BISKOM, Jakarta – Pada tanggal 26 oktober 2023 dimulainya penayangan Film SARANJANA: KOTA GHAIB di Bioskop bioskop seluruh Indonesia. Selain di Indonesia, Film Saranjana: Kota Ghaib juga akan tayang di luar negeri, khususnya Asia Tenggara mulai 16 November 2023 di Negara Malaysia, Singapore, dan Brunei Darussalam. Saranjana menjadi film yang sangat di tunggu-tunggu karena memiliki

konsep yang menarik, hingga beberapa kali menjadi trending di X (twitter) dan media sosial Tiktok.

Saranjana sendiri adalah kota ghaib yang sering viral di media sosial. Kota ini menurut warga Kalimantan, khususnya Kalimantan Selatan berada didaerah Kotabaru. Kota ini digambarkan memiliki paradaban yang maju dan modern. Selalu tidak ada habisnya kalau membahas tentang kota ghaib ini karena membuat banyak orang penasaran. Rumah produksi DHF Entertaiment mengangkat urban legend ini kelayar lebar dengan Judul “Saranjana: Kota Ghaib”. Genre film ini adalah Horor Petualangan, dimana sepanjang film, penonton akan dibawa berpetualang di bumi Kalimantan. Ini juga menjadi film horor pertama yang berlatar belakang budaya Kalimantan dan hampir 9596 lokasi pengambilan gambar di lakukan di Kalimantan.

Film Saranjana menjadi debut Johansyah Jumberan duduk sebagai sutradara. Sebelumnya berada dibelakang layar sebagai Produser dan Penulis skenario. Beberapa judul skenario yang pernah di tulis adalah catatan akhir kuliah, The chocolate chance, dan memproduseri lebih dari 5 film layar lebar. Johansyah jumberan juga pernah mendapatkan nominasi FFI 2015 sebagai Penulisan Skenario Adaptasi untuk film Catatan Akhir Kuliah.

Film Saranjana di bintangi oleh Adinda Azani, Lutfi Aulia, Irzan Faig, Betari Ayu, Ajeng Fauziah, Gusti Gina, Mouris Sam, Alvaro Axela, M. Adhiyat, Achmad Pule, Caseli Vellis dan Ananda George. Di film ini juga banyak terlibat actor lokal kalimantan Selatan yang juga mengambil peran penting seperti Putri Intan Kasela, Fauzi Rahman, Acil Imas, M. Sajad dan Dhiki Sinanang.

Belum lengkap kalau sebuah film tidak memiliki Original Soundtrack (OST), OST Film Saranjana: Kota Ghaib diberi judul “SARANJANA” di ciptakan oleh JEFBanjar sebuah band lokal asal Kalimantan Selatan. Ada beberapa lagu juga yang juga jadi scoring di film , totalnya ada sekitar
4 lagu, 3 judul berbahasa banjar seperti Saranjana, Japin, Dalas dan 1 judul berbahasa inggris berjudul King & Oueen.

Film Saranjana:Kota Ghaib akan membuka gerbangnya pada tanggal 26 Oktober 2023 di Seluruh bioskop Indonesia.
( Reporter Eko Wisanto )