BISKOM, Jakarta – Kabupaten Tanah Bumbu, H.Habib Umar Al- Idrus.SM, mengatakan” Desa merupakan bagian penting dari kehidupan masyarakat Indonesia, namun selama ini banyaknya desa yang minim dan tidak tertib dalam hal pembangunan dan teknologi, karena penerapan teknologi di desa sangatlah penting dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat pedesaan ” Jum’at 10 Nopember 23.

Dikatakannya Desa yang berdaya guna teknologi dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakatnya, yang mana salah satunya adalah meningkatkan akses informasi dan komunikasi, sehingga masyarakat desa mengikuti perkembangan zamanPerlu diketahui diera digitalisasi dunia pendidikan saat ini,semua orang pasti sudah tidak asing lagi dengan bahasa teknologi, terlebih pada saat ini dan seyogyanya Pemerintah harus sigap untuk mencari solusi terhadap tantangan pendidikan anak bangsa.

Lebih lanjut Ketua komisi II DPRD Kabupaten Tanah Bumbu Habib Umar Al-Idrus.SM. menjelaskan salah satu tantangan terbesar pendidikan Indonesia diera digital kini adalah kesenjangan akses terhadap teknologi, yang mana dalam hal ini tidak semua siswa memiliki akses yang sama terhadap teknologi, seperti komputer, laptop, dan internet, apa lagi terhadap desa yang tertinggal, sangat prihatin dan hal seperti ini akan menghambat mata pelajaran kepada siswa untuk belajar secara efektif.

Sebagai mana diketahui diera digitalisasi telah membawa perubahan yang sangat besar dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk di dunia pendidikan, karena pendidikan diera digital saat ini tidak lagi terbatas pada ruang dan waktu yang tentunya menghadirkan tantangan dan kebijakan baru bagi pendidikan di Indonesia.

Oleh karena itu,H.Habib Umar Al-idrus, yang mana dirinya sebagai Dewan DPRD akan berupaya untuk mengatasi tantangan pendidikan khususnya di kabupaten Tanah Bumbu, yang mana diera digital saat ini diperlukan kerja sama yang baik antara pemerintah dan sekolah juga masyarakat dan selain itu Pemerintah juga perlu menyediakan infrastruktur yang memadai untuk mendukung pembelajaran digital.

Dengan menyediakan infrastruktur yang memadai untuk mendukung pembelajaran digital, seperti komputer, laptop, dan internet, sebab sekolah sangat perlu untuk mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan selain itu guru juga sangat perlu dibekali dengan keterampilan untuk menggunakan teknologi dalam pembelajaran siswa agar dilatih dalam menggunakan teknologi secara bijak dan bertanggung jawab, juga masyarakat mendukung penggunaan teknologi pendidikan saat ini menjadi lebih baik di masa depan ” Ujarnya .H.Habib Umar Al-idrus.

berharap pendidikan di kabupaten Tanah Bumbu dalam menghadapi tantangan era digital dan menjadi lebih baik di masa depan untuk generasi bangsa, karena menurutnya desa berdaya teknologi adalah suatu konsep pengembangan desa yang mengutamakan penggunaan teknologi sebagai alat untuk memajukan desa, untuk mengusung inovasi dan kreativitas sebagai cara untuk mengubah desa menjadi lebih maju dan mandiri ” Tutupnya. (Juenda )