kegiatan webinar peranan perempuan 21 apr 2022 (koleksi pribadi)
kegiatan webinar peranan perempuan 21 apr 2022 (koleksi pribadi)

Eventcerdas dan Aptiknas kembali membawa tema menarik terkait dengan Hari Kartini 2022. Tema webinar kali ini adalah Peranan Perempuan di AI dan Cybersecurity Indonesia. Dua bidang ini memang sedang naik daun dalam beberapa waktu ini.  Pemerintah kita membuat Badan Siber dan Sandi Negara sejak mei 2017. Sebuah langkah strategis karena semua menggunakan internet dan keamanan data menjadi faktor utama, terutama sekarang ini.

Demikian juga dengan artificial intelligence, atau kecerdasan artifisial. Pemerintah kita telah menghasilkan Strategi Nasional Kecerdasan Artifisial pada agustus 2020. Saat ini semua pemerintahan dunia berlomba mengembangkan talenta AI di negara nya masing-masing.

Apakah kita terlambat? Tidak ada kata terlambat untuk semua terkait cybersecurity dan AI, yang justru harus dipertegas dan diperjelas adalah strategi terkait pengembangan sumber daya manusia terkait kedua bidang itu.

Maka tidak heran, kemudian muncul banyak asosiasi, komunitas yang mengusung kedua tema besar abad ini tersebut. Diantaranya adalah APTIKNAS yang sejak berdirinya di tahun 2017 telah mengemban konsentrasi penuh untuk mengembangkan talenta digital, dan salah satu didalamnya terkait dengan AI dan Cybersecurity. Saya sendiri sungguh bangga bisa menjadi salah satu pendiri dari 100 pendiri APTIKNAS. 

Demikian juga dengan kecerdasan artifisial, dimana salah satu komunitas terbesar AI saat ini adalah Indonesia Artificial Intelligence Society (IAIS). Saya sendiri juga bergabung di dalamnya bersama dengan 700 anggota lainnya yang mengembangkan talenta AI di Indonesia. Saat ini bertugas terkait kolaborasi industri dalam IAIS. 

Semua dinamika ini mengantar pemikiran untuk melihat, berapa banyak sesungguhnya perempuan Indonesia dilibatkan dalam kedua bidang ini, maka webinar ini mengangkat tema tersebut. 

Kita akan melihat dan mendengar diskusi langsung dari 2 orang muda, masih berusia 20an, yaitu Tiara Regina dari PT Siggap Teknologi Internasional dan Rahmi Yuwan dari PT PROSA Solusi Cerdas (Prosa.ai). Ada banyak hal menarik yang kita dapatkan dari para ‘Kartini’ muda ini terlibat dalam dunia cyber security dan artificial intelligence.

Simak diskusinya secara lengkap dalam webinar yang anda bisa tonton ulang di bawah ini.

Tetap semangat Kartini muda Indonesia, dan mari tetap berkiprah mengembangkan IT Indonesia.

loading...