MediaTek Filogic. [MediaTek]

WiFi 6 terkenal karena memberikan performa konektivitas nirkabel ekstrem baru untuk perangkat seperti laptop, ponsel pintar, TV pintar, headset VR, dan banyak lagi.

Ada pula banyak manfaat standar untuk perangkat IoT, di sinilah MediaTek Filogic 130 dan Filogic 130A hadir.

“Melampaui WiFi 4 lawas yang digunakan di banyak perangkat IoT, solusi lengkap WiFi 6 dan Bluetooth 5.2 dirancang untuk meningkatkan efisiensi tenaga, keandalan koneksi, dan kecepatan, semuanya dalam bentuk desain yang mungil,” ujar Alan Hsu, Corporate Vice President & General Manager, Intelligent Connectivity MediaTek.

Menurutnya, seri MediaTek Filogic 130 menghadirkan konektivitas 1T1R WiFi 6 dan dukungan dual-band (2.4GHz and 5GHz), bersama dengan fitur WiFi 6 yang canggih

Seperti MU-MIMO, MU-OFDMA, dan QoS yang memungkinkannya hadir secara nyata di jaringan dengan banyak perangkat lain.

“Keamanan baru WPA3 memberikan dukungan perlindungan paling modern, sementara efisiensi daya ditingkatkan menggunakan Target Wait Time (TWT),” kata dia melalui keterangan resminya, Selasa (8/2/2022).

Secara spesifik, ditambahkannya, memberi tahu perangkat untuk hanya mengakses jaringan dalam interval tertentu, sehingga memungkinkannya untuk bertahan lama dalam kondisi daya rendah.

Di dalam chip, seri Filogic 130 mencakup unit manajemen daya khusus, mikrokontroler Cortex-M33 dan SRAM yang tertanam.

Filogic 130A juga mengintegrasikan digital signal processor (DSP) audio yang akan mengizinkan merek menambahkan asisten suara dengan mudah ke produk sambil mempertahankan daya yang sangat rendah, selalu dalam kondisi siap.

Pada tingkat platform, seri Filogic 130 mencakpup Front-end Module (iFEM) untuk fungsi LNA dan PA, yang memaksimalkan efisiensi daya dalam bentuk daya terkecil dan terendah.

Bluetooth menawarkan kemampuan mengoneksikan perangkat secara langsung, baik untuk ponsel pintar maupun peripheral lain.

Perangkat ini memungkinkan pembuat perangkat untuk menciptakan perangkat pribadi yang berinteraksi dengan cara baru.

Konektivitas Bluetooth 5.2 tersedia dalam seri Filogic 130 dan MediaTek juga membangun koeksistensi WiFi/Bluetoot, memastikan konektivitas WiFi tetap andal, bahkan saat perangkat Bluetooth juga digunakan.

“Seri FIlogic 130 menawarkan antarmuka yang beragam seperti antarmuka SPI, I2C, I2S, IR input, UART, AUXADC, PWM and GPIO. Selain itu, boot aman dan mesin kripto perangkat keras termasuk di dalamnya,” terang Alan Hsu.

Sumber : https://www.suara.com/tekno/2022/02/08/145634/inilah-alasan-mengapa-wifi-6-lebih-baik-untuk-iot