BISKOM, Jakarta – Segendang sepenarian semua sepakat saat pasca Special Show film Ambo Nai-Supir Andalan karya Andi ‘Ancha’ Burhamzah fasilitasi Dir.PMM KemendikbudRistek dan dFI demiFilm Indonesia, Selasa (15/2).

“Saya kelar terkekeh akan dialog yang lucu Ambo Nai dengan Malla lalu diliputi keharuan karena disaat yang sama harus menikmati gestur akting Syaiful Muharram yang memerankan Ambo Nai begitu alamiah. Air muka nya bingung, sedih seakan meratapi nasibnya yang harus menelusuri jalan dari Bone yang berkelak-kelor ke kota Makassar saat sang isteri hamil besar. Saya teringat perjuanganku di Pare-Pare semasa kecil, bagus sekali dan saya suka sekali dan akan nonton lagi,” papar lugas daeng Aca Wawo pengurus IKA Unhas yang diapit kak Alwiyah Ahmad Assofie pengurus IKA UMI Makassar bersama dengan anak-anak asrama IKAMI Jakarta.

Yah, redaksi jadi saksi film yang dikemas drama perjalanan penuh tawa, haru dan menggelikan berbahasa Bugis Bone 100% memberi makna dalam bagi penonton yang rata-rata sudah migrasi ke Ibukota 40-50 tahun sehingga film Ambo Nai jadi rekreasi batin.

Sujiwo Tejo sang dalang juga budawan yang kebetulan beristerikan orang Bugis menyambut baik hadirnya film nasional dari sineas dan artis lokal berbahasa daerah.

“Bahasa daerah itu taman sari Bahasa Indonesia sehingga harus dirawat bersama dan biasanya ada subtitle bahasa Indonesia sehingga bisa dinikmati suku atau budaya lainnya sehingga bisa saling mengenal, inilah INDONESIA, ” selorohnya serius.

Redaksi mendapati hampir 150an dua studio dan berlanjut special show pekan depan, 22 Februari 2022 film yang akan tayang nasional Kamis, 24 Februari 2022.

“Kini, saya dan tim termasuk sineas Ancha dan seluruh pendukung Ambo Nai sedang dirujab Dr. H. Andi Fahsar M. Padjalangi, M.Si sebagai Bupati Bone yang semoga bisa mengerahkan rakyat Bone ke bioskop 24 Februari mendatang.

786 Pictures dan Timur Production exciting dan gembira sekali atas kehadiran sahabat KKSS, TasNojaR, Ikami Jakarta, teman-teman dFI sineas AndiBahtiar Yusuf bersama isteri dan tim, Mas Aditya Gumay serta Kak Ayi dari BPI hadir menyaksikan dan mengapresiasi Ambo Nai.

“Honestly, merinding dan haru teman-teman Jakarta menerima baik pesan dari film kami, ” ucap Sunarti Sain produser dan juga jurnalis senior SulSeL.

Ancha dan tim menggunakan drone sehingga pemandangan Bajoe dan dari atas likak likuk kayak naga lintasan perjalanan mobil Ambo Nai dan sahabatnya Malla indah dan mengundang decak kagum.

Sesekali tergelak tawa dan ikut teriak histeria sekaligus haru perjuangan dua sosok anak muda lugu, jujur dan spontan.

Ambo Nai adalah cerminan orang Bugis sesungguhnya sehingga pantas diprediksi raih 1 Juta Penonton lebih karena Bugis se-Dunia sudah menanti dari wara-wirinya episode seri sudah sampai 40an kisah Malliking Ambo Nai sampai Malla sudah mempersunting dara Bugis yang cantik jelita.

“Konten lokal dengan kearifan lokalnya sangat dan begitu dekat dengan orang-orang Bugis sehingga dipastikan bisa meraup banyak penonton. Laiknya film-film India berbahasa Hindi atau Tamil sangat dinikmati dan bioskop membludak dan banyak yang diproduksi sequelnya,” sahut AndiBahtiar ‘Ucup’ Yusuf yang sedang menanti tayangnya film terbarunya ‘Baby Blues’.

Hal tersebut diaminkan Andren Tirta Pasutri Produser 7 Rumah Production yang menikmati cerita Ambo Nai untuk Segala Umur.

Anda…..? Pasti makin kepo, apakah ikan-Ikan yang ia harus bawa ke kota Makassar selamat sampai tujuan?

Apa yang dilakukan Ambo Nai dan Sahabatnya Malla yang lugu sepanjang perjalanan?

Yuk ke bioskop, Kamis 24 Februari 2022. (Arul)

Artikel Terkait:

Aktor Nasional & Para Pemain YoWisBen Dukung Jelang Tayang Film Ambo Nai

TVRI Menjadi Rumah Film Indonesia

Milad DFI Ke-8: Konsisten Kampanye Nonton Film Nasional

Daftar Lengkap Pemenang Piala Gunungan FFWI XI 2021

Inilah Para Unggulan dari 3 Genre FFWI XI

Pemenang FFWI Dianugerahi Piala Gunungan

Penjurian Unggulan FFWI XI Makin Mengerucut

Webinar FFWI XI: Peluang Mengembangkan Ekosistem Perfilman Indonesia Di Era Pandemi

Dukungan Kepada FFWI XI Terus dan Makin Deras, Kali ini dari Reza Rahadian

Slamet Rahardjo Djarot, Raam Punjabi Hingga Ketua LSF Dukung FFWI XI

BPI Dukung Sepenuhnya FFWI 2021

Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) Sediakan 30 Piala

Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) Dukung Penuh FFWI

FFWI, Golden Globe-nya Indonesia

Christine Hakim; Inner Power Perempuan dalam Dunia Perfilman Indonesia Luar Biasa

Mau Tahu 5 Rahasia Film Laris Ala Anggy Umbara & Ody Mulya Hidayat ?

Garin Nugroho; Keberagaman Festival Film Adalah Anugerah

loading...