Bitung, BISKOM – Melewati proses yang panjang, akhirnya organisasi kepemudaan anak-anak muda asal daerah atau suku Gorontalo resmi terbentuk.

Organisasi kepemudaan ini diberi nama “Pemuda Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo” (PKKIG), dan pertama dibentuk di Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Dari beberapa kali melakukan pertemuan dan diskusi, pemuda Gorontalo yang berkiprah di Kota Bitung ini langsung berkoordinasi dengan pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) KKIG Kota Bitung.

Ketua DPC KKIG Kota Bitung yang dipimpin Kasman Uno, merespon baik atas terbentuknya organisasi kepemudaan tersebut. Menurutnya, pemuda Gorontalo yang ada didaerah maupun dirantau perlu bersatu dalam membangun wadah organisasi seperti ini, sebagai ajang belajar dan silaturahmi antar sesama.

“Dalam melestarikan adat dan budaya daerah Gorontalo, maka perlu untuk membangun organisasi kepemudaan seperti ini, agar pemuda Gorontalo kelak bisa menjadi penerus yang tidak hanya paham, namun tau akan segala hal tentang daerah tercintanya,” ujar Aya sapaan Kasman Uno.

Tak hanya itu, Uno juga menyampaikan, Pemuda KKIG harus menjaga semboyan Gorontalo yang berbunyi, “Aadati hula-hula to Sara’, Sara’ hula-hula to Kuru’ani, yang artinya,(Adat bersendikan Syara’, Syara’ bersendikan Al-Quran).

“Untuk Pemuda KKIG kiranya bisa mengimplementasikan semboyan atau filosofi Gorontalo ini dalam bermasyarakat. Dimana menjadikan ajaran Islam sebagai satu satunya landasan atau pedoman tata pola perilaku dalam berkehidupan,” terang Uno menasehati.

Atas restu dari Ketua DPC KKIG Kota Bitung dan juga DPP KKIG, maka para Pemuda KKIG langsung menyusun dan merampungkan kepengurusan. Olehnya, pada Minggu (20/08/2023) diselenggarakanlah rapat untuk mematangkan segala persiapan pelantikan yang rencananya akan digelar pada tanggal 27 Agustus 2023 akhir minggu ini.

Sementara itu, Anwar Hogi, Ketua Pemuda KKIG Kota Bitung yang dipilih kepada media menyampaikan, sangat berterimakasih kepada Ketua DPC KKIG Kota Bitung dan juga DPP KKIG serta seluruh pemuda Gorontalo yang telah tergabung dalam Pemuda KKIG sudah mempercayakan dirinya untuk memimpin jalannya roda organisasi kepemudaan ini.

“Dengan telah rampungnya rapat persiapan pelantikan Pemuda KKIG, semua pengurus dan anggota kiranya bisa mempersiapkan diri untuk menuju pelantikan. dan harapan kami juga semoga hasil rapat yang dibahas bisa berjalan sesuai rencana,” jelas Anwar. (ZKL)