Jakarta, Biskom– Sebagai salah satu faktor utama penggerak ekonomi Indonesia, pertumbuhan UMKM yang signifikan menjadi kunci penting. Di era digital seperti saat ini, program digitalisasi UMKM menjadi fokus utama, karena hal itu akan memudahkan perusahaan-perusahaan startup, kecil dan menengah di Indonesia untuk tumbuh semakin kompetitif serta mampu bersaing di pasar global yang semakin ketat.

Oleh karenanya, salah satu hal yang menjadi fokus APJATEL (Asosasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi) adalah pengembangan jaringan telekomunikasi di lebih banyak area di Indonesia. Tak hanya itu, selaras dengan program pemerintah yakni program Digitalisasi UMKM Indonesia, APJATEL turut mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia. Diketahui, tema halal bihalal Apjatel adalah Bangun Kebersamaan dan Memperkuat Silaturahmi. Selain menjadi momen silaturahmi antar seluruh anggota, acara ini juga bertujuan untuk membangun sinergi demi memperkuat misi dan komitmen APJATEL dalam mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia.

“Kegiatan ini sengaja kita hadirkan untuk menyapa dan mendukung UMKM dengan cara menyediakan services dan layanan, khususnya dari segi digital dan jaringan telekomunikasi yang bertujuan untuk menggerakan ekonomi kreatif kita, ” ujar Ketua Umum APJATEL, Jerry Mangasas Swandy pada acara Halal Bihalal APJATEL di Thamrin 10 , Jakarta Rabu (10/5). Menurut dia, ada beberapa tantangan dalam percepatan cakupan fiber optik di Indonesia. Misalnya saja, sejumlah wilayah yang masih membebankan biaya sewa jaringan.

Dalam realisasinya, APJATEL terus membangun sinergi dan melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah pusat maupun daerah, para pelaku bisnis, institusi dan lembaga terkait, dan tentunya pengusaha di sektor telekomunikasi fixed broadband dan fiber optik, dalam mewujudkan program Digitalisasi UMKM di Indonesia.

Saat ini aja, tercatat baru 30% wilayah Indonesia yang telah tercakup oleh jaringan fiber optik. Hal ini yang kemudian menjadi motivasi bagi APJATEL untuk terus melakukan langkah percepatan perluasan jaringan di lebih banyak wilayah di Indonesia, yang diharapkan dapat mengakselerasi pertumbuhan UMKM di berbagai wilayah, sehingga seluruh UMKM dapat memiliki peluang dan kesempatan yang merata untuk tumbuh dan berkembang. Hal ini sejalan dengan salah satu tujuan kerja APJATEL, yaitu mendukung terciptanya peluang bisnis pengusaha Indonesia termasuk UMKM, melalui penyediaan sarana informasi dan komunikasi globaL