Saat ini dunia menghadapi masalah-masalah serius akibat dari pemanasan global (global warming). Pemanasan global  merupakan fenomena peningkatan temperatur global dari tahun ke tahun karena terjadinya efek rumah kaca (greenhouse effect) yang disebabkan oleh meningkatnya emisi gas-gas seperti karbondioksida (CO2), metana (CH4), dinitrooksida (N2O) dan CFC sehingga energi matahari terperangkap dalam atmosfer bumi. Mengutip banyaknya literatur di media disebutkan bahwa kenaikan temperatur global, termasuk Indonesia, mencapai kisaran 1,5–40 Celcius pada akhir abad 21.

Pemanasan global mengakibatkan dampak yang luas dan serius bagi lingkungan bio-geofisik seperti pelelehan es di kutub, kenaikan muka air laut, perluasan gurun pasir, peningkatan hujan dan banjir, perubahan iklim, punahnya flora dan fauna tertentu, migrasi fauna dan menyebarnya hama penyakit yang meresahkan.

Sebagai bentuk kepedulian pada global warming, saat ini hampir semua vendor telah melakukan berbagai upaya untuk semakin meredam panasnya bumi melalui kampanye IT Green. Tak terkecuali Supermicro. Menjadi ketua dari Climate Savers Computing Initiative (CSCI) untuk wilayah Asia Pasifik, Supermicro telah menciptakan server-server hemat energi dan bermateri ramah lingkungan. Saat bertandang ke Indonesia, Dr. Tau Leng, General Manager, Corporate Marketing dan Solusi HPC (High Performance Computing) dari Supermicro membagi pengalaman dan pengetahuannya tentang solusi IT Green. Berikut petikan wawancara kami dengan pria asal Taiwan tersebut.

Dapatkah secara singkat Anda ceritakan tentang Supermicro dan awal mula kepedulian Supermicro pada global warming?

Supermicro sudah berdiri selama 15 tahun, dan sebagaimana Anda tahu, Supermicro sebagian besar fokus pada server solution, termasuk desain motherboard dan segala macam solusi  di dalam sistem perusahaan. Kami fokus pada kualitas tinggi, namun memiliki harga kompetitif.  Bersamaan dengan hal itu, sesuai dengan corporate social responsibility,  kami bersama negara-negara yang menggunakan solusi Supermicro memiliki misi untuk menyelamatkan lingkungan di bumi ini. Supermicro sendiri adalah ketua dari CSCI, sebuah organisasi nirlaba yang memfokuskan diri pada keselamatan lingkungan.
Apa persyaratan penting untuk para vendor agar produknya ramah lingkungan?
Salah satunya adalah menghemat TCD (Total Cost of Ownership), penggunaan komponen-komponen komputer yang hemat energi, sistem daya yang berefisiensi tinggi, kerapatan dari sistem komputer yang dioptimalkan, juga pemeliharaan dan pengaturan yang efektif.

Secara kongrit, apa yang dilakukan Supermicro untuk menyelamatkan bumi?

Pemanasan global mengakibatkan es di bumi ini mencair dan kalau ini berjalan terus, 8% es akan berkurang tiap 10 tahun. Dan akhirnya pada tahun 2060, es di bumi akan menghilang. Generasi kita mendatang akan menderita. Jika kita tidak melakukan sesuatu dari sekarang, pencairan es akan  mengakibatkan banyak negara tenggelam. Ini juga  diakibatkan oleh kendaraan bermotor, pembakaran oli, dan asap knalpot yang menghasilan banyak CO2. Salah satu penanggulangannya adalah dengan menanam pohon. Disisi  lain, kami memiliki solusi yang lebih efisien dari segi TI. Kami menawarkan produk yang lebih efisien dengan performance yang lebih tinggi. Teknologi server dari Supermicro telah membantu para pengguna untuk menghemat biaya pemakaian listrik yang cukup besar nilainya, dan pada saat yang sama mengurangi emisi CO2 untuk membantu konservasi lingkungan.

Sejauh ini bagaimana hasil dari  teknologi yang digunakan server Supermicro?

Tahun lalu saja, dengan efisiensi yang optimal dari sistem arsitektur, Supermicro berhasil mencapai efek dari 40,000 acre pepohonan yang dapat menghirup lebih dari 100.000 ton CO2 dari atmosfer. Salah satu server Supermicro, Super Blade telah meraih penghargaan sebagai produk yang ramah lingkungan berkat efisiensi catu daya (power supply) hingga 93 persen, yang dapat menghemat sampai UD$ 6,000 untuk pemakaian 3 tahun di Amerika. Semua orang dapat membantu menyelamatkan bumi, namun untuk mereka yang bergelut dalam dunia TI, cukup hanya  dengan menumbuhkan hutan maya dengan Supermicro.

Berapa tahun kah kira-kira kita membutuhkan waktu untuk menanggulangi global warming?

Isu global warming baru muncul sejak dua tahun lalu. Saya rasa progress-nya terjadi setiap hari. Kami sendiri tidak lagi menjual produk yang tidak efisien, tapi kenyataannya beberapa orang masih menggunakannya. Banyak produk yang menawarkan sistem asisten dengan harga murah tapi tidak efisien. Kita tidak dapat menargetkan kapan dapat terjadi global cooling, tapi kita harus bekerja keras untuk mencapai hal itu. Supermicro menargetkan hingga tahun 2010 mendatang, Supermicro dapat mengurangi penggunaan energi listrik pada komputer sebesar 50 persen dan mengkontribusikan advanced technology untuk mencapai prestasi tersebut.

Dengan teknologi ramah lingkungan, apakah harga server yang diproduksi Supermicro menjadi mahal?

Kami mengutamakan performance tinggi dalam produk kami karena hal itu sangat dibutuhkan dalam bisnis. Mengenai penambahan teknologi ramah lingkungan, sekali lagi itu adalah salah satu bentuk corporate social responsibility. Saat ini kebanyakan produk kami tidak lebih mahal dari pada produk terdahulu begitupun terhadap produk kompetitor. Jadi biaya untuk riset dan membangun produk baru tidak kami charge ke consumer.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.