DiĀ era digital yang semakin berkembang pesat seperti sekarang ini, banyak hal yang menjadi lebih mudah dan praktis, termasuk dalam hal keuangan. Salah satu kemajuan yang signifikan adalah munculnya bank digital atau sering disebut dengan bank online.

Bank digital ini memungkinkan kita untuk melakukan berbagai transaksi perbankan secara online tanpa harus datang ke kantor cabang fisik. Bandingkan rekening bank digital di sini.

Mengapa Memilih Bank Digital Khusus untuk Uang Traveling?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara menabung di bank digital khusus untuk uang traveling, penting untuk memahami mengapa jenis bank ini menjadi pilihan yang menarik bagi para traveler. Beberapa alasan mengapa bank digital khusus untuk uang traveling layak dipertimbangkan adalah:

1. Kemudahan Akses

Bank digital memungkinkan akses 24/7 melalui aplikasi atau situs web, sehingga Anda dapat mengatur keuangan Anda kapan saja dan di mana saja selama perjalanan.

2. Biaya Lebih Rendah

Beberapa bank digital khusus traveling menawarkan biaya transaksi yang lebih rendah atau bahkan tanpa biaya tertentu, yang dapat menghemat uang Anda selama perjalanan.

3. Konversi Mata Uang Otomatis

Bank semacam ini seringkali menawarkan konversi mata uang otomatis dengan kurs yang kompetitif, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang fluktuasi nilai tukar yang merugikan.

4. Fitur Keamanan

Bank digital sering dilengkapi dengan fitur keamanan seperti autentikasi dua faktor, pemantauan transaksi real-time, dan kemampuan untuk dengan cepat membekukan akun jika kartu hilang atau dicuri.

5. Pilihan Kartu Debit Multivaluta

Beberapa bank digital khusus traveling menawarkan kartu debit multivaluta yang memungkinkan Anda menyimpan berbagai mata uang dalam satu akun, sehingga sangat cocok untuk perjalanan lintas negara.

Cara Menabung di Bank Digital Khusus untuk Traveling

Berikut adalah langkah-langkah untuk menabung di bank digital khusus untuk uang traveling:

  1. Pilih Bank yang Tepat: Lakukan riset untuk menemukan bank digital yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Periksa fitur, biaya, dan layanan yang ditawarkan oleh masing-masing bank.
  2. Unduh Aplikasi atau Buka Situs Web: Setelah memilih bank, unduh aplikasi mobile resmi atau buka situs web mereka melalui perangkat Anda.
  3. Buat Akun: Daftar dan buat akun di bank digital tersebut. Anda mungkin perlu memberikan informasi pribadi dan dokumen identifikasi sesuai persyaratan bank.
  4. Verifikasi Akun: Lakukan verifikasi akun sesuai instruksi bank. Ini mungkin melibatkan proses seperti mengunggah foto identifikasi dan mengisi informasi tambahan.
  5. Setor Dana: Setelah akun terverifikasi, Anda dapat melakukan setoran dana ke akun bank Anda. Beberapa bank mungkin memiliki batas minimum setoran.
  6. Pilih Jenis Tabungan: Pilih jenis tabungan yang sesuai dengan tujuan Anda, misalnya tabungan berbasis mata uang tertentu atau tabungan multivaluta.
  7. Kelola Tabungan: Gunakan fitur-fitur yang disediakan oleh bank untuk mengelola tabungan Anda. Anda bisa menambah atau mengambil dana, melacak transaksi, dan memantau saldo melalui aplikasi atau situs web.
  8. Gunakan Kartu Debit: Jika bank menawarkan kartu debit, minta dan aktifkan kartu tersebut. Anda dapat menggunakannya untuk transaksi di berbagai negara dengan mudah.
  9. Manfaatkan Fitur Tambahan: Beberapa bank digital khusus traveling juga menawarkan fitur tambahan seperti asuransi perjalanan, diskon untuk mitra tertentu, atau cashback untuk transaksi tertentu.

Bank digital khusus untuk uang traveling adalah solusi yang praktis dan efisien bagi para traveler dalam mengelola keuangan mereka selama perjalanan. Dengan fitur-fitur seperti akses mudah, biaya rendah, dan kartu debit multivaluta, bank semacam ini dapat membantu Anda menghemat waktu dan uang serta menjaga keamanan keuangan Anda. Beberapa rekomendasi bank digital gratis dan dilengkapi berbagai fitur menarik, seperti WISE dan Jenius.

Sebelum memilih bank digital, pastikan untuk melakukan riset menyeluruh dan memahami semua fitur dan biaya yang terkait. Dengan pemahaman yang baik, Anda dapat mengoptimalkan manfaat dari bank digital khusus untuk uang traveling dan menjadikan pengalaman perjalanan Anda lebih lancar dan menyenangkan.

loading...