Home Blog

APTIKNAS mendukung IFSEA 2 – 4 NOV 2022 – BANGKOK

0

Kegiatan bergengsi dunia terkait dengan teknologi AUDIO VISUAL kembali didukung oleh APTIKNAS. Expo IFSEA (INFOCOMM SOUTH EAST ASIA) akan diadakan pada tanggal 2 – 4 NOV 2022.

IFSEA%202022%20Presentation_01
IFSEA%202022%20Presentation_03
IFSEA%202022%20Presentation_04
IFSEA%202022%20Presentation_09
IFSEA%202022%20Presentation_10
IFSEA%202022%20Presentation_18

Pastikan kehadiran anda dengan mengakses website www.infocomm-sea.com

Untuk ikut dalam rombongan HOSTED BUYER APTIKNAS segera hubungi tim APTIKNAS

Sumber : https://www.aptiknas.id/2022/09/aptiknas-mendukung-ifsea-2-4-nov-2022.html

loading...

Mengapa Anda Harus Ikut Sebagai Exhibitor di IISMEX 2022

0

Salah satu event bergengsi terkait dengan Integrated Technology Event (ITE) yang diselenggarakan oleh NAPINDO adalah kolaborasi dalam satu waktu untuk event terkait dengan :

  1. SMART CITY – dalam INDONESIA INTERNATIONAL SMART CITY EXPO dan FORUM. 
  2. INDOWATER – terkait manajamen AIR
  3. INDOWASTE – terkait manajemen SAMPAH / WASTE
  4. INDORENERGY – terkait Energi Terbarukan

Dalam kegiatan IISMEX ini, APTIKNAS telah berpartisipasi sejak tahun 2019 dan terlibat dalam pembentukan FORUM IISMEX yang beranggotakan PENTAHELIX terkait solusi smart city di Indonesia. 

IISMEX%20FORUM

Dalam panel bergengsi kali ini, APTIKNAS akan menghadirkan diskusi terbaru mengenai INDUSTRIAL FORUM: PENERAPAN METAVERSE DALAM PENGEMBANGAN SMART CITY pada tanggal 6 Oktober 2022. Bila anda tertarik akan hadir dalam FORUM ini, maka dapat mendaftarkan diri pada: https://visitorreg.id/PublicConferences#Offline

Khusus anggota APTIKNAS dan mitra yang ingin terlibat hadir menjadi EXHIBITOR dapat segera mengunduh proposal khusus terlampir  . Gunakan kesempatan ini untuk bisa menghadirkan solusi anda di ajang bergengsi ini.

Pastikan anda mendapatkan kesempatan menghadirkan solusi anda, langsung hubungi tim NAPINDO – bu Jessi 

Kami nantikan kehadiran anda di dalam kegiatan ini. Informasi selengkapnya bisa diakses di website IISMEX www.iismex.com

Sumber : https://www.aptiknas.id/2022/09/mengapa-anda-harus-ikut-sebagai.html

loading...

Global Sources trade shows will return to Hong Kong on 11-14 October, 2022 at AsiaWorld-Expo

0

Breaking news! Global Sources trade shows will return to Hong Kong on 11-14 October2022 at AsiaWorld-Expo. Designed to meet the rebounding sourcing demands as markets worldwide are recovering from the pandemic, this much-anticipated event offers buyers and suppliers a professional, reliable international B2B trade platform.

Key Figures
Expected to be the world’s largest professional sourcing event in the past two and a half years since the epidemic, the show is set to host 100% verified suppliers from 10 countries and regions and their latest products.

The event will feature A/V equipment, computer products and peripherals, e-sports, outdoor electronics, automotive electronics, mobile devices and accessories, wearables, charging products, smart home and appliances, security products, home and kitchen products, Christmas and holiday products, fashion and accessories, sports and leisure products, personal care products and more.

In the post-epidemic era, global tourism and trade demand is showing explosive growth. According to media, Hong Kong has eased the quarantine requirement for inbound travelers to a “3+4” plan: that is, a three-day hotel quarantine plus four-day medical observation.These new measures have been effective since last Friday (12 Aug, 2022).
Register NOW to experience one of the most cutting-edge, professional sourcing shows in the world, which will surely make your trip worthwhile! Buyers who attend the show may claim HK$100 Octopus travel card top-up value and be rewarded with other onsite incentives! Stay tuned!

https://fashion.edm.globalsources.com/LP=1273

Sumber : https://www.aptiknas.id/2022/09/global-sources-trade-shows-will-return.html

loading...

ZTE Tandatangani Perjanjian Kerjasama dengan Universitas Gadjah Mada untuk Dukung Pengembangan SDM

0

Jakarta, 21 September 2022 – ZTE Indonesia yang merupakan bagian dari ZTE Corporation (0763.HK / 000063.SZ), perusahaan global terkemuka penyedia solusi teknologi telekomunikasi, enterprise dan konsumen untuk internet seluler, telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. 

Melalui kerja sama tersebut ZTE akan memberikan dukungan dalam pengembangan sumber daya manusia melalui pemberian beasiswa program magister untuk mahasiswa UGM, kolaborasi riset, serta dukungan pelaksanaan program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM). Perjanjian kerja sama tersebut dilakukan antara PT. ZTE Indonesia dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) UGM yang diwakili oleh Direktur SDM PT. ZTE Indonesia, Robby Purbantoro dan Dekan FISIPOL UGM, Dr. Wawan Mas’udi.

