Menteri Perdagangan M. Lutfi (kedua dari kiri), Dirut PT RNI Arief Prasetyo Adi (tengah), dan Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) - PT RNI

JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan Kementerian BUMN mendukung upaya transformasi pasar rakyat. Berbagai upaya dilakukan BUMN untuk memajukan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Salah satu dukungan pemerintah kepada UMKM dengan meresmikan Pasar Dorowati dan Kejaweng serta pasar Purworejo, Jawa Tengah bersama Pak Mendag,” kata Erick, seperti dikutip dari akun twitter pribadinya @erickthohir, Rabu (23/2/2022).

Erick menyebut kebutuhan pokok merupakan kunci keberlangsungan hidup masyarakat sehingga harga-harganya dan stoknya harus dipantau agar tidak dipermainkan. Pemerintah, lanjutnya, akan terus mengawasi dan menstabilkan harga bahan kebutuhan pokok, terutama beras dan minyak goreng yang belakangan ini ramai.

Erick menyampaikan BUMN juga terus menunjukan keberpihakan kepada UMKM, salah satunya seperti yang dilakukan BRI dengan mengembangkan program pasar.id guna membantu akses pembiayaan dan pemasaran secara daring.

“Bapak dan Ibu pedagang harus mudah menambah modal dagang agar usaha naik kelas, barang dagangan lebih lengkap, berkualitas, dan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat,” cuit Erick.

Erick mengatakan pasar.id BRI saat ini telah memayungi 6.588 pasar dengan 190 ribu pedagang. Erick menyebut pasar.id merupakan upaya BUMN dalam mendorong digitalisasi para pedagang pasar.

“Digitalisasi merupakan sebuah keharusan mengingat saat pandemi jumlah pembelian hampir 80 persen dilakukan secara daring. Semoga niat baik ini bisa terus ditingkatkan sehingga semakin banyak pasar di Indonesia yang masuk ekosistem digital,” tulis Erick lagi.

Pasar.id merupakan salah satu terobosan baru dari Bank BRI dalam digitalisasi perdagangan pasar tradisional, yakni dengan memfasilitasi seluruh pedagang pasar di Indonesia untuk melakukan aktivitas jual beli secara daring.

Penjual dan pembeli tidak perlu bertemu langsung di lokasi pasar tradisional tempat pedagang berjualan, melainkan dapat dijangkau secara virtual oleh pembeli melalui domain web pasar.id dan menunjuk pasar tujuan yang akan di jangkau.

“Para pedagang dan pembeli dapat bertransaksi secara praktis dan efisien melalui pasar.id. cukup dengan menjadi nasabah BRI, para pedagang sudah dapat bergabung dan memanfaatkan fasilitas pasar virtual yang tersedia di domain web pasar dan selanjutnya para pedagang dapat terhubung dengan pembeli,” kata Erick.

Sumber : https://ekonomi.bisnis.com/read/20220223/9/1503658/dukung-digitalisasi-pasar-rakyat-erick-thohir-promosikan-pasarid

loading...