Panitia & Peserta Retret Hidupku Berharga foto bersama usai misa penutupan (21/04/2024)

BISKOM, Jakarta – Komunitas Doa dan Sabda St. Paulus (KDS St. Paulus) Jakarta telah selesai menyelenggarakan Retret dengan tema “Hidupku Berharga” pada Sabtu-Minggu, 20-21 April 2024 di Oakwood Hotel TMII, Jakarta.

Retret ini diikuti oleh 85 anak dari 5 Panti Asuhan yakni Panti Asuhan Vincentius Putra, Panti Asuhan Vincentius Putri, Panti Asuhan Desa Putra, Panti Asuhan Yayasan Sinar Pelangi dan Panti Asuhan Abhimata.

Hadir sebagai narasumber dalam Retret ini yakni Rm. Yohanes Aristanto, MSF, yang sekaligus menjadi Romo Moderator KDS St. Paulus Jakarta, Rm. Frans Kristi Adi, Pr yang saat ini bertugas sebagai Sekretaris Eksekutif Komisi Kepemudaan KWI, dan Regina Tresia Puspayanti S.

Materi yang disampaikan hendak menumbuhkan kesadaran kepada para peserta bahwa begitu besar kasih Allah Bapa kepada mereka sehingga mereka sangat layak dan berharga untuk dicintai. Selain itu ada pula berbagai permainan yang dikemas dalam outbond sehingga semakin menarik dan memudahkan peserta untuk memahami dan memaknai nilai-nilai yang hendak disampaikan dalam Retret ini.

Ketua Pantia Retret Hidupku Berharga, Vincent Suriadinata menjelaskan bahwa kegiatan retret ini bukanlah yang pertama kali diadakan oleh KDS St. Paulus Jakarta. “Sebelum pandemi covid-19 kami sudah beberapa kali mengadakan retret semacam ini dan tanggapannya sangat positif dari berbagai Panti Asuhan yang anak-anaknya mengikuti kegiatan ini. Hal ini mendorong Kami untuk kembali melayani dan mendampingi anak-anak agar mereka semua menyadari bahwa hidup mereka sangat berharga di mata Tuhan,” terang Vincent.

Vincent juga merasa bersyukur dan berterima kasih atas dukungan berbagai pihak yang telah mendukung kegiatan retret ini. “Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada teman-teman panitia, tim outbond, pihak Oakwood Hotel TMII, maupun para donatur yang dengan segala upayanya telah bekerja keras dan membantu pelaksanaan retret ini sehingga berjalan dengan baik dan lancar,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua KDS St. Paulus Jakarta, Regina Tresia Puspayanti S., menyampaikan Retret ini menjadi salah 1 program pelayanan yang dirancang oleh KDS St. Paulus Jakarta. “Dalam setiap bulan Kami selalu mengadakan kegiatan baik itu kunjungan ke Panti Asuhan, Ziarah ke Gua Maria, maupun mengadakan retret untuk anak-anak Panti Asuhan. Selain itu ada pula retret untuk para pendamping/pengasuh Panti Asuhan. Hal ini kami lalukan sebagai bentuk pelayanan dan wujud nyata cinta kasih kami khususnya kepada anak-anak Panti Asuhan dalam bentuk pengolahan hidup rohani,” papar Tresia.

Retret Hidupku Berharga ditutup dengan misa yang dipimpin oleh Vikep Kategorial Keuskupan Agung Jakarta, Rm. Edy Mulyono, SJ., bersama Rm. Yohanes Aristanto, MSF., dan Rm. Frans Kristi Adi, Pr. (red)