Kerjasama ini menjadi bagian dari rangkaian kerjasama strategis ZTE dengan berbagai universitas terkemuka di Indonesia. Di tahun ini, ZTE turut menandatangani perjanjian kerjasama untuk program beasiswa di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Telkom University. Hal tersebut menegaskan komitmen ZTE untuk terus berperan aktif dalam pengembangan industri ICT di Indonesia, tidak hanya dari sisi teknologi tetapi juga untuk peningkatan kualitas sumber daya manusianya.

Richard Liang Weiqi, Presiden Direktur, ZTE Indonesia mengatakan, “Kami sangat senang dapat bekerjasama dengan UGM sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia. Sebagai perusahaan yang aktif berperan dalam mewujudkan transformasi digital, ZTE menyediakan program beasiswa bagi mahasiswa berprestasi untuk meningkatkan kompetensi digital sehingga dapat turut berkontribusi dan berinovasi di industri telekomunikasi Indonesia. Kami berharap kerja sama dengan UGM dapat terus terjalin ke depannya dan ZTE akan terus berkontribusi dalam pengembangan sektor ICT dengan mempersiapkan SDM yang unggul melalui beasiswa dan pelatihan untuk meningkatkan daya saing nasional dalam sektor ekonomi digital.” 

Wakil Rektor UGM Bidang Penelitian, Pengembangan Usaha dan Kerja Sama, Ignatius Susatyo Wijoyo, M.M. mengatakan, “Kami mengucapkan terima kasih atas kesediaan kerja sama PT. ZTE Indonesia dengan UGM. Kerja sama yang disepakati bersama ini menjadi peluang yang baik bagi UGM dalam upaya memperkuat sinergi dengan dunia usaha, dunia industri dan pengimplementasian tridarma perguruan tinggi.”

Ke depannya, ZTE akan terus memperkuat kerja sama dengan Universitas Gadjah Mada dengan menyediakan beasiswa bagi program studi lainnya serta membuka kesempatan bagi mahasiswa berprestasi Universitas Gadjah Mada untuk bergabung bersama ZTE Indonesia.

***

Tentang ZTE

ZTE adalah perusahaan global terkemuka penyedia solusi teknologi telekomunikasi untuk konsumen, operator, dan sektor publik. Didirikan pada tahun 1985, perusahaan telah terdaftar di bursa saham Hong Kong dan Shenzhen (kode saham H: kode saham saham 0763.HK / A: 000063.SZ), ZTE telah menjual produk di lebih dari 160 negara dan melayani lebih dari 1/4 populasi global. Perusahaan berkomitmen dalam menyediakan solusi end-to-end yang terintegrasi untuk memberikan mutu tinggi dan nilai dalam sektor teknologi informasi dan telekomunikasi. Melalui rangkaian lengkap nirkabel, kabel, produk terminal, dan layanan komunikasi profesional, ZTE dapat secara fleksibel memenuhi berbagai kebutuhan dan menghadirkan inovasi bagi operator, pemerintah dan perusahaan di seluruh dunia. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.zte.com.cn.

Tentang UGM

Universitas Gadjah Mada lahir dari kancah perjuangan revolusi kemerdekaan bangsa Indonesia. Didirikan pada periode awal kemerdekaan, UGM didaulat sebagai Balai Nasional Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan bagi penyelenggaraan pendidikan tinggi nasional. Universitas Gadjah Mada memiliki visi sebagai pelopor perguruan tinggi nasional berkelas dunia yang unggul dan inovatif, mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila. Misi Universitas Gadjah Mada menjalankan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta pelestarian dan pengembangan ilmu yang unggul dan bermanfaat bagi masyarakat.

loading...

Alasan Mengapa Wajib Cat Ulang Mobil Anda!

0

Memiliki mobil berarti Anda harus siap dalam merawat maupun menjaganya. Termasuk dalam memperhatikan komponen-komponen kendaraan roda empat yang sudah mulai rusak.

Salah satu yang harus Anda perhatikan adalah catnya. Terkadang, untuk kondisi tertentu membuat Anda harus melakukan pergantian warna mobil yang umumnya disebabkan oleh beberapa faktor.

Untuk Anda yang ingin mengganti warna cat kendaraan, tentu saja terbesit dalam pikiran biaya ganti warna mobil berapa?

Tentu saja rata-rata biaya cat mobil di bengkel resmi maupun bengkel umum berbeda. Karena itu, untuk mengetahui lebih jelasnya mari simak dalam pemaparan berikut!

Alasan yang Membuat Anda Wajib Ganti Warna Cat Mobil

Warna mobil adalah hal penting yang tidak boleh Anda lupakan ketika hendak memiliki mobil yang prima dan ideal. Kenapa?

Pasalnya, warna mobil menjadi jendela utama ketika banyak orang memperhatikan kendaraan roda 4 tersebut.

Sebagaimana yang disinggung di atas, bahwa terkadang dalam keadaan tertentu membuat Anda harus melakukan pengecatan mobil ulang yang beberapa di antaranya disebabkan oleh hal-hal yang ada di bawah ini.

1. Warna mulai pudar

Alasan pertama yang membuat Anda harus mengganti cat mobil adalah adanya warna yang mulai pudar. Sebagai pemilik mobil yang sayang dengan kendaraannya tentu tidak ingin hal tersebut terjadi bukan?

Apalagi untuk biayanya sendiri juga tergolong standar. Artinya, untuk rata-rata biaya cat mobil di bengkel resmi hampir sama.

Oleh sebab itu, jika dibandingkan dengan hasil akhir yang membuat Anda kembali senang dengan warna mobil yang baru, kenapa tidak.

