BISKOM, Sukabumi – Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Lemdiklat Polri menggelar Kuliah Umum dengan pembicara utama Wakil Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Irjen Pol Drs. Eko Budi Sampurno, M.Si, dalam kegiatan tersebut dihadiri sebanyak 2.075 orang peserta didik Sekolah Inspektur Polisi (SIP) angkatan 51 tahun 2022 Resimen Satya Intar Adinata Pratapa (51AP), dimana kegiatan tersebut dilakukan secara hybrid yaitu sebagian secara virtual dan sebagian secara tatap muka di gedung Auditorium Anton Sujarwo, Setukpa Lemdiklat Polri, Sukabumi pada hari Selasa, 16 Agustus 2022 yang lalu.

Dalam kuliah umum tersebut Irjen Pol Eko Budi Sampurno mengangkat tema penting tentang kepemimpinan dan integritas untuk menjadi perwira Polri yang Presisi.

Irjen Eko menyampaikan kita harus menyamakan persepsi karena persepsi adalah biang masalah, karena dari perbedaan persepsi akan menimbulkan penilaian dari sudut pandang berbeda.

“Oleh sebab itulah dibutuhkan persepsi positif agar dihasilkan sesuatu yang positif, kita harus Solid dan berintegritas dengan diperkuat kesamaan persepsi dalam membangun situasi internal, sendi organisasi, kinerja guna meraih kepercayaan publik.” ungkap Irjen Eko.

Irjen Eko menegaskan, “Kita harus berani merubah, melakukan creative destruction, menghancurkan pola lama dengan membangun pola yang baru dengan cepat dan tepat, hal itu memang tidak mudah tetapi bukan berarti tidak bisa, harus yakin bisa dan pasti bisa dalam mewujudkan perubahan kearah yang lebih baik.”

“Dalam hal integritas, penting bagi para siswa untuk menjadi pribadi yang berisi agar tidak mudah terprovokasi, dan harus mempunyai terobosan-terobosan kreatif dalam mengembangkan organisasi.” pungkas Irjen Eko Budi Sampurno.

Dalam penyajian materi kuliah umumnya Irjen Eko juga banyak menyajikan video-video inspiratif tentang motivasi kehidupan dan dilakukan dialog interaktif secara langsung terhadap para peserta, sehingga para peserta lebih mudah memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh Irjen Eko.

Pada kesempatan tersebut Irjen Eko juga sempat mengungkapan harapannya tentang optimalisasi personil Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat atau Bhabinkamtibmas dalam citizen journalism untuk menjalankan praktek jurnalistik secara nyata di media Guetilang.com sebagai kontributor.

Untuk itulah dalam kesempatan kuliah umum tersebut Wakalemdiklat Polri memberi kesempatan kepada Ir Dedi Yudianto, M.B.A yang merupakan Ketua Komite Penyelarasan Teknologi Informasi dan Komunikasi (KPTIK), untuk menyajikan materi tentang aplikasi guetilang.

Dalam paparannya Dedi mengatakan, “Aplikasi Guetilang merupakan portal berita yang memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat untuk menyuarakan aspirasi dan menyebarkan berbagai informasi dengan cepat, transparan, terpercaya dan beretika dengan melibatkan peran dari Bhabinkamtibmas, dimana pertama kali diluncurkan di Polres Pesawaran, Provinsi Lampung pada 14 Juli 2022 yang lalu.” Papar Dedi.

“Portal Guetilang merupakan bagian dari Citizen journalism dengan satu perwujudan demokrasi pemberitaan di Indonesia, dimana akan dikolaborasikan baik secara fisik maupun secara digital dengan memanfaatkan WARKOP DIGITAL (Warung Kopi Digital) sebagai lokasi pemberdayaan Babinkanntibmas dan para pemuda serta pemudi serta wadah fasilitasi pemanfaatan teknologi digital dan internet dalam pengembangan potensi desa, pemasaran, percepatan akses serta pelayanan informasi guna membangun UMKM dan lapangan pekerjaan di desa.” paparnya.

Sementara Soegiharto Santoso alias Hoky Selaku Ketua Bidang Organisasi, Keanggotaan, dan Kaderisasi, DPP Serikat Pers Republik Indonesia (OKK DPP SPRI) menyatakan, “Kegiatan kuliah umum oleh Irjen Pol Eko Budi Sampurno di Setukpa Lemdiklat Polri ini ditambah dengan paparan Dedi Yudianto dapat menjadi embrio kolaborasi yang menggabungkan berbagai pihak diantaranya Academy, Business, Community, Government, and Media (ABCGM) yang sering disebut Pentahelix, sebab semua unsur tersebut ada dalam paparan mereka, tentu saja ini merupakan kolaborasi yang sempurna dan akan berdampak luar biasa jika dapat kita wujudkan kolaborasi tersebut.” Ungkap Hoky yang juga menjabat sebagai Ketua Umum APTIKNAS yang telah memiliki 29 DPD APTIKNAS dari Aceh hingga Papua.

