Dalam masa pandemi, kami yang selama ini membantu implementasi IT Service Management menggunakan produk-produk helpdesk berbasis on-premise, menemukan pola kecenderungan baru, yaitu menggunakan aplikasi helpdesk berbasis cloud.

Tidak dapat dipungkiri lagi, pandemi memang merubah banyak hal. Salah satu hal yang menarik, adalah implementasi cloud yang tinggi. Pertama ini dipicu oleh kesulitan melakukan setup hardware semasa pandemi. Semua perusahaan akhirnya beralih ke cloud. Dengan cloud, setup hardware tidak diperlukan, cukup berlangganan virtual machine, server virtual, maka semua dapat dilakukan dengan mudah, bahkan dari remote.

Kedua, kecenderungan aplikasi berbasis cloud. Dengan fenomena work from everywhere, maka cloud menjadi pilihan utama, termasuk aplikasi berbasis cloud, atau dikenal juga dengan software as a service (SaaS). Dalam masa pandemi, SaaS justru mendapatkan momentum nya.

Maka aplikasi helpdesk yang semua ada di kantor, di area kantor, diinstal di kantor, maka harus bisa diakses secara mudah dari mana saja, maka pilihannya adalah membuka akses web dari luar ke server di kantor. Atau opsi yang kedua, menggunakan aplikasi berbasis cloud.

Yang menarik, justru opsi kedua banyak diambil perusahaan dan instansi. Aplikasi helpdesk memang bukan aplikasi utama bisnis, tapi aplikasi penunjang operasional bisnis yang semakin penting. Hal ini karena semua bisnis, perusahaan dan instansi bergantung kepada IT, atau disebut dengan IT Service Management (ITSM). Penggunakan IT yang sangat tinggi inilah yang akhirnya membuat semua beralih menggunakan aplikasi helpdesk berbasis cloud.

Salah satu produk yang kami tangani mendapatkan momentum terbaik di masa pandemi adalah FreshService, aplikasi ITSM berbasis cloud.

Inilah yang akan kami sharingnya pada tanggal 19 Jan 2023, di webinar bertajuk Migrate Your Helpdesk To FreshService.

Saya dan Yuri akan sharing tentang tip dan trik migrasi aplikasi helpdesk yang mungkin tadinya di server onpremise, pindah ke aplikasi FreshService.

Silahkan mendapatkan akses ke webinar ini dengan mendaftarkan diri di https://bit.ly/Freshservice19Jan23

Kami nantikan kehadiran anda, para Digital Transformation Captain untuk belajar dan berdiskusi bersama.

Sumber : https://www.linkedin.com/pulse/mengapa-helpdesk-lebih-mudah-di-cloud-fanky-christian

loading...