Mungkin mengherankan bagi kita, bagaimana perusahaan sebesar Google mendapatkan orang-orang terbaik mereka. 

Salah satu cara yang bisa kita tiru adalah menemukan calon karyawan via pelatihan. Kok bisa ?

Sekolah hingga kampus di Indonesia tidak pernah bisa menjawab sepenuhnya apa yang menjadi kebutuhan perusahaan dan instansi di Indonesia. Berbagai upaya untuk memperkecil celah (gap) antara industri dan sekolah/kampus telah dilakukan. Tapi tetap tidak pernah sepenuhnya tepat. 

Ada industri tertentu bahkan lebih baik mengembangkan sekolah sendiri, untuk mendukung industri mereka. Ya, ini cara terbaik bila anda memiliki dana yang cukup. Bisa bekerjasama dengan sekolah, hingga kampus yang mau memberikan waktunya untuk mengajarkan hal-hal yang diperlukan industri. 

Itulah yang saya pikirkan setiap kali akan merekrut karyawan. Saya memikirkan cara agar bisa mendapatkan sumber daya yang telah saya latih sendiri. Maka program pelatihan, magang, intership yang bisa saya lakukan, saya berikan kesempatan anak sekolah, SMA atau SMK dan mahasiswa untuk bisa bergabung dalam program pelatihan / training / magang yang ada. 

Selain dengan program magang, ternyata saya merasakan, mereka harus terus dibina dan dikembangkan. Itulah sebabnya EVENTCERDAS muncul. Kebutuhan dari dalam ini tidak hanya dirasakan di tempat saya bekerja, tapi juga di banyak anggota APTIKNAS, dan mungkin perusahaan lainnya. 

Maka EVENTCERDAS mulai ada untuk mengedukasi, memberikan pelatihan secara online, cara tercepat untuk bisa mengedukasi orang secara langsung.

Kami pikir, bila kami buat program ini exclusive, maka tidak banyak orang akan bisa tahu dan mendapatkan manfaat. Maka kami mulai membuat webinar dengan mudah diakses orang. Bagi mereka yang ingin interaksi, bisa berdiskusi langsung, mereka bisa masuk ke dalam zoom webinar yang ada. Mode zoom meeting kami ambil karena cara ini akan memastikan mereka bisa interaksi, bertanya langsung ke narasumber. 

Kemudian, kami mendapati, banyak perusahaan dan instansi mengikuti kegiatan online kami. Kami jadi semakin bersemangat. Dengan cara ini kami bisa mengedukasi lebih banyak orang. Kami sediakan semua hasil nya di dalam youtube Eventcerdas. 

Pola belajar asinkronus yang muncul nyata sepanjang pandemi. Apalagi sebagian besar sekarang orang telah kembali bekerja. Maka bahan pembelajaran tetap kami biarkan ada di youtube untuk bisa ditonton ulang. 

Tidak semua materi memiliki konten teknis yang sangat dalam, untuk konten teknis tetap perlu tatap muka, bisa mengakses alat, mungking sofware yang ada. Tapi ini yang bisa kami lakukan terpisah dengan program workshop onsite yang kami siapkan. 

Tiap produk dan solusi yang kami hadirkan, kami usahakan merupakan solusi yang telah ‘proven’ di lapangan, banyak digunakan orang, sehingga orang bisa melihat bagaimana itu bekerja, dan membantu banyak orang. 

Maka bila anda ingin mengikuti jejak Google, siapkan program pelatihan, training, dan sertifikasi secara online. Pastikan mereka mengikutinya dan akan kita dapatkan orang-orang terbaik yang bisa mengerjakan itu dengan baik. Dan inilah mereka, calon karyawan anda. 

Sekarang kami melangkah lebih besar, mempersiapkan para kapten transformasi digital, atau digital transformation captain. Mereka yang belajar, dibina, mengikuti kegiatan online, onsite dari EVENTCERDAS, ya merekalah kapten transformasi digital kita.

Berani mencoba? Ayo kita lakukan.  

Sumber     : https://www.kompasiana.com/startmeup/62e883e93555e424373492c2/cara-terpintar-temukan-calon-karyawan-via-training?page=2&page_images=1

loading...