2. Adanya lecet

Lecet akibat gesekan atau usia mobil yang sudah tua juga terkadang membuat sang pemilik harus melakukan pengecatan ulang.

Melalui pengecatan ini, membuat mobil Anda bisa kembali tampak lebih cantik dan baru. Selain itu, masalah utama dari lecet akibat beberapa alasan tadi juga bisa terganti atau tertutupi oleh cat yang baru diaplikasikan.

3. Kecelakaan

Selain bisa membuat kendaraan rusak, kecelakaan mobil juga bisa menghilangkan warna mobil sehingga akan tampak sangat buruk. Oleh sebab itu, usai masuk bengkel dan dilakukan perbaikan dari mesin-mesin yang rusak tadi, umumnya juga akan dilakukan pengecatan ulang.

Pengecatan mobil akibat kecelakaan kebanyakan dilakukan dengan sangat kompleks. Artinya, benar-benar menunggu perbaikan yang dilakukan oleh pihak bengkel, pembersihan muka mobil secara menyeluruh, dan baru dilakukan pengecatan serta finishing.

Tidak heran jika biaya yang dikeluarkan lebih mahal sebab umumnya digabungkan dengan biaya perbaikan sekaligus.

4. Ingin berganti suasana

Selain beberapa faktor yang ada di atas, terdapat faktor keempat yang terkadang membuat orang tergerak untuk melakukan perbaikan atau pengecatan mobil. Yakni ingin mengganti suasana yang baru.

Ada kalanya seseorang merasa bosan atau tidak suka dengan tampilan mobil yang itu-itu saja. Dengan begitu, solusi yang bisa dilakukan untuk mengganti suasana baru adalah dengan melakukan cat ulang mobil Anda.

Dengan begitu ketika Anda ingin mendapatkan suasana mobil yang berbeda, Anda pun bisa memperolehnya dengan harga yang lebih terjangkau. Tentu akan lebih terjangkau jika dibandingkan dengan membeli mobil baru bukan?

5. Ada tren baru

Alasan selanjutnya adalah adanya trend baru. Seperti halnya tren warna double, triple, gradasi, dan sebagainya.

Jika Anda juga menginginkan hal tersebut, Anda juga bisa melakukan pengecatan mobil dengan mengikuti tren yang sedang ramai dewasa ini.

6. Menambah nilai jual

Tentu adanya mobil yang warnanya rusak dan mobil yang dicat ulang akan memiliki tampilan berbeda bukan?

Itulah yang akan Anda dapatkan ketika Anda mau melakukan usaha lebih ekstra dalam memperbaiki mobil yang hendak Anda jual.

Biaya Ganti Warna Mobil

Setelah mengetahui beberapa faktor yang membuat seseorang direkomendasikan untuk mengganti warna mobil, tentu Anda bertanya-tanya menanyakan biayanya.

Secara garis besar, harganya hampir serupa jika kita melihat beberapa bengkel perbaikan mobil yang ada di pasaran. Tinggal seberapa kompleks tingkat pengecatan yang harus dilakukan oleh pihak bengkel.

Apakah akan membutuhkan penanganan ekstra atau tinggal melakukan pengecatan langsung saja.

Sebab, sebagaimana yang dibahas di atas, adanya perbedaan faktor yang membuat Anda harus mengecat mobil juga bisa jadi memberikan harga yang berbeda pula.

Itulah beberapa pembahasan seputar pengecatan mobil yang perlu Anda ketahui.

loading...

Taiwan Excellence Kenalkan Kulkas Inverter Cerdas yang Hemat Daya

0

Jakarta, Biskom – Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, berbagai peralatan elektronik juga mengalami inovasi menjadi lebih canggih. Sebut saja komputer, laptop, smartphone, begitu juga dengan alat-alat dapur seperti kompor, oven, microwave, tidak lupa juga dengan kulkas.

Berbicara tentang kulkas, Anda pasti pernah mendengar teknologi kulkas inverter. Untuk diketahui, inverter adalah sebuah teknologi yang telah terintegrasi dimana kompresor pada kulkas dapat bekerja secara fluktuatif, mengikuti beban yang ada didalamnya.

Menurut Director of Taiwan Trade Center Jakarta, Tony Lin, kalau dibandingkan dengan kulkas biasa, tentunya kulkas inverter memiliki lebih banyak keunggulan seperti misalnya hemat energi, pendinginannya lebih cepat, mengurangi efek rumah kaca alias ramah lingkungan, less noise, serta suhu kulkas yang lebih stabil.

Jika Anda tertarik dengan produk kulkas inverter, Taiwan Excellence memperkenalkan Kulkas Inverter Cerdas AIE Seri SR-C48D/SR-C48DV dari Sampo, yang bisa menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Kulkas ini memiliki ruang penyimpanan khusus untuk sayur dan buah, sehingga bisa lebih segar dan awet.

“Kemudian juga pada desainnya menggunakan refrigeran 600a untuk menghindari penggunaan zat berbahaya bagi lingkungan. Selain itu, dengan adanya teknologi deodorisasi antibakteri Nano-Ti dan desain deodorisasi ganda, produk ini dapat menghilangkan bau yang permanen secara efektif. Produk ini tersedia warna silver dan gold, silakan dipilih,” kata Tony Lin.

Untuk mengetahui spesifikasi lengkap terkait Kulkas Inverter Cerdas AIE Seri SR-C48D/SR-C48DV dari SAMPO, Anda bisa mengunjungi disini!

Untuk diketahui, SAMPO adalah salah satu brand produk elektronik unggulan dari Taiwan, temukan produk lainnya dari SAMPO di https://www.sampo.com.tw/.

loading...

