Foto: CEO Tesla Elon Musk (REUTERS/Brian Snyder)

Salah satu orang terkaya dunia, Elon Musk, mengatakan ingin mengujicoba untuk menanam chip komputer pada manusia mulai tahun ini. Pengujian itu akan dilakukan oleh perusahaannya yang bergerak di bidang neuroteknologi, Neuralink.


“Neuralink bekerja sangat keras untuk melakukan implan dengan aman dan melakukan komunikasi dengan FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan AS). Jika semua berjalan dengan lancar, kita mungkin bisa uji coba pada manusia akhir tahun ini,” kata Elon Musk dalam unggahan Twitternya, dikutip Business Insider, Rabu (3/3/2021).

Ucapan Musk ini merupakan respons pada salah satu pengguna Twitter yang mengaku siap untuk pengujian klinis di Neuralink. Rencana uji coba pada manusia ini mundur dari target sebelumnya pada 2020

Sebelumnya, Musk mengungkapkan perusahaannya telah berhasil memasang chip komputer ke otak monyet. Hewan tersebut dikatakan dapat bermain video games layaknya manusia.

Neuralink memasukkan chip komputer pada tengkorak monyet, lalu akan disambungkan pada otak komputer dengan menggunakan sebuah kabel kecil. Menurut Musk, implan saraf itu tidak terlihat sama sekali.

Musk mengungkapkan yang dilakukan Neuralink seperti memasukkan perangkat Fitbit pada tengkorak, lalu kabel kecil akan menyambungkannya ke otak.

Tujuan Neuralink sendiri dikatakan untuk meningkatkan kecepatan aliran informasi dari otak manusia ke mesin. Selain itu kabarnya dapat menyembuhkan sejumlah penyakit saraf seperti Alzheimer dan Parkinson.

Dia juga menyebutkan jika artificial intelligence atau kecerdasan buatan (AI) akan semakin pintar di masa depan. Bersama dengan teknologi yang dimiliki Neuralink, menurutnya manusia juga ikut serta.

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220206131620-37-313208/elon-musk-jadi-tanam-chip-komputer-di-otak-manusia-tahun-ini

loading...