Ilustrasi Pekerjaan atau Profesi yang Paling Dibutuhkan di Bidang Artificial Intelligence. Image credit: unsplash.com/sigmund (Ida Farida)

AI atau artificial intelligence memegang peran sangat penting dalam industri pekerjaan saat ini. Bahkan, banyak pekerjaan yang harus tergeser atau digantikan robot karena kehadiran teknologi kecerdasan buatan. Penasaran apa saja profesi paling dibutuhkan saat ini?

Mengambil data dari Analytics Insight, ada daftar pekerjaan yang paling dicari saat ini untuk mengembangkan teknologi artificial intelligence. Terkait hal ini, bukan tanpa alasan. Perusahaan di berbagai negara sedang gencar-gencarnya mengadopsi teknologi AI ke dalam lingkungan bisnisnya.

Fenomena itu dilandasi karena AI atau kecerdasan buatan menjadi salah satu bidang paling populer saat ini. Selain prospeknya yang menarik, bayarannya juga tinggi. Langsung saja, inilah daftar profesi paling dibutuhkan di bidang AI dengan gaji tinggi.

1. Data Scientists
Profesi ini sangat diminati sekarang dan kemungkinan di tahun-tahun mendatang. Data Scientist akan banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar. Oleh karena itu, seorang dengan profesi ini akan memperoleh gaji pokok yang 36 persen lebih tinggi daripada pekerjaan kebanyakan di industri ini.

2. Data Engineers
Data Engineers bertanggung jawab untuk menemukan tren dalam pengumpulan data dan pengembangan algoritme data mentah jadi lebih berguna bagi perusahaan. Peran ini membutuhkan serangkaian keterampilan teknis yang signifikan, termasuk pengetahuan mendalam tentang desain database SQL dan berbagai bahasa pemrograman.

3. AI Scientist
AI Scientist bekerja dengan teknik pembelajaran mesin tradisional seperti pemrosesan bahasa alami dan jaringan saraf mesin untuk membangun model yang mendukung aplikasi berbasis AI. Maka dari itu, profesi ini menjadi pekerjaan yang paling dicari perusahaan artificial intelligence.

4. Algorithm Engineer
Profesi ini fokus pada desain, analisis, implementasi, optimasi, pembuatan profil, dan evaluasi eksperimental algoritma komputer. Selain itu, mereka juga berperan dalam menjembatani kesenjangan antara teori algoritma dan aplikasi praktis algoritma dalam rekayasa perangkat lunak.

5. Machine Learning Engineer
Machine Learning menjadi bagian dari perkembangan teknologi AI. Seorang yang menduduki posisi ini bertanggung jawab untuk membuat program dan algoritme yang memungkinkan mesin mengambil tindakan tanpa diarahkan.

6. Machine Learning Researchers
Profesi ini berperan dalam proses kemajuan domain subjek tertentu pada machine learning. Pekerjaan mereka cenderung sangat terfokus pada masalah yang spesifik. Peneliti di bagian ini biasanya ditugaskan untuk menemukan metode baru untuk mengatasi masalah atau meningkatkan kinerja dan akurasi solusi yang dirancang sebelumnya.

7. IoT Architect
Arsitek IoT bertanggung jawab untuk merancang strategi dan mengawasi penyebaran semua solusi IoT dalam suatu organisasi. Seiring dengan pengalaman yang bertambah, profesi ini menuntut kemahiran dalam pemrograman, desain perangkat keras, dan arsitektur.

Mengingat artificial intelligence semakin dekat dengan kehidupan manusia, itulah tujuh profesi paling dibutuhkan atau pekerjaan yang paling dicari saat ini dan beberapa tahun mendatang.

Sumber : https://www.harianhaluan.com/teknologi/pr-102444904/7-profesi-paling-dibutuhkan-di-bidang-artificial-intelligence

loading...