Apa Itu Solusi IT Monitoring? Dan Mengapa Penting Diadopsi Perusahaan?

0

Di era transformasi digital seperti saat ini, perusahaan/organisasi terus berlomba-lomba untuk mengakselerasi bisnisnya agar dapat lebih maju dan bersaing dengan kompetitor. Tentunya penggunaan teknologi terkini, seperti cloud computing dan IoT (Internet of Things), menjadi kunci utama bagi perusahaan di era transformasi digital.

Ketika mengadopsi teknologi terkini, monitoring alias pemantauan juga menjadi hal penting yang perlu diperhatikan perusahaan. Nah, solusi untuk monitoring terkait teknologi di perusahaan sendiri biasa disebut dengan IT (Information Technology) Monitoring. Lantas, apa itu IT Monitoring?

IT Monitoring adalah pemantauan ketersediaan dan kinerja di lingkungan IT. IT Monitoring menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti “Apakah server saya online?”, “Apakah data di jaringan saya sampai ke tempat yang seharusnya tepat waktu?” atau “Apakah firewall saya bekerja dengan andal?”.

Fungsi dasar dari IT Monitoring dapat dibagi menjadi empat tugas, yakni memperoleh data ketersediaan dan kinerja komponen IT, menyimpan data tersebut, memberi informasi dan peringatan berdasarkan ambang batas yang ditentukan, serta menghasilkan laporan terkait data tersebut.

Tentunya, terdapat banyak tugas tingkat lanjut pada area IT Monitoring. Salah satunya, termasuk menentukan akar penyebab masalah yang teridentifikasi (analisis akar masalah) atau mengenali tren dan membuat prediksi berdasarkan tren-tren tersebut.

Selain itu, tugas ini juga termasuk aspek keamanan seperti monitoring fungsi firewall atau pemindai virus, atau mengenali perilaku yang tidak biasa pada jaringan, yang disebut deteksi intrusi.

Terkait dengan solusi IT Monitoring, salah satu penyedia solusi ini yang populer yaitu Paessler. Beberapa waktu lalu, InfoKomputer pun berkesempatan melakukan wawancara eksklusif dengan Sebastian Krueger selaku Vice President for Asia Pacific, Paessler. Berikut ini hasil wawancaranya.

1. Mengapa solusi IT Monitoring penting diadopsi oleh sebuah perusahaan?

  • Solusi IT Monitoring mampu mendeteksi dan menganalisis perubahan, pola, tren dan anomali dalam infrastruktur IT. Perangkat solusi pemantauan memproses data yang dikumpulkan secara real-time dan mampu membantu memvisualisasikan data, sehingga dapat mengurangi upaya pengawasan secara manual. Selain itu, solusi ini mampu memberikan fungsi keamanan melalui pemantauan kinerja firewall atau pemindai virus dan mengidentifikasi perilaku yang tidak biasa dalam jaringan.
  • Solusi IT Monitoring mendukung pemantauan proses bisnis, sistem peringatan yang fleksibel, sejumlah antarmuka pengguna, pelaporan mendalam, pemantauan yang terdistribusi dan banyak lagi. Melalui pemantauan atas adanya perubahan ini dan menganalisisnya, solusi pemantauan membantu perusahaan menentukan akar penyebab masalah yang diidentifikasi (analisis akar penyebab) serta mengenali dan membuat prediksi berdasarkan tren yang berlangsung.

2. Apa keuntungan yang didapat perusahaan dari segi biaya, efisiensi dan proses bisnis secara keseluruhan ketika menggunakan solusi IT Monitoring?

  • Industri 4.0, digitalisasi yang besar dan konvergensi IT/Operational Technology (OT) semuanya mempengaruhi proses bisnis terhubung dan terikat dengan IT. Interkonektivitas menjadikannya penting untuk memiliki gambaran umum terpadu tentang seluruh infrastruktur pengguna Anda, baik itu IT, OT atau IIoT. Meningkatnya keterkaitan antara IT dan OT mendukung semua departemen, seperti teknisi, insinyur dan administrator sistem, mendapatkan akses ke data yang tepat, analisis akar masalah di seluruh sistem dan antarmuka dan keamanan siber menjadi prioritas. Pemahaman menyeluruh tentang seluruh lingkungan industri diperlukan untuk mengembangkan strategi keamanan siber yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan seluruh aspek.
  • Seperti dijelaskan sebelumnya, solusi pemantauan mampu mengumpulkan data secara real-time dan secara otomatis memvisualisasikan data. Oleh karena itu, melalui solusi pemantauan, bisnis dapat memperoleh manfaat dari kontrol dan pengawasan yang lebih baik terhadap infrastruktur dan proses IT mereka di satu tempat, serta wawasan yang lebih mendalam mengenai jaringan, sehingga dapat menghemat waktu dan biaya dalam prosesnya.

3. Peran apa yang dimainkan solusi IT Monitoring dalam membantu perusahaan meningkatkan skala bisnis dan mempertahankan upaya digitalisasi mereka?

