BISKOM, Bekasi – Seiring dengan perkembangan teknologi dan semakin tingginya penetrasi Internet, industri game di Indonesia diyakini akan terus berkembang pesat. Selain itu, bisnis gaming, sebagai bagian dari industri kreatif, merupakan salah satu dari 14 sektor industri yang akan mendapatkan dukungan positif dari pemerintah.

Mike Edward selaku Sekjen VGI saat memberikan kata sambutannya.

Salah satu usaha untuk mendukung perkembangan bisnis gaming di Indonesia dilakukan oleh Digitalife dan Vendor Gaming Indonesia (VGI) didukung oleh Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (APTIKNAS) yang berinisiatif membuat sebuah acara besar secara rutin dari mall ke mall di area JABODETABEK khusus industri gaming dan perangkatnya.

Melalui event dengan Brand Jakarta Game Xpo 2022 (JGX) ini diharapkan dapat menjadi wadah bangkitnya industi game dan hardware dalam masa menghadapi pandemi yang menghantam dunia secara umum dan Indonesia secara khususnya, acara ini yang mempertemukan berbagai pemain di industri gaming Indonesia, mulai dari publisher, developer, principal hardware, creator dan game enthusiast.

Sony MS dari Bekasi Cyberpark (BCP) saat memberikan kata sambutannya.

Jakarta Game Xpo 2022 diselenggarakan di Bekasi Cyber Park, dari tanggal 26 hingga 29 Mei 2022. Acara ini akan diikuti berbagai merk gaming hardware dan payment seperti Logitech G, Steel Series, Thrustmaster, Thermaltake, Razer Gold dan juga didukung oleh Telkom Indonesia, Indihome, Panduit dan Taiwan Excellence.

Soegiharto Santoso selaku Ketua Umum APTIKNAS mengatakan, “APTIKNAS sebagai asosiasi yang membawahi para pengusaha teknologi informasi termasuk salah satunya industri gaming sangat mendukung kegiatan lomba game online seperti Jakarta Game Xpo ini, karena dapat meningkatkan penetrasi industri kreatif pada anak-anak muda khususnya di wilayah Jabodetabek.” katanya.

“Saat ini bermain game online juga dapat menghasilkan uang, apalagi game online sudah diakui sebagai E-sport oleh pemerintah dan baru-baru ini peserta e-sport sudah go International dengan memenangkan medali dalam gelaran Sea Games di Hanoi Vietnam.” Ujar Soegiharto yang sering disapa dengan Pak Hoky dan juga menjabat sebagai Dewan Pengarah LSP Pers Indonesia.

Sedangkan Mike Edward selaku Sekjen VGI mengatakan, “Vendor Gaming Indonesia sangat mendukung gelaran JGX 2022 ini, kami sebagai asosiasi dari perwakilan principal atau vendor peralatan gaming, seperti Motherboard, Casing PC, Graphic Card, Mouse dan Keyboard gaming tentu sangat terbantu dengan kegiatan ini, dan kami juga dapat memperkenalkan teknologi terbaru yang kami punya kepada para gamer di Indonesia.” Ujarnya.

Sementara Sony MS dari Bekasi Cyberpark (BCP) mengatakan, “Selama lima belas tahun BCP selalu mendukung kegiatan Jakarta Game Xpo sebagai bentuk konsistensi pelayanan kepada customer BCP.”

Sedangkan Andi Tanudiredja dari Digital Nusa Ananta selaku partner dari Jakarta Game Xpo 2022 mengatakan, “Kegiatan ini adalah untuk mengisi kekosongan event game online yang selama pandemi sangat sedikit sekali diadakan, dan di era pandemi saat ini, selama penyelenggaraan lomba game tersebut, kami tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat demi kenyamanan peserta game.” Tuturnya.

Pada gelaran JGX 2022 kali ini akan diadakan berbagai kompetisi selama empat hari penyelenggaraan JGX 2022.

Kompetisi-kompetisi tersebut akan berlangsung pada beberapa area game, seperti pada area Mobile Game akan berlangsung kompetisi oleh Free Fire – Indihome Cup. Sedang pada area Online Game yang berlokasi di Gamer Village arena akan berlangsung kompetisi Indihome Cup – Point Blank, Taiwan Excellence Cup – Ayodance dan Taiwan Excellence Cup – Valorant, dengan total hadiah keseluruhan adalah sebesar Rp. 35.000.000,- yang dibiayai oleh para sponsor. (Redaksi)