BISKOM, Maluku – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengungkapkan bahwa PT Pertamina (Persero) tidak sendiri dalam mengambil alih hak partisipasi 35% Blok Gas Masela di Maluku, yang semula dimiliki oleh Shell.

SMK Migas Saumlaki Kabupaten Kepulauan Tanimbar saat ini telah didirikan di Tanimbar sebagai lembaga pendidikan untuk mendorong penyiapan sumber daya manusia khususnya bagi proyek strategi nasional Blok Masela yang akan datang.

Sesuai pengamatan bahwa untuk penyiapan SDM di bidang Migas bagi proyek Blok Masela, memang lebih diutamakan untuk masyarakat Tanimbar untuk itu perlunya ada sekolah kejuruan terkait Migas di Tanimbar. Oleh karena itu, SMK Migas merasa bertanggung jawab untuk bersama-sama dengan lembaga pendidikan vokasi lainnya, untuk menyediakan SDM yang unggul di bidang Migas.

Langkah ini merupakan salah satu langkah untuk menyiapkan dan pengembangan kurikulum di bidang Migas. Disatu sisi Kurikulum yang akan dikembangkan itu harus sesuai dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Sebab itu adalah hakekat dari sebuah kurikulum bagi pendidikan untuk menyiapkan SDM yang di dalamnya ada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK Migas).

Selain tentang kurikulum, SMK Migas Saumlaki siap menjadi wadah untuk mengembangkan pengetahuan serta penguatan kapasitas SDM bagi generasi Kepulauan Tanimbar. Dan salah satu keunggulan dari SMK Migas Saumlaki yaitu guru dari SMK Migas Saumlaki sendiri bisa membawahkan materi, serta untuk prakteknya dilakukan melalui cara menjalin kerjasama dengan pertamani Saumlaki dan SPBU yang ada di Tanimbar guna menambah pengetahuan bagi siswa SMK Migas untuk hal perminyakan.

Menurut salah satu guru yang mengajar pada SMK Migas, mengatahkan bahwa berdrinya SMK Migas Saumlaki di Tanimbar akan menjadi tempat untuk meningkatkan kompetensi siswa SMK dalam artian generasi Tanimbar, baik melalui skema praktek maupun juga dengan skema lainnya.

Baginya, hadirnya SMK Migas ini sangat penting untuk memacu generasi agar mempersiapkan SDM mereka untuk bisa bekerja pada saat Blok Masela ini beraoprasi. Tutup (Jams)