  • Perkembangan terkini dalam industri IT telah didorong oleh digitalisasi. Data mesin menjadi semakin penting bagi seluruh bisnis sebagai akibat dari peningkatan otomatisasi, sehingga mesin menjadi lebih terhubung. Konsep dari dunia teknologi dan IT sedang diadopsi untuk OT. Oleh karena itu, tim OT semakin dihadapkan dengan tugas atau situasi terkait IT.
  • Dalam upaya digitalisasi mereka, bisnis memerlukan sistem manajemen yang efektif yang dapat mencakup berbagai proses dan prosedur dan menghemat sumber daya, sambil menempatkan sedikit beban keuangan pada anggaran departemen IT — inilah momen tepat bagi peran solusi pemantauan jaringan profesional.
  • Cara terbaik untuk mengelola lingkungan industri modern adalah melalui pemantauan jaringan secara holistik, yang memerlukan kombinasi sistem peringatan otomatis dan visibilitas. Ini memerlukan beberapa prosedur, termasuk mengumpulkan data dari semua area infrastruktur, memvisualisasikan data dalam perspektif yang informatif bagi tujuan, proyek dan tim yang berbeda-beda, hingga mengatur peringatan dan notifikasi. Solusi pemantauan yang baik harus mencakup semua prosedur ini. Misalnya, Anda tidak memerlukan alat untuk visualisasi dan memerlukan alat terpisah untuk peringatan dan pemberitahuan. Sebaliknya, satu solusi harus mengikat semuanya bersama-sama.

4. Bagaimana solusi IT Monitoring dapat menghemat waktu departemen TI agar dapat fokus pada inisiatif bisnis strategis dan mempersiapkan perusahaan untuk masa depan cloud-first?

  • Solusi pemantauan jaringan profesional dengan cakupan fungsional yang luas dan biaya yang terjangkau akan membantu menghemat anggaran finansial pada departemen IT, dengan kelebihan untuk menghemat waktu dan sumber daya.
  • Solusi pemantauan jaringan menawarkan lebih banyak kendali bagi personil IT atas bidang tanggung jawab mereka melalui sistem pemantauan menyeluruh pada seluruh infrastruktur jaringan dan sistem peringatan segera. Tim IT memiliki jaringan di bawah pengamatan konstan dan diberikan wawasan terperinci tentang proses jaringan dan penggunaan sumber daya individu. Status saat ini dan informasi rinci lainnya tersedia setiap saat. Karena beberapa solusi menyediakan akses jarak jauh atau aplikasi ponsel cerdas, administrator bahkan dapat menjaga jaringan mereka saat mereka tidak berada di lokasi. Ini secara signifikan mengurangi tekanan untuk seluruh departemen IT: selama tidak ada peringatan yang dilaporkan, personil dapat menganggap semuanya bekerja dengan lancar.

5. Misalnya, jika sebuah perusahaan sudah menerapkan sistemnya berbasis cloud secara 100%, bagaimana terkait dengan IT Monitoring-nya untuk seperti ini? Apa saja yang perlu di monitor?

  • Produk dari Paessler memungkinkan pengguna untuk memantau bisnis, pusat data dan lingkungan jaringan mereka untuk meningkatkan kinerja dan menghindari waktu henti (downtime) sekaligus mengurangi konsumsi energi dan emisi mereka.
  • Untuk perusahaan dengan sistem 100% berbasis cloud, Paessler memiliki solusi pemantauan yang sesuai yakni PRTG Hosted Monitor. Solusi ini mampu memonitor IT di cloud; solusi pemantauan SaaS all-in-one – diselenggarakan oleh kami – untuk seluruh infrastruktur IT.

6. Bila sebuah perusahaan yang menggunakan solusi cloud dari beberapa vendor, atau sistemnya yang masih sebagian di cloud dan sebagian lagi di on-premise, apakah kompatibilitas layanan solusi monitoring IT untuk hal seperti itu?

  • Layanan pemantauan untuk perusahaan semacam itu memang ada, tetapi ada beberapa pertimbangan yang perlu dilakukan perusahaan saat mencari alat pemantauan yang tepat:

– Biaya yang dapat dipantau untuk perangkat virtual apapun yang digunakan pada jaringan Internet.

– Alat pemantauan untuk perusahaan ini harus dapat secara teratur memeriksa dan memantau aksesibilitas di seluruh dunia secara permanen, untuk memastikan semua karyawan, pelanggan, dan mitra memiliki akses cepat ke sumber daya yang diperlukan setiap saat.

– Solusinya harus mampu menggabungkan data pemantauan TO dengan data TI, guna meminimalisir blind spot pada infrastruktur perusahaan dengan mengonsolidasi semua data pemantauan dalam satu alat.

– Solusinya perlu menggunakan pendekatan pemantauan terpadu, sehingga peralatan atau perangkat apa pun dengan alamat IP dapat dipantau, di mana pun komponen berada.

– Solusinya perlu menyediakan sistem manajemen notifikasi yang dikonfigurasi dengan benar. Dengan cara ini, administrator perusahaan selalu dapat memiliki wawasan tentang komponen infrastruktur kritisnya.

7. Skala perusahaan yang bisa menggunakan solusi IT Monitoring ini untuk ukuran berapa saja? (UMKM, startup atau perusahaan besar saja)

  • Paessler menawarkan solusi pemantauan untuk bisnis di semua industri dan semua ukuran, dari UKM hingga perusahaan besar. Berbagai macam industri dapat menggunakan solusi pemantauan kami, mulai dari perawatan kesehatan, industri IT & IoT, pendidikan, keuangan, pemerintahan dan banyak sektor lainnya.

