BISKOM, Jakarta – Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak di Gerbang Tol Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat pada Jumat, 4 Agustus 2023. Presiden menyebut ruas tol sepanjang 11,9 kilometer tersebut sudah selesai dibangun dan siap untuk dioperasikan.

“Alhamdulillah pada hari ini Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 kilometer sudah selesai dan siap dioperasikan,” ujar Presiden dalam sambutannya.

Presiden berharap ruas tol yang dibangun dengan anggaran Rp3,2 triliun tersebut dapat mempersingkat waktu tempuh dari Jakarta ke Sukabumi. Selain itu, jalan tol tersebut juga dapat mempermudah akses menuju sejumlah tempat wisata di sekitar Sukabumi, di antaranya Pelabuhan Ratu, Geopark Ciletuh, Ujung Genteng, hingga Gunung Gede.

“Yang sebelumnya dari Jakarta kalau ke Sukabumi itu memakan waktu sampai 5 jam, kadang bisa sampai 6 jam, sekarang dengan adanya jalan tol ini hanya kurang lebih 2,5 jam,” ungkap Presiden.

Tidak hanya itu, Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak juga diyakini dapat mempercepat mobilitas orang dan barang sehingga meningkatkan jumlah investasi di Provinsi Jawa Barat. Menurut Presiden, berdasarkan hasil survei, infrastuktur jalan tol di Jawa Barat menjadi alasan utama bagi para investor untuk berinvestasi di Jawa Barat.

“Provinsi Jawa Barat menduduki ranking yang pertama untuk investasi, alasannya yang pertama jalan-jalan tol yang ada di Provinsi Jawa Barat itu yang paling banyak dibangun,” ucap Presiden.

Turut mendampingi Presiden dalam peresmian tersebut adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri. (Juenda)