Kembangkan Bisnis Berikutnya Dengan Sosial Media adalah merupakan tema webinar yang saya isi di kesempatan pertemuan dengan SP Bank Maybank Indonesia (SPBMI). Saya sangat terkesan dengan program yang mereka miliki, dengan nama BBI(Buruh, Bisnis dan Investasi. Program yang membantu para karyawan untuk mempersiapkan masa depan mereka setelah selesai pensiun. 

Kegiatan Webinar BBI (Koleksi Pribadi)

Hal ini jadi mengingatkan saya pada masa terakhir bekerja di salah satu bank, di pertengahan 2001. Sebelum pindah ke perusahaan IT, dan memulai sesuai yang berbeda, karena sejak beberapa tahun sebelumnya hanya bekerja di perusahaan bank divisi IT, sisi end user. Kemudian saat itu harus pindah ke sisi provider, yang melayani user bank. Ada hal yang sangat berbeda. 

Maka sama juga dengan anda yang saat ini masih karyawan, dan sedang mempersiapkan diri untuk mengambil pensiun, baik pensiun dini ataupun pensiun normal. Anda harus mengubah mindset. 

Kegiatan Webinar BBI 15 Jan 2022 (Koleksi Pribadi)

Pertama, mindset karyawan menjadi pengusaha. Umumnya orang selesai pensiun normal cenderung menggunakan dana pensiun yang ada untuk menikmati hidup. Dan tidak mau bekerja lagi. Tapi tidak sedikit juga, yang setelah pensiun, mereka memulai usaha baru. Yang menarik, banyak yang mengambil pensiun dini, karena ingin merubah nasib, dari karyawan jadi pengusaha. Untuk bisa mempersiapkan ini saya sangat menyarankan mengubah pola pemikiran dahulu, mindset harus dirubah. Karyawan umumnya dilayani, sekarang harus melayani. Tidak mudah mengubah hal kecil ini. 

Maka saya sangat menyarankan membaca literatur, baik buku, website, video di youtube terkait dengan 4 kuadran Robert T. Kiyosaki. Karena ternyata, pindah dari satu kuadran ke kuadran yang lain tidak mudah, perlu perjuangan dan waktu. Saya sendiri pun merasa belum sampai ke kuadran I (investor), dan cenderung masih di kuadran B (business owner). 

Merubah Mindset Sebuah Journey (Koleksi Pribadi)

Kedua, persiapkan skill. Inilah gunanya program BBI ini. Mempersiapkan pengetahuan karyawan agar mereka bisa siap. Tidak sedikit pastinya yang saat ini sambil bekerja sudah melakukan usaha lain, tapi sambilan. Pada saat pensiun nanti, anda harus fokus. Tidak bisa sembarangan mengelola usaha, dan hanya menyerahkan uang saja terima beres. Bisnis yang berkembang adalah bisnis bila anda terlibat di dalamnya, karena sebelumnya anda belum terlibat penuh. 

Salah satu skill yang harus dimiliki saat ini adalah memaksimalkan potensi sosial media Indonesia. Market kita yang sangat luas, tidak hanya di dunia nyata, tapi juga di dunia maya. 170 juta orang Indonesia aktif di sosial media. Baik menggunakan facebook, instagram, hingga linkedin dan tiktok, maka harus anda gunakan kemampuan mencapai mereka melalui sosial media.

Waktu dihabiskan di Sosial Media (Koleksi Pribadi)

Sosial media mana yang tepat? Kembali, tergantung target market, produk yang anda jual atau tawarkan. Baca kembali data Sosial media Indonesia dari Hootsuite – We Are Social. Sangat membantu anda menentukan strategi sosial media yang tepat. 

Bila kurang puas, maka baca dan pelajari berbagai video di youtube untuk mengasah skill anda. Dan terakhir, mulailah. Buat akun khusus untuk bisnis, jangan gabung dengan pribadi. Dan perkaya konten, bukan melulu dengan konten produk tapi beragam konten yang bisa menjangkau konsumen anda. 

Keep learning, terutama untuk anda yang akan pensiun tahun ini.

sumber: https://www.kompasiana.com/startmeup/61e4cbd980a65a371325c4e4/kembangkan-bisnis-berikutnya-dengan-sosial-media

loading...