8. Bisa dijelaskan rangkaian solusi IT Monitoring dari Paessler?

  • Paessler adalah pemimpin dalam pemantauan IT dengan lebih dari 500.000 instalasi. Didirikan pada tahun 1997 dan berkantor pusat di Nuremberg, Jerman, lebih dari 500.000 pengguna di lebih dari 170 negara mengandalkan PRTG dan solusi Paessler lainnya untuk memantau infrastruktur IT, OT dan IoT mereka yang kompleks hingga hari ini.
  • Rangkaian dari Paessler memungkinkan pengguna untuk memantau bisnis, pusat data, dan lingkungan mereka untuk meningkatkan kinerja dan menghindari waktu henti sekaligus mengurangi konsumsi energi dan emisi mereka. Solusi pemantauan yang disediakan Paessler meliputi:

– PRTG Network Monitor – memantau seluruh infrastruktur IT dan mengoptimalkan infrastruktur IT intinya, seperti memantau sistem, perangkat, lalu lintas dan aplikasi pengguna. Solusi ini cocok untuk memantau infrastruktur skala kecil dan menengah.

– PRTG Enterprise Monitor – memantau infrastruktur IT besar, lingkungan, proses bisnis dan layanan di berbagai lokasi.

– PRTG Hosted Monitor – memantau TI di cloud; sebuah solusi pemantauan SaaS dari A-Z – diselenggarakan oleh kami untuk seluruh infrastruktur IT.

9. Bagaimana faktor sekuriti dari solusi yang ditawarkan Paessler? Mengingat faktor ini sangat penting diperhatikan perusahaan

  • Diperlukan strategi keamanan siber yang baik, mencakup semua area, dan ini dapat tercapai dengan memiliki gambaran umum tentang lingkungan industri secara keseluruhan.
  • Solusi pemantauan IT juga berkontribusi signifikan terhadap keamanan jaringan. Jika solusi melaporkan lonjakan penggunaan CPU secara tiba-tiba atau jika tingkat lalu lintas tiba-tiba berubah secara signifikan dari biasanya, ini bisa menjadi petunjuk penting bagi staf IT tentang kemungkinan serangan malware atau phishing. Perangkat lunak pemantauan jaringan dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam konsep keamanan yang ada dan sudah dilengkapi dengan pemindai virus, firewall dan lain-lain, untuk memberikan keamanan tambahan.
  • Faktanya, firewall dan pemindai virus tidak selalu cukup untuk menjamin keamanan jaringan secara menyeluruh. Perusahaan yang mengintegrasikan solusi pemantauan jaringan ke dalam strategi keamanan mereka dapat menemukan potensi bahaya pada jaringan perusahaan bahkan di tahap awal. Solusi pemantauan juga berkontribusi aktif dalam membangun keamanan, karena memungkinkan pengawasan terhadap pengaruh aktivitas jaringan di lingkungan dan area sekitarnya.

Sumber     : https://infokomputer.grid.id/amp/123480167/apa-itu-solusi-it-monitoring-dan-mengapa-penting-diadopsi-perusahaan?page=2

loading...

DTC: Menyambut Undang-undang Perlindungan Data Pribadi untuk Usaha Anda

0


Akhirnya kabar baik berhembus dari gedung parlemen. DPR berencana akan mensahkan Rancangan Undang-undang Perlindungan Data Pribadi (PDP) yang telah lama kita nantikan. Mengapa saya sebut demikian? Karena memang dokumen ini telah mangkrak lama di meja parlemen sejak 17 Desember 2019, dan baru dibahas maraton sejak Maret 2022. 

Lebih ngebut lagi karena banyaknya kasus pembobolan data, terutama data pribadi yang marak dalam beberapa bulan ini. Seolah menjadi pemacu para anggota parlemen untuk mempercepat proses ini. Dan hari ini tiba, semoga benar disahkan. 

Bila kita melihat progress ini, maka kita selaku pelaku usaha harus memperhatikan beberapa hal :

Pertama, penggunaan data pribadi milik orang lain dalam usaha kita. UU PDP nanti mengatur banyak hal terkait ini. UU PDP sendiri mengadopsi dari GDPR yang lebih dulu diterapkan di Eropa dan global, dan beberapa hal disesuaikan dengan kondisi kita di Indonesia. 

Kenali dulu apa itu DATA PRIBADI sebagai data tentang orang perseorangan yangteridentifikasi atau dapat diidentifikasi secara tersendiri ataudikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupuntidak langsung melalui sistem elektronik atau nonelektronik. Data pribadi ini adalah data pribadi spesifik dan umum. Data spesifik seperti yang kita lihat di kasus buka data Bjorka dimana ada data umum (nama hingga alamat) sedangkan data spesifiknya adalah data vaksin.

Kedua, dalam UU PDP banyak menyebutkan SUBJEK DATA PRIBADI, yang merupakan orang perseorangan yang pada dirinyamelekat Data Pribadi tadi diatas. Selain itu, bila kita mengumpulkan data pribadi orang lain, maka disebut sebagai PENGENDALI DATA PRIBADI, dan yang memproses data pribadi itu disebut sebagai PROSESOR DATA PRIBADI. 

Ketiga, dalam setiap pengumpulan data pribadi, PENGENDALI harus mendapatkan persetujuan dari SUBJEK (baca: dari orang) yang punya data pribadi. Maka mulai sekarang jangan mengisi FORM sembarangan, terutama menggunakan form umum seperti google form, bila tidak ada pernyataan dari pengumpul atau pengendali data pribadinya. 

Selain persetujuan juga harus ada terkait pemenuhan KEWAJIBAN atas subjek data pribadi. Jadi pastikan ada informasi akan digunakan untuk apa data pribadi kita, dan harus tercantum dalam form yang kita isi.

Apakah kita sudah punya landasan hukum terkait hal diatas, sejujurnya belum. Selain harapan kita di UU PDP yang menjadi pondasi untuk turunan landasan hukum lainnya, mungkin sektoral. Terutama finansial yang telah sangat siap terkait PDP ini.