Hoky menambahkan, “Meskipun launching guetilang.com baru dilakukan bulan lalu, akan tetapi para personel Bhabinkamtibmas dari Polres Pesawaran sangat aktif dan sangat antusias memberikan kontribusi terhadap portal tersebut dan masyarakat di Pesawaran juga memperoleh manfaatnya, karena kegiatan positif masyarakat langsung diliput dan ditayangkan di portal guetilang.com, sehingga hubungan Bhabinkamtibmas dengan masyakarat disana menjadi semakin harmonis, tentu ini hal ini sangat baik jika dapat diduplikasi keberbagai Polres di seluruh Indonesia.” Tutur Hoky.

Pada kegiatan tersebut peserta sempat dihibur dengan kehadiran seorang youtuber atas nama AIPDA Herman Hadi Basuki yang dikenal dengan Pak Bhabin, sebab secara kebetulan Pak Bhabin merupakan salah satu peserta didik Sekolah Inspektur Polisi angkatan 51 tahun 2022, dimana Pak Bhabin sempat bertugas sebagai Bhabinkamtibmas sekitar tahun 2009, oleh karenanya Pak Bhabin menyatakan nantinya bersedia menjadi duta guetilang.com.

Acara kuliah umum Wakalemdiklat ini dihadiri oleh Denny Andrian dari Cyber Academy, Karo Kurikulum Brigjen Pol Drs. Agus Salim, Kasetukpa Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, S.I.K., M.Hum., para pejabat utama Setukpa, Kasat Binmas beserta para Bhabinkamtibmas jajaran Polres Sukabumi Kota. (Juenda)

Artikel Terkait:

Bangun SDM Digital, Cybers Academy Gelar Pelatihan Wartawan Dan Launching Guetilang.com

Arahan Kapolri: Kembalikan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Institusi Polri

Kapolri: Pagelaran Wayang Kulit Untuk Pelestarian Budaya Hingga Dekat Dengan Masyarakat

Hoky Apresiasi Dalang Ki Yanto Yang Pentas Di Pagelaran Wayang Kulit HUT Bhayangkara Ke-76

Sukses Gelar Wayang Kulit, Dalang Dr. Yanto Pancarkan Sinar Gemilang Pada Ikatan Gunung Kidul (IKG)

Gebyarr Pagelaran Wayang Kulit, Ketua PN Jakpus DR. Yanto Jadi Dalang di TMII Jakarta Sukses Mempesona

Gelar Budaya Pagelaran Wayang Kulit Bersama KABARESKRIM POLRI Ditunda

Ketua MA Hatta Ali Melantik Tiga Ketua Muda Pada Mahkamah Agung RI

Presiden Jokowi Puji Keberhasilan Mahkamah Agung

Peran UU Contempt of Court Dalam Perlindungan Kekuasaan Kehakiman Yang Mandiri dan Bebas Dari Segala Pengaruh dan Ancaman

Johanis Tanak Lulus Uji Kompetensi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jilid V

MA Kabulkan Kasasi Syafruddin Arsyad Temenggung, Terdakwa Kasus BLBI.

Tolak PK Baiq Nuril, MA Tegaskan Tak Ada Maladministrasi

Peluncuran Sistem Informasi Perlengkapan Mahkamah Agung Republik Indonesia (SIPERMARI)

Hakim Kena OTT KPK di Balikpapan Diberhentikan Sementara Oleh MA.

Ketua MA Luncurkan SIPP Tingkat Banding Versi 3.2.0.

Semarak Acara MA di Labuan Bajo

MA Siap Hadapi Pemilu, Ketua Kamar TUN Berpesan Pejabat Wajib Laksanakan Perintah Hukum

Ketua MA Tekankan Pentingnya Integritas Kepada Para Ketua Pengadilan Tinggi

HUT IKAHI Ke-66, Ketua MA Harap Hakim Pahami Ekonomi Digital

Perlunya Hakim Berperspektif Gender Untuk Wujudkan Akses Keadilan Bagi Perempuan dan Anak

Presiden Jokowi Apresiasi Reformasi di MA lewat aplikasi e-Court

Presiden Jokowi Puji Keberhasilan Mahkamah Agung

Ketua MA Lantik 29 Ketua Pengadilan Tingkat Banding

Ketua MA Tunjuk Andi Samsan Nganro Jubir Baru, Dan Sesalkan Berita Yang Tidak Update

Ketua MA Luncurkan Aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian (SIKEP) Integritas Manajemen SDM berbasis Kompetensi

loading...