Perkembangan dunia IT memang selalu cepat, dan tanpa kita sadari kita telah memasuki tahun 2024. Bagaimana trend IT Infrastructure di tahun 2024? Ini adalah hasil pengamatan yang kami lakukan dalam group DCMG, dimana konsentrasi kami adalah terkait dengan IT Operation – IT Asset dan IT Service Management.

Pertama, Hybrid dan mutli-cloud. Banyak perusahaan telah menggunakan hybrid infrastructure. Perusahaan semakin meningkat menggunakan kombinasi dari on-premise, private cloud dan public cloud untuk IT Infrastructure mereka.

Dan untuk menyederhanakan, beberapa fungsi ditangani oleh hybrid infrastructure ini, seperti storage, server dan virtualisasi. Tidak hanya itu sekarang network pun kita mengenal virtual network dan physical network.

Mengapa? Karena semua perlu fleksible, skalabilitas dan kemampuan untuk bisa menyesuaikan dengan beban (workload) yang ada.

Kedua, Edge Computing: Dengan semakin berkembangnya Internet of Things (IoT) yang memerlukan real-time data processing, maka Edge computing semakin berkembang juga. Ini sangat sesuai dengan kondisi jaringan Indonesia yang masih terkendala dengan ketersediaan jaringan dan bandwidth.

Ketiga, Integrasi AI dan ML dalam IT Infrastructure. Perkembangan AI yang pesat juga sangat mempengaruhi IT Infrastructure. AI dan ML memerlukan kecepatan tinggi untuk mendukung kemampuan pengolahan data guna predictive analytics, proses automation , dan meningkatkan keamanan. AI-driven analytics digunakan untuk memprediksi kesalahan hardware, meningkatkan performansi jaringan dan meningkatkan data management.

Keempat, Kerumitan dalam Cybersecurity. Dengan berkembangnya orang bisa bekerja secara remote dan terdistribusi, maka berkembanglah cybersecurity mesh architecture. Pendekatan arsitektur ini melakukan desentralisasi pengukuran , dan kontrol atas aset ke titik terdekatnya. Sehingga kemampuan seperti end point protection akan lebih diutamakan.

Kelima, Sustainable dan solusi Green IT . :Semua biacara “Sustainability IT” saat ini. Kami pun juga telah mendefinsikan “Better IT Infrastructure for Better World”. Maka kami sejak 2016 telah mempromosikan penggunaan cloud, efisiensi di data center (data center management), serta melakukan monitoring IT untuk menekan cost. Sekarang semua dunia bicara hardware yang lebih efisien, lebih hemat energi dan memiliki carbon footprint. Di data center juga sudah bicara penggunaan renewable energy.

Inilah semua hal yang harus menjadi perhatian kita bersama untuk mewujudkan dunia yang lebih baik.

Dengan penggunaan sistem monitoring tools, maka kita bisa lebih hemat, mengapa?

Karena semua dikontrol dan ada performansi. Suhu perangkat, suhu dan humidity ruangan dimonitor dengan ketat oleh data center infrastructure management (DCIM), sehingga penggunaan AC atau AC Presisi lebih tepat dan tidak boros energi. Performansi server, perangkat serta storage semua dimonitor oleh Network Monitoring System seperti Paessler AG PRTG. Bila anda punya infrastructure cloud, maka bisa menggunakan PRTG Hosted Monitor.

Semua setup basic akan kami ajarkan dalam kelas online 23 Jan 2024 ini, bersama Paulus ANW Waskito secara online via zoom. Download dahulu PRTG Network Monitor sebelum mengikuti kelasnya.

Online Class Untuk anda Via ZOOM Para Network Engineer yang ingin menggunakan produk PRTG Network Monitor.

Modul yg dipelajari :

  1. Instalasi PRTG SETUP
  2. Setup Admin PRTG
  3. Setup Device
  4. Setup Sensor
  5. Setup Alert

Durasi Class : 3 – 4 Jam

Peserta diharapkan mendownload terlebih dahulu Trial PRTG https://bit.ly/TrialPRTG521

Biaya Training : Rp. 150.000 ,-

Fasilitas : E-Sertifikat

Nantikan juga kegiatan pada tanggal 25 Jan 2024, yang kali ini diadakan di Bogor, bersama APTIKNAS DPD Bogor.

Silahkan melakukan reservasi apabila ingin hadir secara onsite.

Terakhir juga, 25 Jan 2024 jam 14, saya akan memandu diskusi bersama tim DCMM – Reza Hafids , Workshop JASATIK #1 5 IT Infrastructure Monitoring Trends.

Silahkan rekan2 yang mau hadir dalam kegiatan tersebut bisa mendaftar secara online: https://eventcerdas.mayar.link/event/5-it-infrastructure-monitoring-trends

Kami nantikan anda semua dalam kegiatan-kegiatan kami minggu ini. Salam sukses bersama tentu lebih mulia.