Business Ideas. Foto: OkCredit

Banyak orang yang mencari tahu apa saja ide bisnis bidang teknologi yang menjanjikan. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi bisnis yang semakin pesat.

Dengan begitu, banyak peluang bisnis di bidang teknologi yang bisa kamu manfaatkan. Tak hanya itu, kamu juga bisa memanfaatkan kecanggihan alat teknologi masa kini untuk mengembangkan bisnismu.

Peluang bisnis bidang teknologi di Indonesia membuka pintu lebar untuk kamu yang ingin mencobanya. Terdapat banyak sekali ide bisnis di bidang teknologi yang mungkin bisa kamu coba, seperti di bawah ini.

Ide Bisnis Bidang Teknologi
Bisnis bidang teknologi berkaitan dengan penelitian, pengembangan, dan distribusi barang berbasis teknologi.

Misalnya, bisnis yang memproduksi elektronik seperti Apple, membuat perangkat lunak seperti Salesforce, menyediakan layanan yang berkaitan dengan teknologi informasi seperti Google, dan sebagainya.


Tak perlu budget mahal, berikut adalah rekomendasi ide bisnis kreatif di bidang teknologi terbaru yang bisa kamu coba di tahun 2022 ini.

1. Artificial Intelligence
Rekomendasi pertama ada bisnis di bidang Artificial Intelligence (AI) yang artinya kecerdasan buatan. Biasanya, AI digunakan untuk menggambarkan teknologi yang berkaitan dengan pembelajaran mesin, visi komputer, pemrosesan bahasa alami, dan sebagainya.
Meskipun kecerdasan buatan adalah teknologi yang telah ada selama beberapa waktu, karena semakin canggih, potensi pasarnya sangat besar untuk tumbuh juga.

2. Layanan Streaming
Selanjutnya ada bisnis layanan streaming. Layanan seperti Netflix dan Disney+ mendapatkan sebagian besar perhatian dalam hal layanan streaming, tetapi ada banyak peluang untuk memulai layanan streaming untuk konten khusus lainnya.
Misalnya, kamu bisa membuat layanan streaming di mana pengguna dapat mengunggah video instruksional atau layanan streaming yang dirancang khusus untuk konten anak-anak.

Kamu juga bisa mengembangkan platform untuk streaming langsung seperti Twitch atau streaming musik seperti Spotify.


3. Penerbitan E-book
Selanjutnya ada bisnis penerbitan buku online. E-book adalah buku yang tersedia dalam bentuk digital. Jika kamu seorang penulis, ada pasar yang berkembang untuk buku-buku yang diterbitkan secara online.
Bisnis membuat e-book sebagai cara untuk memasarkan merek mereka, dan calon penulis menerbitkan e-book sebagai cara untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan menumbuhkan jumlah pembaca mereka.

4. Keamanan Siber atau Konsultan TI

Bisnis saat ini semakin terancam oleh serangan siber, membuat kebutuhan akan konsultan TI semakin besar dari sebelumnya. Sebagai konsultan TI, kamu bisa membantu bisnis mengevaluasi sistem keamanan mereka.


Tak hanya itu, kamu juga membantu menjalankan pengujian, dan menawarkan saran tentang bagaimana mereka dapat melindungi diri mereka dari peretas dengan lebih baik.

Secara umum, konsultan TI dapat membantu bisnis siapa pun untuk menyiapkan perangkat mereka dan memecahkan masalah umum yang dialami.


5. Pengembangan Aplikasi Seluler
Setiap bisnis membutuhkan situs web. Tak hanya tren pasar, setiap bisnis juga akan membutuhkan aplikasi seluler mereka sendiri.
Bisnis pengembangan aplikasi seluler ini menghadirkan peluang menarik bagi individu yang ahli dalam pengembangan aplikasi. Banyak perusahaan yang telah membangun seluruh bisnis mereka dengan mengembangkan aplikasi untuk orang lain.
Bagaimana? Kamu tertarik mencoba ide bisnis bidang teknologi di atas? Tak perlu menyiapkan banyak biaya, yuk mulai siapkan ide bisnismu!

Sumber : https://kumparan.com/how-to-tekno/ide-bisnis-bidang-teknologi-yang-menguntungkan-1xQrbrvrYQI/full

loading...