasangan kembali dan tentunya kita gratiskan,” ujar Usep.

Untuk itu, lanjut Usep, dirinya juga berharap kepada para rekan-rekan insan pers untuk dapat menyampaikan kepada seluruh masyarakat Bekasi. “Pertama khususnya para pelanggan PDAM di himbau untuk segera mendaftarkan kembali karena program ini kita lakukan secara gratis; kedua balik nama kita lakukan juga tanpa biaya alias free, dan ketiga kita akan memberikan juga Diskon pemasangan baru (Jaringan eksisting),” ulasnya.

Masih kata Usep, program kegiatan tersebut yang dilakukan dari tahun ke tahun membantu masyarakat Bekasi. “Intinya ulang tahun PDAM ke 40 ini, bahwa kita ingin terus bersama-sama bersinergi dengan pemerintah daerah untuk mengembangkan serta membangun Kabupaten Bekasi dengan lebih baik kedepannya,” paparnya.

Selain itu, dalam penuturannya Usep juga menambahkan demi menarik minat masyarakat untuk melakukan vaksinasi, PDAM Tirta Bhagasasi secara gratis telah menyiapkan sekira 1.500 paket Sembako untuk dibagikan kepada peserta vaksin. Sedangkan jenis dosisnya vaksin Sinovac dosis pertama dengan kategori usia bebas 12 tahun keatas.

“Untuk persiapan vaksinasi tetap diinisiasi oleh Kapolres Metro Bekasi berikut keamanannya, melibatkan 40 orang Tim Satgas COVID-19 PDAM Tirta Bhagasasi, 6 orang tenaga vaksinator, 5 petugas screening, serta dibantu sekitar 15 relawan sebagai petugas registrasi dan observasi. Mudah-mudahan sesuai rencana, mohon do’anya bahwa kegiatan ini agar lebih baik, berjalan lancar, sukses, lebih terarah dan juga tentunya lebih bisa dinikmati oleh masyarakat Bekasi dan sekitarnya apalagi dari tahun ke tahun semakin bertambah karena selalu bergantian, dosis vaksinasi ke dua bulan setelah empat (4) Minggu dari atau setelah ini,” ungkap Usep.

Terkait antisipasi apabila terjadi sesuatu yang diluar perkiraan akibat dari vaksinasi, PDAM sendiri menurut Usep terhadap peserta vaksinasi disampaikan juga resikonya. “Tadi kita juga sudah berdiskusi dengan para nakes (Dinkes) dan pihak Kepolisian, juga disampaikan oleh tim dokter, bahwa apabila terjadi sesuatu hal yang tidak kita inginkan; Pertama untuk segera menghubungi Puskesmas terdekat, selanjutnya setelah itu sesuai dengan ketentuan yang berlaku apabila terjadi apa-apa segera diantisipasi kita sesuai prosedur prokes, ya tentu berdasarkan aturan yang ada,” pungkasnya

Kabag Hukum dan Humas PDAM, Ahmad Gunawan menyampaikan dalam rangka menyambut peringatan Hari Jadinya yang Ke-40 PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi yang dirayakan setiap tanggal 29 September, dan pada tahun 2021 ini, menyelenggarakan sejumlah kegiatan. Adapun kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan, meliputi;

1. Donor darah melibatkan seratusan karyawan PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi. Dalam kegiatan donor darah yang diselenggarakan pada setiap tanggal 14 September 2021, bekerjasama dengan PMI Unit Donor Darah Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi. Kegiatan donor darah seperti ini, sudah diselenggarakan setiap tahun peringatan hari jadi PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi. Donor darah tersebut, merupakan bentuk kepedulian sosial PDAM sebagai Badan Usaha Milik Daerah Pemkab Bekasi.

2. Kegiatan sosial lainnya berupa pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada rabu tanggal 22 September 2021 kepada keluarga besar PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi sebanyak 300 dosis vaksin.

3. Pengadaan sambungan langganan di satu masjid, dua musholla, satu sekolah negeri dan pembangunan tandon air. Ini sebagai bentuk coorporate social responsibility (CSR) atau bentuk tanggungjawab sosial bagi masyarakat Kabupaten Bekasi.

4. Lomba kinerja antar Bagian, Kantor Cabang dan Kantor Cadang Pembantu yang tersebar di Kota dan Kabupaten Bekasi dalam pelaksanaan program kerja tahun 2021.

5. Penilaian karyaawan teladan setingkat Kepala Bagian /Kepala Kantor Cabang, setingkat kepala Kantor Cabang Pembantu, Kepala Seksi/ Kepala Sub Bagian dan staf.

6. Lomba dekorasi ruangan kantor tingkat Kepala Bagian, Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu dengan mengusung tema : ‚ÄúSinergitas PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi untuk Bekasi Berani”.

PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi, merupakan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) terbesar se Jawa Barat, dan Tahun 2021 telah mendapat penghargaan TOP BUMD Awards 2021 Bintang 4 dari Majalah Top Business. (Redaksi)

loading...