Ilustrasi Seorang CEO Perusahaan Teknologi. Image credit: freepik.com/DCstudio (Ida Farida)

AI dan data science sedang berkembang pesat saat ini. Jika kalian berminat menjadi CEO perusahaan teknologi atau memang sudah menempati jabatan itu, inilah skills yang harus dimiliki.

AI (artificial intelligence) dan ilmu data adalah teknologi mutakhir yang menguasai berbagai sektor dan perusahaan saat ini. Sehingga keterampilan akan kecerdasan buatan dan data science sangat penting di era AI, big data, dan otomatisasi.

Perusahaan banyak mencari profesional terampil yang dapat mengelola jumlah data yang terus meningkat. Untuk itu, ada berbagai keterampilan atau skills yang harus dimiliki oleh CEO yang dapat memaksimalkan bisnis. Berikut adalah 10 skills AI dan data science teratas yang harus dikuasai oleh semua CEO teknologi.

1. Machine Learning
Machine Learning (ML) dalam bisnis mampu meningkatkan scalabilities dan operasional bisnis perusahaan di seluruh dunia. AI dan algoritme ML telah mendapat popularitas luar biasa di komunitas analitik bisnis. Oleh karena itu, Machine Learning adalah salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh para CEO.

2. Python
Dengan mempelajari bahasa pemrograman open-source seperti Python, seorang CEO bisa mendapat pengalaman langsung dari driver utama di dunia saat ini. Para CEO yang memutuskan untuk belajar pemrograman akan mendapat kredibilitas di antara rekan, staf, dan penasihat yang memang paham teknologi.

3. Cloud Computing
Mengelola semuanya di satu lokasi melalui cloud computing dapat memudahkan pengumpulan dan peninjauan. Manfaat analitik tidak dapat dilebih-lebihkan. Mereka bisa memberikan wawasan pelanggan, informasi yang lebih besar tentang organisasi Anda, dan dasar yang kuat untuk strategi pemasaran bisnis.

4. Deep Learning
Deep Learning digunakan untuk berbagai tugas, termasuk pengenalan suara, pemrosesan bahasa alami (NLP), robotika, analisis gambar, dan masih banyak lagi. Skill yang satu ini berpotensi membantu para data scientist untuk mengembangkan karier. Dengan begitu, seorang CEO di era dapat merancang kombinasi baru dari teknologi, aset, serta keterampilan manusia dan data science untuk merevolusi model bisnis.

5. Java
Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling umum digunakan untuk proyek AI. Skill ini digunakan sebagian besar untuk pemrograman kecerdasan AI, solusi machine learning, sistem multi-robot, pemrograman genetik, jaringan saraf, dan algoritma pencarian.

6. R
R merupakan kemampuan mencakup berbagai topik seperti ekonometrika, keuangan, dan deret waktu. Jika seorang CEO memiliki skill yang satu ini, mereka akan memiliki alat terbaik di kelasnya untuk hal visualisasi, pelaporan, dan interaktivitas, yang sama pentingnya bagi bisnis dan sains.

7. Neural Network Architectures
Skill ini merupakan bagian dari proses pembelajaran yang mendalam dan terinspirasi oleh struktur otak manusia. Neural networks adalah struktur kompleks yang dibuat dari neuron buatan yang dapat memproses banyak input dan menghasilkan output tunggal. Memahami arsitektur ini sangat penting untuk pembelajaran yang mendalam.

8. Visualisasi Data
Keterampilan yang satu ini mampu mengkomunikasikan temuan analitis dengan keterampilan visualisasi data yang unggul. CEO yang mahir memvisualisasikan informasi dapat memberi informasi dengan cara yang mudah dipahami semua orang.

9. Google Colab
Pengguna dapat menggunakan Google Colab untuk mengembangkan dan menjalankan kode Python di browser mereka. Google Colab adalah alat yang sangat baik untuk Deep Learning.

10. Statistika
Skill ini adalah kunci untuk menerapkan algoritme machine learning yang efektif dan dapat mengekstrak wawasan berharga dari kumpulan data tidak terstruktur. Kemampuan statistik yang baik sangat penting untuk peningkatan penyortiran dan analisis data.

Itulah 10 skills AI dan data science yang wajib dimiliki oleh seorang CEO perusahaan teknologi. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sumber : https://www.harianhaluan.com/teknologi/pr-102576757/10-skills-ai-dan-data-science-yang-harus-dikuasai-ceo-teknologi

loading...