GT Sophy merupakan kecerdasan buatan dari Sony yang bertujuan untuk memberikan pengalaman gaming baru yang didukung AI kepada pemain di seluruh dunia. /Dok. Instagram @thegranturismo/

Laboratorium kecerdasan buatan Sony yang baru mengungkapkan teknologi terobosan pertamanya yang dinamakan GT Sophy, AI yang mampu melakukan reaksi manusia super dan strategi balap presisi untuk mengalahkan pengemudi manusia yang paling terampil. Namun, belum tentu AI ini akan hadir di game Gran Turismo 7 yang akan dirilis bulan depan.

GT Sophy yang merupakan hasil pengembangan Sony dan Polyphony Digital adalah sebuah pencapaian bukan karena AI dapat mengevaluasi dan mengeksekusi keputusan rumit dengan kecepatan kilat atau karena dapat menguasai garis balap dari tiga trek Gran Turismo Sport dengan presisi hingga besaran milimeter.

Michael Spranger selaku chief operating officer Sony AI menyatakan bahaw olahraga Motorsport juga bergantung pada etiket, cara mengemudi yang keras dan agresif namun masih bermain adil dan mematuhi aturan masih diizinkan secara hukum.

Mengkodekan AI dalam video game balap konvensional untuk dikendarai dengan keras tetapi adil adalah proses yang sangat sulit karena keanehan etiket balap. Kazunori Yamauchi, pencipta Gran Turismo dan kepala eksekutif studionya, Polyphony Digital, mengatakan bahwa GT Sophy dikembangkan tidak hanya untuk menunjukkan rasa hormat kepada pesaing, tetapi juga untuk berperilaku sedemikian rupa sehingga pengemudi manusia akan menghargai kinerjanya.

“Tujuan Sony adalah untuk ‘mengisi dunia dengan emosi, melalui kekuatan kreativitas dan teknologi’, dan Gran Turismo Sophy adalah perwujudan sempurna dari ini,” ujarnya.

CEO Sony Ai Hiroaki Kitano menambahkan bahwa GT Sophy adalah perkembangan signifikan dalam AI yang tujuannya tidak hanya untuk menjadi lebih baik dari pemain manusia, tetapi untuk menawarkan pemain lawan yang merangsang yang dapat mempercepat dan meningkatkan teknik dan kreativitas pemain ke tingkat berikutnya.

“Selain memberikan kontribusi kepada komunitas game, kami percaya terobosan ini menghadirkan peluang baru di berbagai bidang seperti balap otonom, mengemudi otonom, robotika berkecepatan tinggi, dan kontrol,” terangnya.

Sony AI melakukan pengujian kemampuan GT Sophy dengan membalap melawan empat pembalap Gran Turismo terbaik dunia dalam dua ajang Race Together 2021 Challenge, yang berlangsung pada 2 Juli 2021 dan 21 Oktober 2021.

Dengan melakukan perbaikan pada agen berdasarkan hasil balapan pertama, GT Sophy mengungguli pembalap GT manusia terbaik di kedua balapan time trial dan balapan format Kejuaraan Gran Turismo Bersertifikat FIA untuk acara kedua di bulan Oktober.

Sumber : beritasubang.pikiran-rakyat.com/tekno/pr-1333710704/sony-memperkenalkan-gt-sophy-terobosan-ai-yang-memiliki-reaksi-cepat-dan-diklaim-dapat-mengalahkan-manusia