Jakarta, Biskom- Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJII) dan PT Dinamika Raya Prima atau yang biasa dikenal dengan Biznet Data Center (BDC), anak perusahan Biznet yang fokus menyediakan layanan infrastruktur dan fasilitas data center, sepakat untuk melakukan kerja sama strategis dengan meluncurkan simpul Indonesia Internet Exchange (IIX) terbaru yang terletak di Biznet Technovillage Cimanggis dengan jarak 39 kilometer dari pusat Kota Jakarta.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian yang dilakukan oleh Ketua Umum APJII Muhammad Arif dan Direktur Biznet Data Center Dondy Bappedyanto di Hotel AYANA Midplaza, Jakarta, pada Kamis (31/3/2022).

Kolaborasi strategis ini menjadi tonggak pencapaian APJII bersama Biznet Data Center untuk mengusung simpul IIX pertama di luar Jakarta yang bertujuan untuk memperluas jangkauan dan percepatan konten digital bagi banyak pelanggan.

Muhammad Arif mengatakan, “Kami terus berupaya meningkatkan efisiensi interkoneksi antar anggota APJII, salah satunya dengan menjalin kerja sama dengan Biznet Data Center yang kami nilai sangat strategis untuk menjadi simpul Indonesia Internet Exchange (IIX). Kerja sama ini akan memberikan manfaat langsung bagi anggota APJII dan masyarakat dalam hal experience berinternet di era serba online.

Langkah APJII juga senada dengan salah satu topik utama Presidensi G20 Indonesia, yaitu transformasi berbasis digital. “Sebagaimana kita ketahui, akselerasi transformasi digital sangat bergantung pada infrastruktur Internet, yang mana Indonesia Internet Exchange (IIX) merupakan elemen ekosistem infrastruktur Internet yang vital. Penambahan simpul cakupan Indonesia Internet Exchange (IIX) akan mendorong peningkatan pemanfaatan akses Internet yang bagi masyarakat, khususnya dalam meningkatkan ekonomi digital Indonesia,” ungkap Arif.

Untuk memfasilitasi simpul terbaru IIX ini, Biznet Data Center telah mempersiapkan infrastruktur jaringan dengan kapasitas jaringan sebesar 100 Gbps yang akan terus dikembangkan kedepannya. Bila sebelumnya pelanggan perlu melakukan interkoneksi ke Gedung Cyber 1 di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, kini semakin dipermudah dengan hanya menghubungkan ke perangkat APJII-IIX yang sudah tersedia di Biznet Data Center, Technovillage Cimanggis. Kolaborasi ini juga membuat pelanggan terutama penyedia jaringan Internet, konten digital, serta cloud dan hosting untuk memiliki alternatif rancangan konektivitas dalam meningkatkan efisiensi serta menaikkan pengalaman penggunanya melalui kecepatan akses layanan digital berlatensi rendah.

Dondy Bappedyanto mengungkapkan, “Biznet Data Center berkomitmen untuk menghadirkan layanan interkoneksi yang terintegrasi sehingga mampu memenuhi kebutuhan ekosistem digital untuk mendukung berbagai segmen industri. Kami siap memfasilitasi kebutuhan seluruh anggota APJII untuk mendapatkan interkoneksi ke IIX di dalam Biznet Data Center tanpa biaya. Selain itu, kami juga memiliki jaringan antar data center dengan kapasitas hingga 1Gbps yang terhubung ke beberapa data center di Indonesia yang juga kami berikan gratis sebagai fasilitas bagi pelanggan.”

Pada tahun 2020, Biznet Data Center telah merampungkan peningkatan daya listrik hingga 6 Megawatts, guna menjawab kebutuhan penempatan data yang besar dan dinamis. Demikian juga dari sisi sertifikasi, Biznet Data Center telah mengantongi sertifikasi Tier III Facility dari Uptime Institute.

“Kerjasama dengan APJII ini merupakan langkah awal bagi Biznet Data Center untuk dapat mendukung percepatan transformasi digital di Indonesia. Kami telah memiliki rencana untuk membangun data center di beberapa kota sebagai edge data center yang akan memperkecil latensi dan mempercepat akses ke konten digital yang dibutuhkan oleh masyarakat di sekitar kota tersebut,” tutup Dondy.