Ilustrasi yang Menggambarkan Bagaimana Teknologi Artificial Intelligence Mampu Menyederhanakan dan Memudahkan Aktivitas Manusia. Image credit: freepik.com/rawpixel (Ida Farida)

AI (Artificial Intelligence) menjadi teknologi baru yang paling pesat perkembangannya saat ini. Fakta itu dibuktikan dengan banyaknya pengadopsian kecerdasan buatan di berbagai bidang. Artikel ini memuat sepuluh pemanfaatan artificial intelligence dalam kehidupan yang akan mengubah dunia, cepat atau lambat.

Menurut laporan yang dilansir dari situs Analytics Insight, AI akan berperan lebih baik daripada manusia dalam hal menerjemahkan bahasa pada tahun 2024, mempromosikan produk pada tahun 2031, dan melakukan prosedur pembedahan pada tahun 2053. Sementara itu, mari kita lihat bukti nyata pemanfaatan artificial intelligence saat ini.

1. Machine Learning
Pertama, pemanfaatan artificial intelligence berupa hadirnya Machine Learning (ML). ML adalah aplikasi kecerdasan buatan otomatis yang bisa menganalisis dan meningkatkan pengalaman tanpa diprogram secara eksplisit. ML memungkinkan aplikasi komputer dapat mengakses informasi dan menggunakannya untuk menganalisis secara otomatis.

Pemanfaatan Machine Learning dalam kehidupan yang kita ketahui yaitu sistem pemeliharaan data yang dapat diterapkan di beberapa bidang seperti investasi, pinjaman online, pendeteksi penipuan, dan masih banyak lagi.

2. AI di Bidang Pertahanan dan Keamanan
Pemanfaatan AI di bidang pertahanan dan keamanan benar-benar tidak terbatas. Teknologi AI sering disematkan ke dalam sistem senjata dan pengawasan untuk meningkatkan kinerja. Sehingga AI secara teratur mampu meningkatkan pengenalan target, simulasi dan pelatihan penerbangan, dan pemantauan risiko.

Yang paling penting, pemanfaatan kecerdasan buatan terlihat pada pekerjaan yang vital dan mudah berubah saat mengamankan perbatasan negara. Hal itu dilakukan dengan cara mendelegasikan robot AI, pesawat tak berawak, drone, UAV, dan lain-lain.

Maka dari itu, pemanfaatan AI ini dapat mengurangi ancaman kehidupan bagi Tentara di perbatasan dan menawarkan pengawasan yang lebih baik melalui penggunaan teknologi pengenalan wajah yang canggih.

3. AI di Bidang Pendidikan
Masa depan ruang kelas di sekolah atau perguruan tinggi adalah virtual. Buktinya, sudah ada banyak kursus di platform online yang sangat informatif serta dapat diakses dari mana saja dan kapan saja.

Fakta ini semakin menguat dengan adanya pandemi COVID-19 yang melanda dunia. Sehingga siswa dan pengajar terpaksa harus bertemu virtual melalui platform online meeting.

4. Robot
Tahun 2022 menjadi tahun peluncuran robot pengiriman. Selain itu, ada drone yang bisa digunakan untuk kebutuhan medis di kota-kota yang menyerahkan sampel dan reagen dari rumah sakit ke laboratorium lebih cepat.

Bukan hanya itu, kehadiran robot juga mampu mendeteksi dan menonaktifkan bom, bekerja di lingkungan di mana orang tidak dapat bertahan hidup, hingga memproduksi barang secara berulang.

5. AI di Bidang Bisnis
Bisnis menggunakan AI untuk meningkatkan produktivitas karyawan mereka. Keuntungan AI untuk perusahaan adalah ia mampu menangani tugas berulang di seluruh organisasi secara sederhana. Sehingga karyawan dapat fokus pada solusi kreatif, pemecahan masalah yang rumit, dan pekerjaan yang lebih substansial.

Tempat kerja juga dapat didefinisikan ulang dengan hadirnya teknologi canggih. Pekerjaan di masa depan mungkin sangat fleksibel. Konsep Work From Home mungkin menjadi norma baru dan virtual meeting akan menjadi kegiatan yang normal dilakukan.

6. AI di Industri Otomotif
Kecerdasan buatan (AI) dan mobil otomatis secara teratur menjadi subjek pelengkap dalam teknologi. Kini, produsen mobil di seluruh dunia berbondong-bondong menggunakan kecerdasan buatan.

Pengadopsian AI dan Machine Learning di industri otomotif telah menghasilkan beragam kendaraan otonom seperti sepeda motor Revolt, hatchback Mahindra e2O, sedan Tata Tigor, SUV Tata Nexon, SUV MG ZS EV, dan beberapa mobil kelas atas Mercedes-Benz, Jaguar, Audi, Tesla, dan BMW.

7. AI dalam Manajemen Lalu Lintas
AI sekarang digunakan sebagai teknologi yang bergerak cepat seperti ITMS, ATCS, LMT, Penegakan Hukum, dan hal lainnya perihal manajemen lalu lintas. Kekuatan AI juga yang menggerakkan sistem navigasi ride-hailing dan operator pengiriman jarak jauh. Sehingga pengiriman atau pemenuhan pesanan yang dulunya tidak tepat waktu, sekarang dapat ditingkatkan, terutama karena sudah banyak kota yang mengusung Smart City.

8. AI di Metaverse
Metaverse adalah dunia virtual reality (VR) imersif yang bisa dimasuki dengan menggunakan kacamata VR. Sehingga pemanfaatan artificial intelligence memegang janji besar untuk banyak sektor yang mendukung kehidupan di dunia 3D Metaverse.

9. AI di Bidang Kesehatan
Pada World Medical Innovation Forum (WMIF) tahun 2018, Partners Healthcare, peneliti utama, dan peserta dari bidang kesehatan, memamerkan 12 teknologi dan lini perusahaan perawatan kesehatan yang mengadopsi teknologi AI.

Selain itu, AI telah memberikan kontribusi penting dalam perbaikan dan pengobatan kanker. Diketahui bahwa AI mampu menawarkan wawasan dan data penting yang tidak dapat ditemukan sebelumnya, yang dapat membantu pengobatan setiap pasien kanker.

Maka dari itu, dapat diasumsikan bahwa AI mampu menjadi kekuatan pendorong yang efektif untuk sebagian besar penelitian dan pengobatan kanker pada manusia di masa depan.

10. AI sebagai Tenaga Kerja
Dampak nyata lainnya dari pemanfaatan artificial intelligence adalah pekerjaan manusia akan digantikan oleh robot AI. Fenomena ini ada yang mendukung, ada juga yang kontra terhadapnya. Di satu sisi, AI mampu menyederhanakan pekerjaan serta menghemat waktu dan biaya. Sementara di sisi lain, akan ada banyak orang yang kehilangan pekerjaan karena otomatisasi.

Itulah 10 bukti nyata pemanfaatan artificial intelligence di kehidupan saat ini. Semua hal itu menjadi patokan atau gambaran tentang bagaimana dunia akan berubah di masa depan karena AI.

Sumber : https://www.harianhaluan.com/teknologi/pr-102440687/10-pemanfaatan-artificial-intelligence-ini-telah-mengubah-dunia

loading...