Sepanjang Juli 2022, tidak terasa, sudah hampir tiba di akhir bulan Juli, dan tema-tema kami di EVENTCERDAS terkait dengan Managed Service Provider telah habis dibahas.

Di awal 7 Juli 2022, kita memulainya bersama solusi dari INFRAON. Dengan menggunakan produk INFRAON, perusahaan MSP dapat menyediakan layanan MSP terintegrasi dengan mudah. Karena umumnya, perusahaan MSP akan perlu sistem monitoring jaringan (InfraonIMS) dan helpdesk (InfraonDesk) saling terintegrasi. Kemudian, di tambah juga kemampuan backup restore configuration perangkat yang ada di InfraonNCCM.

Setelah itu, kita belajar dari ADVANTECH dan VEDAX yang menyediakan layanan MSP untuk monitoring sistem transportasi berbasis Artificial Inteligence. Ini diterapkan di Vietnam, yang sebenarnya mungkin tidak banyak berbeda juga dengan kondisi transportasi di Indonesia.

Dalam platform yang dikembangkan, banyak sistem bisa dikembangkan, tidak hanya terkait sistem transportasi. Penggunaan perangkat ADVANTECH dan sistem software VEDAX dapat digunakan bersama menjawab kebutuhan ini. Ini salah satu model penerapan MSP yang sangat menarik, seperti yang ada di Indonesia saat ini dengan ETLE. 

Berikutnya, kita belajar dari EGInnovation, dimana perusahaan MSP juga dituntut untuk bisa menjelaskan problem terkait performansi aplikasi , database, baik yang ada di onpremise, atau di cloud. Semua ini dijawab dengan produk unggulan EGInnovation.

Tidak lengkap bila kita tidak mempelajari produk fiber optic yang sekarang ini digunakan oleh berbagai perusahaan MSP. Adapun solusi yang tampil kali ini adalah dari DASAN. Produk ini digunakan oleh salah satu provider jaringan di Indonesia.

Dengan salah satu keunggulan interopabilitas, ini yang sangat harus diperhatikan dalam provider MSP. Bila jaringan MSP hanya menggunakan dan memiliki ketergantungan tinggi kepada satu teknologi saja, maka akan sangat riskan. Demikian pula dengan jaringan MSP berbasis fiber optic, dengan teknologi GPON.  Peserta sangat antisias bertanya, dan setelah kegiatan pun masih ada beberapa B2B meeting membahas solusi ini.

Berikutnya, kita belajar lagi dari Robot Process Automation Gleematic. Dengan produk solusi Gleematic, perusahaan MSP akan sangat terbantu mengerjakan tugas-tugas yang sifatnya repetitif. 

Dengan menerapkan RPA, maka MSP bisa mengurangi jumlah tenaga teknisi / staf yang khususnya membuat reporting. Karena umumnya yang paling rumit dari pekerjaan MSP adalah reporting ke customer. Karena ini terkait dengan Service Level yang diberikan. Maka solusi RPA akan sangat membantu pekerjaan menjadi lebih cepat dan tepat.

Setelah RPA, kita masuk ke segmen manufaktur. Dimana segmen ini seringkali sulit berinvestasi terkait IT, sehingga pendekatan MSP bisa diterapkan. Solusi seperti PRTG bisa digunakan untuk pengukuran , monitoring dari mesin-mesin produksi, dengan langkah mudah dan murah.

Dengan menggunakan pendekatan sewa, customer (pabrik) akan lebih hemat. Tidak perlu investasi besar, cukup gunakan PRTG terintegrasi ke sensor-sensor fisik mesin produksi.

Terakhir, kita tidak melupakan kualitas jaringan terutama bila menggunakan jaringan wireless. Semua MSP umumnya menggunakan jaringan wireless, termasuk di lokasi pelanggan. Ruckus Networs terkenal akan kualitas jaringan wirelessnya, juga menerapkan hal yang sama, yaitu Network Analytics dan Assurance lebih dalam.

Itulah rangkaian tujuh webinar terkait tema Managed Service Provider yang kami adakan di EVENTCERDAS, dengan dukungan dari Asosiasi Pengusaha TIK Nasional (APTIKNAS) dan media Biskom.web.id, serta tidak lupa dukungan dari anggota yang memiliki solusi tersebut. Secara khusus kami mengucapkan terima kasih kepada PT DCM Monitoring, PT Lima Dua Satu Teknologi Indonesia, ADVANTECH Indonesia, serta Commscope International (Ruckus Networks) yang mendukung kegiatan ini.

Bila anda tertarik dengan solusi-solusi diatas, silahkan kontak tim kami di WA 0811-1472-260, atau email eventcerdas@gmail.com. 

Di bulan Agustus, kami akan memasuki tema baru, terkait dengan transformasi digital, atau digital transformation. Dimana tema ini diangkat sesuai dengan redefinisi dari EVENTCERDAS, yang semula ‘mitra transformasi digital’ menjadi ‘one-stop digital transformation e-services’. Kami nantikan kehadiran anda semua di webinar dan seminar EVENTCERDAS di bulan Agustus.

Tetap semangat memajukan dan mencerdaskan IT Indonesia

SUMBER : https://www.smartcityindo.com/2022/07/mempersiapkan-diri-menjadi-managed.html

loading...