BISKOM, Jakarta – Menyambut Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) yang diperingati setiap tanggal 17 September, Kementerian Perhubungan meluncurkan tema dan logo Harhubnas Tahun 2023. jakarta 25/08/2023.

Tema Harhubnas pada tahun ini adalah “Melaju Untuk Transportasi Maju”. Menhub menjelaskan, tema ini sangat relevan dengan visi Indonesia Emas 2045 yang dituntut untuk terus melakukan perbaikan, mengakselerasi pembangunan dan meningkatkan pelayanan.

“Tema ini juga sejalan dengan semangat Kemerdekaan Indonesia, yang diharapkan dapat menginspirasi dan memberikan dorongan kepada kita para insan transportasi. Bahwa kita harus terus belajar dan semangat untuk maju,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Kantor Pusat Kemenhub, Jakarta, (22/8).

Selain tema, Kemenhub juga meluncurkan logo Harhubnas 2023 “Segitiga Ungu Dengan Arah Panah Ke Atas”. Simbol panah adalah simbol melesat dan tepat sasaran dengan arti pembangunan sektor transportasi tidak hanya harus cepat, tapi juga harus tepat sasaran.

Tidak hanya dibangun atau jadi, tapi juga harus memberikan manfaat nyata bagi Masyarakat. Warna ungu adalah simbol tekad dan kesungguhan. Artinya, harus melayani masyarakat dan mengabdi kepada negara dengan setulus hati.

Lebih lanjut Menhub mengungkapkan, peringatan Harhubnas bukan ajang hura-hura dan berfoya-foya. Menhub berpesan agar momentum ini dapat dimanfaatkan untuk memperkuat kolaborasi para insan transportasi di seluruh Indonesia.

“Mari kita semangat untuk bekerja lebih keras lagi untuk melayani masyarakat dan memajukan transportasi Indonesia,” tutur Menhub.

Sebagai informasi, dalam rangka memperingati Harhubnas, Kemenhub menyelenggarakan 3 (tiga) kegiatan utama, yang menjadi rangkaian kegiatan yaitu Acara Puncak pada 17 September 2023, Pameran dan Travel Fair di Jakarta, serta Fun Run 5K & 10K di Surabaya.

Turut hadir dalam acara ini Sekretaris Jenderal Kemenhub Novie Riyanto, Inspektur Jenderal Kemenhub Arif Toha, Plt Dirjen Perhubungan Laut Capt. Antoni Arif Priadi, Dirjen Perhubungan Udara Maria Kristi, Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal dan sejumlah perwakilan BUMN perhubungan. (Juenda)