BISKOM, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaprekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi “RRQ MABAR High School Competitions” yang memberikan panggung bagi pelajar tingkat sekolah menengah untuk mengembangkan diri di industri kreatif.

Menparekraf Sandiaga Uno saat “The Weekly Brief With Sandi Uno” di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (24/7/2023) menjelaskan para pemenang kompetisi, termasuk pelajar dan guru, mendapatkan hadiah untuk berangkat ke Singapura agar bisa belajar dan studi banding mengenai industri kreatif di negeri tetangga.

“Semoga ilmu dan pengalaman yang didapatkan bisa menginspirasi untuk mengembangkan diri di bidang industri kreatif di Indonesia. Harapannya tim RRQ dapat terus konsisten untuk mendukung anak-anak berkarya,” kata Sandiaga.

Tim RRQ adalah tim e-sport yang paling banyak ditonton kedua di dunia. Selain e-sport sebagai kompetisi utama, RRQ MABAR mulai memperluas kategori kompetisinya, mulai dari kompetisi content creator dan cerdas cermat yang dikemas seperti quiz show populer.

Direktur RRQ MABAR Aziz Hasibuan menceritakan latar belakang hadirnya RRQ MABAR High School Competitions. Sebelumnya tim RRQ sudah melakukan banyak survei. Dan dari berbagai macam survei itu ada lebih dari 50 persen anak muda dari kalangan generasi Z yang bermain gim di Indonesia. Sementara secara problematika sehari-hari masih ditemukan adanya perlawanan terhadap hobi main gim.

“Tapi di sisi lain ketika kami akhirnya mendalami lebih lanjut dan melakukan riset dengan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, ternyata bermain gim ketika dijadikan kompetisi itu justru bisa membantu anak muda untuk mengembangkan daya juang, itu salah satu hasil riset utamanya. Itulah yang membuat kami mengadakan kompetisi RRQ MABAR dan kami kembangkan ke area kreatif lain yaitu di content creator dan juga adu pengetahuan selain e-sport sebagai yang utama,” ujarnya.

Pemenang RRQ MABAR School Ambassador dari SMAN 81 Jakarta Aiko Valerina Daniel mengaku tidak menyangka keikutsertaannya dalam kompetisi ini bisa memberikan banyak sekali pengalaman berharga.

“Banyak sekali wawasan dan kesempatan baru yang saya tidak dapatkan sebelumnya termasuk juga bisa ditonton oleh jutaan views. Saya juga enggak sabar untuk bisa belajar dan jalan-jalan ke Singapura besok. Semoga bisa membuat saya semakin paham apa yang ingin saya fokuskan kalau ingin menjadi konten kreator,” ujarnya.

Bagi para pelajar, pada pertengahan Agustus 2023, RRQ MABAR akan diselenggarakan kembali. Pelajar dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menyalurkan minatnya di industri kreatif dengan turut serta menjadi peserta dalam ajang itu. Untuk mendaftar, pelajar sekolah menengah di Indonesia bisa mendapatkan informasinya di instagram @rrq_mabar

Turut hadir dalam WBSU, para pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf.

I Gusti Ayu Dewi Hendriyani
Kepala Biro Komunikasi
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (Juenda)