BISKOM, Jakarta – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) resmi menjalin kerja sama dalam bidang riset dan inovasi. Kamis, 3 Agustus 2023.

Kerja sama dilakukan untuk menciptakan solusi produk dan layanan jasa yang berkelanjutan ini.

Kedua pihak juga sudah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU).

Kolaborasi antara SIG dan BRIN meliputi kegiatan riset untuk menciptakan inovasi produk semen dan turunannya yang bersifat aplikatif.

Selain itu, kerja sama ini juga mencakup pemanfaatan bersama fasilitas sarana dan prasarana sesuai dengan kegiatan riset, advokasi kebijakan untuk melaksanakan pembangunan berkelanjutan, dan memberikan solusi produk dan jasa yang mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Inisiatif kerja sama ini sejalan dengan Pilar Keberlanjutan SIG untuk Mendorong Solusi dan Inovasi Berkelanjutan.

Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko menyatakan pengembangan produk berbasis riset penting untuk dilakukan untuk meningkatkan nilai tambah suatu produk.

Laksana Tri Handoko menegaskan bahwa BRIN siap memberikan dukungan dalam bentuk fasilitas infrastruktur yang dibutuhkan hingga penyediaan sumber daya manusia.

Selain itu, BRIN juga dapat memfasilitasi produk yang telah diproduksi dan dikembangkan untuk masuk ke katalog inovasi.

“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semuanya dari para pelaku usaha yang telah berkenan untuk bekerja sama dengan kami di BRIN,” kata Laksana Tri Handoko.

Sementara itu, Direktur Utama SIG, Donny Arsal mengatakan, sebagai perusahaan BUMN, pihaknya berkomitmen untuk menjalankan amanat dari pemerintah.

Komitmen ini salah satunya dilaksanakan melalui upaya dekarbonisasi dalam praktik bisnis Perusahaan yang tercakup dalam sustainability road map SIG.

“Untuk mengakselerasi capaian dekarbonisasi, SIG tentunya membutuhkan kolaborasi dengan berbagai pihak yang relevan, termasuk BRIN,” tutur Donny.

Baca Juga: Terus Tunjukkan Kinerja Positif, PHM Catat Rekor Pengeboran Sumur di Wilayah Mahakam

“SIG ingin terus berkontribusi melalui solusi dan inovasi berkelanjutan untuk memberi nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan.”

“Selain itu, SIG juga mendukung tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs),” lanjutnya.

Menurut Donny, SIG telah membuktikan kinerja keberlanjutan berbasis Environmental, Social, and Governance (ESG) pada tahun 2022, dengan diraihnya penghargaan PROPER Emas oleh Pabrik PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Cilacap.

Sementara Pabrik SIG lainnya mendapatkan penghargaan PROPER Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). (Juenda)