Ilustrasi Mobil Otomatis. Image credit: freepik.com/rawpixel (Ida Farida)

Self-driving cars atau mobil otomatis merupakan inovasi yang terus dikembangkan oleh perusahaan otomotif di berbagai belahan dunia. Pengadopsian artificial intelligence pada mobil otomatis itulah yang membuatnya dikenal sebagai kendaraan tanpa pengemudi.

Kendaraan ini menggunakan sistem penggerak otomatis atau teknologi AI yang mampu merespons kondisi eksternal yang dapat dikendalikan oleh pengemudi manusia. Dibandingkan dengan mobil yang digerakkan oleh manusia, mobil otomatis memiliki keunggulan lain, selain ramah lingkungan.

Dengan banyaknya raksasa teknologi seperti Apple, Toyota, Google, dan Tesla yang mengeksplorasi teknologi AI, inilah tren yang melatarbelakangi mobil otomatis akan jadi masa depan yang menarik.

1. Berkendara Sepenuhnya Tanpa Bantuan
Tren yang pertama yaitu melakukan perjalanan darat dengan kendaraan yang sepenuhnya menggunakan teknologi AI akan segera dimungkinkan. Istilah yang tepat untuk menggambarkan hal ini yaitu otomatisasi yang menjadi inti dari kecerdasan buatan.

2. Truk Otonom akan Menjadi Kenyataan
Teknologi mengemudi otonom diciptakan untuk mengubah industri logistik agar menggunakan truk swakemudi. Berkat otomatisasi, swakemudi menjadi sistem bantuan pengemudi yang menangani beberapa tugas mengemudi. Selain itu, sistem tersebut juga memungkinkan pengemudi untuk melepaskan tangan mereka dari kemudi pada waktu tertentu.

3. Autonomous Ride-Sharing
Masa depan tidak hanya melibatkan mobil otomatis, tetapi juga menggunakan armada mobil otonom untuk ride-sharing. Tren ini akan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar dan hal itu berdampak baik untuk lingkungan.

4. Beragam Fitur Otonom
Bukan hanya navigasi yang akan ditingkatkan oleh teknologi otonom, melainkan fitur otomatis lainnya seperti asisten virtual dalam mobil dan fitur AR akan menjadi tren berkendara di masa depan.

Itulah tren yang akan menjadi masa depan dunia transportasi yang erat kaitannya dengan pemanfaatan teknologi AI. Sehingga hal itu menjadi jawaban bahwa mobil otomatis dan kendaraan otonom lainnya akan menguasai industri otomotif di masa depan.

Sebenarnya, sekarang pun tren itu sudah mulai muncul dan diaplikasikan oleh perusahaan otomotif. Seperti, mobil listrik dan otomatis Tesla, Hyundai, dan masih banyak lagi. Faktanya, mobil otomatis memungkinkan untuk mengurangi bahan bakar energi minyak bumi. Sehingga gagasan ini menjadi pilihan tepat untuk menyelamatkan bumi dan masa depannya.

Sumber : https://www.harianhaluan.com/teknologi/pr-102435822/benarkah-mobil-otomatis-bakal-jadi-tren-masa-depan-transportasi?page=2

loading...