Disaksikan secara langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, M.A, Ph.D., V2 Indonesia bersama APTIKNAS hadirkan platform komunikasi hologram yang pertama di tanah air sekaligus jadi bukti bahwa perusahaan ini selalu terdepan dalam menerapkan beragam teknologi terkini guna mewujudkan penerapan smart city.

BISKOM, Jakarta, 07 September 2023 – V2 Indonesia yang berfokus pada pelopor digital teknologi terdepan (Leading Tech Provider) kembali menunjukkan esksistensi diri dengan berkolaborasi dan menunjukkan serangkaian teknologi terkini dalam gelaran Pameran dan Forum Teknologi Terpadu – Integrated Technology Event (ITE) 2023 yang digelar di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta pada 30 Agustus 2023 sampai dengan 1 September 2023 yang lalu.

Gelaran ITE kali ini mengintegrasikan sektor pendukung Smart City mulai dari pengelolaan air bersih, pengelolaan limbah, pengelolaan sistem keamanan, proteksi kebakaran, dan sistem transportasi cerdas ke dalam berbagai pameran kegiatan, seperti Indo Water, Indo Waste, Indo Renergy, Indo Security, Indo Firex, dan Indonesia International Smart City 2023 Expo & Forum (IISMEX).

Dibuka secara resmi oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tito Karnavian, ITE 2023 merupakan hasil kolaborasi Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan bersama PT Napindo Media Ashatama (Napindo) dan Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (APTIKNAS), yang secara khusus fokus mendukung IISMEX 2023 dengan mempelopori penerapan Smart Nation dengan konsep membangun 6 pilar technology, yakni  Smart City, Cloud Computing, Artificial Intelligence, CyberSecurity, BlockChain, dan Hardware. Hal tersebut dilakukan untuk melengkapi berbagai ragam solusi informasi, teknologi dan bisnis untuk pengembangan Smart City di Indonesia.

Nandyan Banyu Biru, Chief Marketing Officer V2 Indonesia didampingi Soegiharto Santoso memberikan penjelasan tentang produk platform komunikasi hologram kepada Mendagri Tito Karnavian.

Dalam kegiatan tersebut Mendagri Tito Karnavian secara khusus mengunjungi stan V2 Indonesia yang bersama APTIKNAS menghadirkan platform komunikasi hologram pertama di tanah air sekaligus jadi bukti bahwa V2 Indonesia selalu terdepan dalam menerapkan beragam teknologi terkini guna mewujudkan penerapan smart city. Teknologi tersebut adalah Proto Hologram yang menciptakan pengalaman video volumetrik yang realistis dalam resolusi 4K, yang dapat digunakan dalam kegiatan bisnis, pendidikan, hiburan, kesehatan, ritel, dan telekomunikasi.

Proto sendiri telah menjadi berita utama global bagi para eksekutif, atlet, penghibur, pendidik, dan seniman di seluruh dunia untuk menjalin hubungan yang lebih dalam, sambil menghemat waktu dan uang, serta mengurangi kerusakan karbon. Proto adalah perangkat hologram portabel pertama plug & play, berukuran manusia dan yang terbaru Proto juga merilis Proto M yang memiliki desain yang lebih ringkas dan membuatnya mudah disandingkan di atas perangkat meja kantor atau di ruang kerja di rumah Anda. Sebelumnya V2 Indonesia sendiri telah memperkenalkan teknologi ini kepada market Indonesia pada Oktober 2022.

Gensly Bachtiar, Rudi Hidayat, Soegiharto Santoso dan Fanky Christian selaku Sekjen APTIKNAS foto bersama di booth V2 Indonesia.

Analis Ahli Madya Perkotaan Ditjen Bina Administrasi Wilayah Kemendagri, Gensly Bachtiar mengatakan, kolaborasi dengan seluruh stakeholder dalam pengelolaan perkotaan cerdas yang dikenal dengan smart city berguna untuk meningkatkan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. “Salah satu elemennya adalah pengunaan teknologi. Kolaborasi ini sejalan dengan regulasi PP 59 Tahun 2022 tentang perkotaan,” ujar Gensly. Lebih lanjut dikatakan, pengelolaan perkotaan tentunya dapat bekolaborasi dengan dunia usaha dalam hal pengunaan teknologi.

Rudi Hidayat CEO V2 Indonesia menambahkan, “V2 Indonesia bersama APTIKNAS bangga dapat memperkenalkan teknologi hologram ke sektor pemerintahan. Diharapkan teknologi ini mampu memberikan manfaat untuk kebutuhan pemerintahan kedepannya. Dengan Proto, segala kebutuhan komunikasi memiliki kemampuan mendengar, melihat, dan berinteraksi dengan tampilan visual yang lebih ‘nyata’. Proto sendiri dapat digunakan di berbagai bidang seperti periklanan, komunikasi, pendidikan, dan lainnya. Brand dapat menggunakan Proto Epic dan Proto M sebagai sarana bagi mereka untuk mengadakan product showcase dan aktivasi pop-up dengan menghadirkan content yang lebih menarik dan kreatif.”

Gensly Bachtiar, Rudi Hidayat dan Soegiharto Santoso melakukan uji coba produk Proto hologram di booth V2 Indonesia.

Sementara Ketua Umum APTIKNAS Soegiharto Santoso mengaku bangga atas produk-produk teknologi yang dipasarkan oleh perusahaan V2 Indonesia. “Saya sangat bangga dan terhormat menjalin kerjasama dengan perusahaan V2 Indonesia. Terlebih Pak Rudi Hidayat berkenan membantu menjadi pengurus APTIKNAS dan beliau menjabat sebagai Ketua Komtap Smart City, sehingga sangat selaras antara jabatan dan bisnisnya mengembangkan smart city di Indonesia.”

Selain teknologi hologram, V2 Indonesia juga mempresentasikan produk unggulan untuk keperluan command center dan ruang meeting. Di area command center, V2 Indonesia mempresentasikan teknologi terbaru dari brand LED terkemuka yaitu Unilumin. Selaku distributor Unilumin di Indonesia, V2 Indonesia menghadirkan LED display terbaru yaitu UMiniIII Pro P0.9. UMini III pro adalah produk teknologi terkemuka yang di desain secara khusus. Produk ini dapat menghasilkan gambar sebening kristal, pengalaman menonton yang nyaman dengan desain yang minimalis dan kinerja perlindungan yang tinggi, yang memungkinkan para pengguna untuk memakainya di kegiatan sehari-hari.

Tidak hanya LED display dari Unilumin, pengunjung juga dapat melihat variasi LED display untuk kebutuhan retail, creative, dan berbagai kebutuhan teknologi di sektor lainnya. Sementara di area ruang meeting, pengunjung disuguhkan dengan teknologi untuk kebutuhan ruang meeting seperti Hisense GoBoard, kamera Kandao 360 Pro, dan produk-produk unggulan lainnya. (Juenda)

Arikel Terkait:

APTIKNAS Dukung Event Integrated Technology Event (ITE) 2023

APTIKNAS Siap Fasilitasi 18 Perusahaan Asal Moscow Masuk Indonesia

APTIKNAS dan Skolkovo Foundation Asal Rusia Tandatangani MoU

Kementerian Perindustrian Sukses Gelar Indonesia 4.0 Conference & Expo 2023

Peluncuran National Cybersecurity Connect 2023 Untuk Solusi Keamanan Cyber

Sasar Pengusaha Indonesia, Pameran IEAE, IBTE, IGHE 2023 Resmi Bergulir

loading...