Keempat, Pengendali Data Pribadi wajib bertanggung jawab atas pemrosesan Data Pribadi dan menunjukkan pertanggungjawaban dalam pemenuhan kewajiban pelaksanaan prinsip Pelindungan Data Pribadi. Apakah sudah ada aturannya? Saat ini juga belum, sehingga bisa terjadi kelalaian dalam pertanggungjawaban ini. 

Data yang diambil, diproses lalu keluar ke publik tanpa sepengetahuan pengendali data pribadi.  Maka perlu aturan pendukung terkait ini. Bagaimana seharusnya mereka bertanggung jawab.

Kelima, tingkat keamanan (maturity) yang masih rendah. Pemahaman ‘melindungi data pribadi’ ini juga harus dilengkapi dengan assessment atas kondisi keamanan masing-masing pengendali dan pemproses data pribadi. Dengan adanya assessment ini maka  kita bisa memaksa agar perusahaan / instansi mencapai level keamanan tertentu, barulah layak dianggap baik untuk mengelola data pribadi.

Keenam, data pribadi kita untuk apa. Rights to be inform, ini menjadi salah satu hal penting, tapi di UU PDP kita belum jelas mengatur bagaimana kita diberitahu soal data pribadi kita untuk apa. 

Ketujuh, apa yang bisa kita lakukan? Lengkapi diri kita tentang pemahaman mengenai pentingnya data pribadi, termasuk data pribadi konsumen atau pelanggan kita. Banyak pelatihan dan akreditasi terkait privasi data telah tersedia di Indonesia. 

Data Protection Officer (DPO) / Pejabat Perlindungan Data Pribadi (PPDP) dan Lembaga Pengawas Perlindungan Data Pribadi / Data Protection Authority (DPA) sedang dipersiapkan Kominfo, dan mungkin juga nantinya instansi lainnya, seperti BSSN atau mungkin lembaga baru bentukan Pengawas PDP.

Pastikan kita mengerti benar pemahaman dasar dalam UU PDP ini, karena kita nanti bisa menantikan peraturan turunan lainnya dari PDP ini, dan mungkin saja berdampak ke bisnis kita. Tapi mulai dari sekarang, mari waspada. Lihat setiap pengumpulan data yang ada, serta pastikan ini tidak melanggar UU PDP yang disahkan. 

Semoga kondisi keamanan data pribadi di negara kita semakin baik dari waktu ke waktu. Mari dukung bersama.

Halo Sobat Siber..

Webinar Road To National Cybersecurity Connect (NCC) 2022 dengan tema “Protecting the Data, Protecting the Future” merupakan salah satu agenda penting dalam rangkaian kegiatan menuju National Cybersecurity Connect 2022. 

Berikut surat undangan dan rundown acara yang dapat diunduh https://bit.ly/3DfZYOR

Sehubungan dengan hal tersebut, kami bermaksud mengundang Bapak/Ibu untuk hadir pada:

Hari & Tanggal    : Rabu, 21 September 2022

Waktu                    : 09.00 – 12.00 WIB

Platform                : Zoom Live Streaming

Informasi lebih lengkap dapat Bapak/Ibu temukan pada surat undangan resmi yang kami lampirkan.

Untuk konfirmasi kehadiran, silakan melakukan registrasi pada link berikut

https://s.id/webinar2_ncc2022

Besar harapan kami atas kehadiran Bapak/Ibu pada acara tersebut. Demikian undangan ini kami sampaikan, kami ucapkan terima kasih.

Salam,

National Cybersecurity Connect 2022

www.ncsc.co.id

Sumber     : https://www.kompasiana.com/startmeup/632927527bda023fa73565a4/dtc-menyambut-undang-undang-perlindungan-data-pribadi-untuk-usaha-anda?page=2&page_images=1

loading...

DTC: Apa yang Menghambat Transformasi Digital Anda?

0

Selalu saat ditanya, apa yang menghambat transformasi digital di perusahaan / instansi kita, maka kita akan berpikir keras sesaat, hingga akhirnya kita menyimpulkan beberapa hal.

Pertama, teknologi dan data. Ini yang pertama kali terlintas dalam pikiran kita. Betapa teknologi terbaru bisa menyulitkan. Mengapa? Karena kita sudah memiliki sistem yang baku (padahal kaku). Bahkan cenderung sistem yang kita miliki kadaluarsa. Mungkin juga masih sebagian besar manual. Belum lagi bicara infrastruktur TI yang ketinggalan jaman. Ada lagi kesulitan dalam integrasi sistem dan menggabungkan data.

Teknologi memang selalu menjadi tantangan terbesar. Tapi saat kita berniat melakukan transformasi secara digital, mau tidak mau kita harus mengurainya. Sistem yang telah berjalan seringkali kaku karena memang sudah berjalan tahunan, bahkan puluhan tahun. Teknologi merubah sistem ini menjadi sangat fleksibel.

Dulu kita harus datang ke kantor dulu sebelum ke konsumen, karena harus absensi di kantor. Sekarang tidak lagi, semua bisa dilakukan dari smartphone kita.

Belum lagi kesulitan integrasi, penggabungan data. Dulu ada double atau triple entry, memasukkan data yang sama ke dalam berbagai sistem. Dengan tujuan yang sama, diperkenalkanlah integrasi data, integrasi aplikasi, mereka bisa bertukar data melalui API.

