Setelah merapihkan organisasi, SDM, sekarang harus dipikirkan cara baru bekerja lainnya, yaitu Activity Based Workplace (ABW). Pemahaman ABW ini sudah kita kenal dalam bentuk work from home, work from anywhere, work from office. Tapi fokus utama dari ABW ini adalah fokus pekerjaan terkait dengan tempat.

Mari kita lihat apa yang sudah dilakukan Kemenkeu dan instansi / satuan kerja dibawahnya.

Pertama, siapkan pondasi, yaitu kesiapan organisasi dan SDM. 

persiapan ABW kemenkeu tidak langsung (koleksi pribadi)

Kedua, setelah itu , perjelas latar belakang dan tujuan ABW agar bisa dilakukan. Dalam ini mendukung pemikiran kreatif dan inovatif (ini kunci keberhasilan organisasi jaman now).  Tujuan lainnya memperjelas, seperti transparansi (karena meja kerja mungkin jadi terbuka / open space), orientasi hasil, mengoptimalkan aset (biar bisa dipakai bersama).

pertegas tujuan ABW (koleksi pribadi)

Ketiga,  tentukan zona kerja. Biasanya ada zona utama, pendukung dan penunjang. Ini yang didefinisikan oleh Kemenkeu.

Ruang dalam ABW (koleksi pribadi)

Keempat, siapkan infrastruktur ruangan. Tidak harus membuat gedung baru, tapi menggunakan atau merubah ruangan yang ada. Ini yang sudah dilakukan kemenkeu di kantor-kantor mereka. 

optimalkan ruangan yang ada (koleksi pribadi)

Kelima, selain urusan ruang, ABW juga mempertimbangkan hal lain. Mulai dari keselamatan dan kesehatan, itu yang penting sekarang. Kemudian ada standar bangunan lain yang harus diperhatikan. Dan hal penting lainnya. 

ruang kerja ABW versi kemenkeu (koleksi pribadi)

Keenam, siapkan teknologi informasi untuk mendukung ABW. Dalam hal ini mulai dari meja kerja (kursi ergonomis), koneksi internet atau LAN yang stabil, laptop dan notebook menjadi hal penting, desktop mulai tidak digunakan. Printer dan fotokopi sharing bersama. Koneksi WIFI yang harus kuat dan stabil.

teknologi informasi sangat penting dalam ABW (koleksi pribadi)

Melihat dari apa yang disharingkan oleh salah satu instansi dalam kementrian keuangan diatas, kita bisa belajar bagaimana penerapan Activity Based Workplace yang bisa diterapkan. Bagaimana dengan perusahaan / instansi kita ? 

Coba kita lakukan checklist, apa saja yang anda bisa mulai terkait Activity Based Workplace.  

Jangan lupa, teknologi informasi selalu menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Ikuti pembahasan kami selanjutnya dalam EVENTCERDAS dan APTIKNAS. 

Digital Transformation Strategy 

Kita akan belajar langsung dari eduClass, prinsipal yang berbasis di Singapore ini merupakan mitra terpercaya pemerintah Singapore, dan ratusan kampus di Asia, dan lebih dari 2000 perusahaan di Asia. 

Bersama kita mendengarnya secara langsung dari Hangky Sumangkul dari eduClass Indonesia, yang akan berbagi pada Selasa, 30 Agustus 2022, jam 14.00 – 15.00 WIB

Segera daftarkan diri anda secara gratis di https://bit.ly/DTStrategy30Aug22

sumber: https://www.kompasiana.com/startmeup/630c22fc35578d3051680d12/cara-baru-bekerja-new-way-of-working-activity-based-workplace

loading...