Kredit Foto: Unsplash/Hitesh Choudhary

GDP Venture bekerjasama dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia DKI Jakarta (HIPMI Jaya), dan Synnex Metrodata Indonesia (SMI) menggelar acara diskusi artificial intelligence (AI) terbuka yang bertajuk AI Tech Day 2022, pada Selasa (22/2).

Dalam acara yang diselenggarakan secara virtual, disebutkan bahwa program ini dijalankan dalam rangka mendukung penerapan teknologi AI pada berbagai industri bisnis di Indonesia agar lebih optimal.

Acara ini ditujukan khususnya bagi para penggiat usaha untuk dapat lebih memahami bagaimana teknologi AI dapat meningkatkan produktivitas sekaligus membantu efisiensi biaya. Dengan demikian, perusahaan dapat lebih kompetitif dan mempunyai kesempatan untuk menghasilkan celah income baru.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin dalam pembukaan acara AI Tech Day 2022 menyebutkan bahwa AI meningkatkan kualitas hidup manusia, di mana manusia dapat lebih produktif dengan menggunakan waktu dan tenaga yang lebih efisien.

“Implementasi AI ini tidak hanya bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari, tetapi juga bermanfaat untuk menunjang dunia kesehatan, pendidikan, dan lainnya, sehingga dapat menghasilkan produk dan layanan terbaik bagi masyarakat Indonesia,” ungkap Menteri Kesehatan Budi Gunadi.

Menurutnya dengan perkembangan AI atau kecerdasan buatan yang telah tumbuh pesat seiring dengan akselerasi perkembangan teknologi yang terjadi beberapa tahun belakangan ini, menjadikan Artificial intelligence menjadi salah satu teknologi yang tanpa disadari makin sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

“Laporan menyebutkan bahwa penerapan teknologi AI pada berbagai bidang maupun aspek kehidupan manusia meningkat karena dapat memudahkan aktivitas manusia, terutama dalam dua tahun terakhir ketika pandemik melanda dunia,” jelasnya.

Pemanfaatan teknologi AI sendiri tidak saja digunakan untuk menunjang kehidupan digital masyarakat Indonesia, tetapi juga dipergunakan untuk mendukung kinerja perusahaan untuk mendapatkan hasil yang optimal dengan efisiensi waktu, biaya dan tenaga.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, yang juga akan menghadiri AI Tech Day 2022, mengatakan bahwa ia mendukung penuh pengusaha ekonomi kreatif di Indonesia untuk bisa terus berinovasi dan beradaptasi dengan pemanfaatan teknologi.

“Kami mendukung penuh pengusaha-pengusaha ekonomi kreatif di Indonesia untuk bisa terus berinovasi dan beradaptasi dengan pemanfaatan teknologi sebagai strategi memasarkan produk yang dihasilkan sehingga bisa survive dan menciptakan lapangan kerja yang semakin luas.”

“Melalui AI ini, para pengusaha menjadi sangat powerful untuk mempercepat kemajuan pengusaha-pengusaha ini di Indonesia,” tambah Sandi.

Sumber : https://wartaekonomi.co.id/read394903/ai-tech-day-2022-dukung-penerapan-teknologi-ai-di-berbagai-sektor-bisnis

loading...