Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung kembali menyelenggarakan Pasar Tani dan Gelar Pangan Murah yang dipusatkan di Kelurahan Margahayu Utara, Kecamatan Babakan Ciparay, Bandung. Selain itu, dilaksanakan pembagian produk dan benih hortikultura dalam upaya pengendalian inflasi bagi pemulihan ekonomi Jawa Barat khususnya Kota Bandung untuk mendukung ketersediaan bahan pangan serta perluasan kawasan tanam.

“Kegiatan Pasar Tani dan Gelar Pangan Murah diikuti para petani dan pelaku usaha produk olahan Kelompok Tani Buruan Sae serta kelompok usaha pasar murah untuk membantu mereka dalam memasarkan hasil-hasil pertaniannya,” ujar Gin gin Ginanjar, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung di Bandung, Rabu (23/11/2022).

Disisi lain, lanjut Gin gin Ginanjar, dalam upaya pengendalian inflasi dan percepatan pemulihan ekonomi Jawa Barat khususnya Kota Bandung, kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan pembagian produk hortikultura kepada masyarakat miskin terdampak inflasi dan tercatat memiliki jumlah stunting terbanyak. Sekaligus pembagian benih hortikultura yang diberikan kepada kelompok-kelompok tani untuk memperluas kawasan tanam.

“Kami siapkan 250 paket untuk wilayah yang memiliki angka stunting dan jumlah masyarakat miskin terbanyak di Kota Bandung. Sedangan untuk perluasan kawasan tanam komoditas hortikultura, bantuan pemerintah diberikan berupa benih, polybag dan pupuk organik cair untuk gerakan tanam hortikultura,” ujarnya.

Menurut Eva Yoshida, Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung penerima produk hortikultura sebanyak 250 paket di Kota Bandung  diberikan kepada masyarakat Kecamatan Babakan Ciparay yang terkena stunting dan jumlah masyarakat miskin tertinggi di Kota Bandung.

Jumlah paket yang diberikan, yaitu Kelurahan Margasuka sebanyak 46 paket, Kelurahan Sukahaji sebanyak 35 paket, Kelurahan Margahayu Utara sebanyak 35 paket, Kelurahan Babakan sebanyak 56 paket, dan Kelurahan Babakan Ciparay sebanyak 50 paket serta Kelurahan Cirangrang sebanyak 16 paket. Sedangkan,  penerima benih hortikultura diberikan kepada Kelompok Tani Sawah Lega Kecamatan Cidadap dan PKK Kota Bandung.

loading...