Kedua, fokus jangka pendek. Seringkali kendala transformasi digital itu karena kita terlalu berfokus pada jangka pendek. Kita ingin A , ingin B, tapi hanya durasi pendek. Target jangka pendek ini seringkali merusak tatanan target transformasi yang kita buat. Kita ingin agar semua orang bisa absensi dengan mudah, maka target jangka pendeknya hanya agar orang bisa absensi saja. Maka teknologi yang dipilih hanya input data di google form. Kelihatannya berjalan, tapi tidak bisa untuk jangka panjang.

Ketiga, sumber daya manusia. Selalu bicara ini. Dua hal diatas menunjukkan bagaimana budaya digital yang harus diterapkan dalam perusahaan dan instansi. Inilah yang seringkali gagal. Faktor SDM yang tidak mau berubah, dan membuat manajemen tidak mau berubah juga. Maka satu yang pernah saya bahas, ganti SDM, upgrade SDM. Perkerjakan hanya mereka yang siap berubah, siap dan mau bertransformasi.

Percuma mempertahankan orang kaku, yang akan membuat organisasi menjadi beku. Jangan ragu, ambil langkah terbaik untuk mendapatkan SDM terbaik.

Keempat, sudah kebiasaan lama. Seringkali tidak bisa berubah karena kita telah sangat terbiasa dengan tingkah laku, proses dan pengambilan keputusan yang lama. Sudah nyaman dengan kondisi itu. Sehingga, kita tidak mau berubah. Karena transformasi digital pasti merubah proses bisnis. Pastinya merubah tingkah laku. Yang tadinya lambat, bisa dikerjakan santai harian, sekarang dalam jam, bahkan menit bisa selesai.

Pengambilan keputusan yang biasanya melalui rapat dan negosiasi alot, sekarang bicara berdasarkan data. Mungkin buat orang tertentu jadi mudah, tapi tidak untuk orang yang biasanya suka ribet dan lambat.

Kelima, struktur organisasi yang kompleks. Seringkali, transformasi digital juga dihambat karena birokrasi, rumitnya struktur organisasi perusahaan atau instansi. Dengan lapisan hingga 5-7 lapis, tentu pengambilan keputusan menjadi sangat rumit, perlu hati-hati, karena banyaknya politik kantor.

Persaingan internal ini kadang menyulitkan , membuat perusahaan dan organisasi tidak bisa bergerak. Sehingga pengambilan keputusan penuh resiko dan kadang menyakitkan satu dengan lainnya.

Maka merubah ini tidak mudah. Transformasi digital kadang disertai transformasi struktur organisasi. Yang tadinya berjenjang, dibuat lebih simpel, mungkin hanya 3-4 lapis. Kemudian, dibuat pendekatan project-based, product-based, dan pendekatan lain yang lebih mudah, lebih lincah (agile).

Keenam, prioritas. Seringkali transformasi digital dianggap sebagai me-too, ikut-ikutan. Padahal tidak. Transformasi digital dipicu oleh konsumen, oleh market dan kondisi pasar. Bila kita tidak bergerak, berubah maka akan terlibas, tertinggal bahkan mati. Maka prioritas perusahaan, dan instansi juga harus disesuaikan agar bisa bergerak ke arah yang tepat.

Ini termasuk alokasi sumber daya manusia, tenaga, waktu dan perhatian manajemen, untuk bisa menajamkan fokus kepada transformasi yang ada.

Ketujuh, kultur budaya. Kultur budaya perusahaan juga harus disesuaikan. Banyak kendala dari apa yang kita sebut sebagai kultur. Maka budaya perusahaan juga harus dirubah agar menjadi sesuai. Transformasi budaya ini mengarah kepada apa yang disebut sebagai nilai-nilai perusahaan / instansi. Kultur atau budaya memperkuat tujuan strategis, visi dan misi perusahaan. Bila kita tidak menyesuaikan ini, maka tentu kita akan melihat budaya ini luntur, tertinggal jaman dan tidak bisa menjadi pandu perusahaan / instansi.

Itulah tujuh hal yang sering menghambat transformasi digital yang sedang dilakukan oleh banyak perusahaan dan instanasi. Coba cek dimanakah yang membuat anda lambat dalam bertransformasi. Pastikan anda mengetahuinya dengan segera.

Ikuti berbagai kegiatan EventCerdas dan APTIKNAS yang terus memberikan anda wawasan terbaik, untuk bisa menjadi Digital Transformation Captain (DtC) di tempat anda berada saat ini.

sumber    :  https://www.kompasiana.com/startmeup/6327cc2508a8b549da72c3f2/dtc-apa-yang-menghambat-transformasi-digital-anda

loading...

Industrial Forum “Penerapan METAVERSE dalam pengembangan SMART CITY”

0

Ikuti Industrial Forum “Penerapan METAVERSE dalam pengembangan SMART CITY”

Dalam rangkaian Indonesia Internasional Smart City Expo and Forum (IISMEX) akan dibahas tema menarik mengenai METAVERSE. Bagaimana penerapannya di kota / kabupaten anda ?

Segera pastikan kehadiran anda di Kamis 6 Oktober 2022, jam 13-16 WIB, di Conference Room Hall A, Jakarta Convention Center. 

Registrasi link dihttps://visitorreg.id/Account/Register/36

Daftarkan diri anda segera di www.iismex.com

loading...

TERKINI

APTIKNAS mendukung IFSEA 2 – 4 NOV 2022 – BANGKOK

Kegiatan bergengsi dunia terkait dengan teknologi AUDIO VISUAL kembali didukung oleh APTIKNAS. Expo IFSEA (INFOCOMM SOUTH EAST ASIA) akan diadakan pada tanggal...