Ilustrasi - Seseorang yang mencoba VR. (Foto: Tagar/Unsplah/@xrexpo

Teknologi akan selalu berkembang mengikuti perkembangan zaman baik saat ini hingga masa depan. Di tahun 2022 ini bermunculan berbagai tren teknologi baru baik yang masih dikembangkan hingga sudah dipakai pada beberapa alat.

Baru satu bulan 2022 berjalan, namun masyarakat sudah mulai membentuk suatu tren teknologi di tahun ini. Tren teknologi ini adalah suatu bentuk upaya menciptakan teknologi yang dapat membantu pekerjaan manusia.

Saat ini masyarakat dunia secara tidak langsung dipaksa untuk melek teknologi dengan mengikuti perkembangan zaman. Lantas apa sajakah tren teknologi di tahun 2022 yang diperkirakan akan semakin menonjol?

1. Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning
Teknologi pertama yang diperkirakan akan menjadi trending di tahun 2022 adalah Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning.

Kedua teknologi ini memiliki keunggulan dalam pengenalan gambar dan ucapan, aplikasi navigasi, asisten pribadi smartphone, aplikasi berkendara, dan masih banyak lagi.

Selain digunakan oleh masyarakat AI juga telah banyak digunakan pada sektor industri teknologi mulai dari pemrograman, pengujian, dukungan dan pemeliharaan.

2. Otomatis Proses Robotik (RPA)
Teknologi selanjutnya adalah suatu perangkat lunak yang mampu bekerja secara otomatis untuk menafsirkan aplikasi, memproses transaksi, menangani data bahkan membalas email. Program kerja dan analisis yang dilakukan RPA terbilang sangat akurat dan juga cepat.

Namun teknologi ini akan menyingkirkan banyak pekerja manusia karena tidak bisa bersaing dengan robot dan kalah dalam efisiensi pekerjaan.

3. Teknologi 5G
Jika sebelumnya kekuatan jaringan dikenal dengan 3G dan 4G, namun sejak beberapa tahun terakhir teknologi internet 5G semakin terdengar.

5G diyakini memiliki berbagai keunggulan yang sangat signifikan dibandingkan teknologi terdahulunya. Teknologi 5G diharapkan dapat digunakan pada segala jenis bidang termasuk pabrik dan manajemen lalu lintas dengan cara kontrol pintar.

4. Internet of Thing (IoT)
Teknologi selanjutnya merupakan sebuah teknologi yang bisa mengerjakan sesuatu hal tanpa bantuan manusia. Suatu produk yang menggunakan teknologi ini umumnya dikenal dengan sebutan “smart” seperti smart kabel, smart grid sensor, dan smart meter.

5. Realitas Virtual dan Realitas Tambahan
Realitas virtual atau dikenal juga dengan virtual reality (VR) merupakan suatu teknologi yang sempat booming pada tahun 2021 kemarin. Tak hanya VR, Augmented Reality (AR) juga ikut berkembang karena merupakan suatu penyempurnaan yang dimiliki VR.

Umumnya kedua teknologi ini digunakan untuk bermain game, serta mengikuti pelatihan atau simulasi.

Sumber : https://www.tagar.id/5-tren-teknologi-yang-diperkirakan-booming-tahun-2022

loading...