Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (APTIKNAS) melakukan MoU dengan ITB Press pada Kamis, 22 Desember 2022 di Bandung. 

Pengurus DPP APTIKNAS yang baru saja terbentuk memiliki konsentrasi terkait dengan Digital Talent. Oleh karena itu, APTIKNAS mengembangkan diri untuk bisa berkolaborasi dengan banyak pihak terkait pengembangan potensi Digital Talent. Dan ini sejalan dengan ITB Press, yang baru saja diresmikan menjadi perusahaan pada September 2022. ITB Press ini merupakan salah satu unit usaha dalam Badan Pengelola Usaha dan Dana Lestari (BPUDL) Institut Teknologi Bandung (ITB). 

Rektor ITB Prof. Wirahadikusumah, Ph.D., meresmikan ITB Press Store secara simbolis dengan menggunting pita. (Foto: Adi Permana/Humas ITB)

Kegiatan ini mengundang sejumlah tamu undangan penting, seperti Gubernur Jawa Barat yang diwakilkan oleh Dr. Hening Widiatmoko, M.A, selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat; Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., selaku Rektor ITB; Deddy Priatmodjo Koesridartoto, Ph.D., selaku Ketua BPUDL ITB; dan beberapa pihak lain yang berasal dari mitra bisnis ITB Press, penulis buku nasional, dan perwakilan beberapa perguruan tinggi lain seperti UI dan IPB.

PT ITB Press yang memiliki nama lengkap PT Inovasi Teknologi Bermedia Press ini merupakan salah satu bentuk usaha komersial ITB yang telah didirikan sejak tahun 1970-an dan menjadi unit usaha pendukung (UUP) ITB di bawah pengelolaan BPUDL ITB. Namun, sejak 2 tahun lalu, usaha transformasi unit usaha ini mulai dikembangkan agar tujuan meningkatkan produktivitas dan literasi di kalangan mahasiswa dan masyarakat bisa tercapai. Hingga akhirnya, setelah diresmikan status ITB Press menjadi Perseroan Terbatas (PT) oleh BPUDL, acara launching ITB Press Store ini merupakan langkah awal dari cita-cita yang telah dirancang oleh ITB Press.

Dalam sambutannya, Deddy Priatmodjo, Ph.D., selaku Kepala BPUDL ITB, menyampaikan bahwa proses perkembangan unit usaha PT ITB press ini sudah dilakukan sejak 2018 lalu. Namun, akibat kendala pandemi dan tantangan yang lain, upaya ini mulai digarap serius pada waktu kuarter pertama tahun 2021. Saat itu, ia dan tim mulai membuat dan mengembangkan model bisnis terbaik agar bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki ITB Press.

Setelah resmi didirikan terhitung sejak 22 September 2022, PT ITB Press dipimpin oleh Komisaris Edi Wahyu Sri Mulyono dan Direktur Alga Indria. (Foto: Adi Permana/Humas ITB)

Rektor ITB, Rektor ITB Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., mengatakan bahwa berdirinya ITB Press Store ini bisa menjadi ajang kerja sama dan kolaborasi antarperguruan tinggi di Indonesia untuk bisa memberikan kontribusi yang nyata bagi kemajuan negara khususnya dalam hal literasi membaca dan menulis di masyarakat sekitar. Ia berharap, dengan lokasi ITB Press Store yang berada di luar kampus ITB bisa semakin mempermudah masyarakat luar untuk merasakan dampak dari adanya unit usaha ini.

Di kesempatan kali ini, APTIKNAS diwakili Fanky Christian selaku Sekjen APTIKNAS melakukan MoU selaku mitra dari ITB Press. 

PT ITB Press MoU dengan para mitra, termasuk APTIKNAS (Foto: Ikhsan K.)

APTIKNAS sangat bangga bisa bekerjasama dengan ITB Press yang memiliki konsep menarik dalam mengembangkan unit bisnis ini. Fanky Christian menyampaikan apresiasi dan berharap kerjasama jangka panjang bersama dengan ITB Press. Salah satu anggota APTIKNAS menjadi mitra dan menampilkan produk ASUS, HP, Lenovo dan ACER di dalam area ITB Press. 

Sisi penjualan Laptop dan produk IT dari salah satu anggota APTIKNAS  di ITB Press (Foto: Ikhsan K.)

Selain produk buku, laptop dan berbagai layanan lain juga ditemukan di ITB Press. Demikian juga dengan merchandise resmi ITB dapat ditemukan dengan mudah disini. 

TB Press menyediakan produk-produk seperti buku, diktat kuliah, dan Ganeshirt (merchandise ITB). Foto: Adi Permana/Humas ITB

Dengan konsep terintegrasi seperti ini, maka ITB Press tidak hanya membantu internal ITB, baik mahasiswa, karyawan tetapi juga publik. Hal ini karena lokasi ITB Press yang ada di pintu masuk jalan utama, sehingga dapat diakses oleh alumni dan masyarakat. Ini menjadi konsep yang menarik yang bisa dikembangkan di kampus lainnya, juga termasuk perpustakaan daerah yang dimiliki pemerintah. 

sumber: https://www.itb.ac.id/berita/itb-press-store-resmi-diluncurkan-emban-misi-tingkatkan-literasi/59143 

loading...