Jakarta, BISKOM – Krista Exhibition kembali menggelar pameran internasional tahunan terbesar makanan, minuman, horeka, jasa boga dan bakery yaitu SIAL (Salon International de Iāalimentation) Interfood 2019 yang ke 20. SIAL Interfood 2019 akan dilaksanakan pada tanggal 13-16 November 2019 di JIEXpo Kemayoran, Jakarta. Ditargetkan 82.000 pengunjung hadir dalam pameran ini baik dari dalam dan luar negeri dengan menampilkan lebih dari 28 sektor.
Para peserta pameran berjumlah 880 perusahaan yang berasal dari 30 negara antara lain Australia, Argentina, Belanda, Belgium, China, Dubai , Ekuador, India, Italia, Indonesia, Jepang , Jerman, Korea Selatan, Kuwait, Lithuania, Malaysia, Mesir, Palestina, Pakistan, Perancis, Polandia, Saudi Arabia, Singapura, Taiwan , Turki, Timor Leste, Thailand, USA, Vietnam Dan Yunani.
Produk-produk yang akan ditampilkan dalam SIAL Interfood 2019 antara lain produk susu, telur, keju, daging, ikan, dan produk hasil laut, buah dan sayuran, produk makanan sehari-hari, produk bakery, ingredient cokelat, kopi, dan teh, gelato dan es krim, minuman beralkohol dan non alkohol, produk makanan sehat, produk makanan kalengan, produk makanan organik, produk makanan beku, peralatan horeka dan katering, perlengkapan memasak serta peralatan memasak, pengemasan kue, mesin pendingin, mesin kasir, acessories dan mesin bakery, mesin kopi, mesin pengolah makanan dan minuman dengan teknologi terbaru.
Industri makanan dan minuman merupakan industri strategis dan salah satu industri prioritas dalam percepatan implementasi makin indonesia 4.0. Hal tersebut dapat terlihat pada kontribusi industri makanan dan minuman yang mencapai 6.25% terhadap PDB nasional dan 37% terhadap PDB industri pengolahan non migas pada triwulan III tahun 2019 dengan laju pertumbuhan sebesar 7.73% (C to C).
SIAL Interfood 2019 merupakan platform B2B yang sempurna karena menyediakan berbagai peluang bisnis bagi seluruh peserta pameran untuk mempromosikan produk, melakukan bisnis dan mencari solusi untuk kebutuhan bisnis bersama, juga merupakan pilihan yang tepat bagi perdagangan dan pengunjung di bidang bisnis makanan dan minuman yang ingin mencari dan menemukan inovasi baru dalam industri makanan dan minuman.
Dalam pameran ini akan diselenggarakan pula Trademark SIAL interfood 2019 yang kegiatannya meliputi:
- SIAL innovations: program acara yang memberikan penghargaan tertinggi kepada peserta atas inovasi terbaik untuk produk makanan dan industri pendukungnya seperti pengemasan dan kontainer;
- La cuisine competition: kompetisi memasak para koki profesional dari berbagai negara yang akan menghadirkan juri dari lokal dan internasional;
- Berbagai kompetisi dan perlombaan
-International Pastry Aliance (IPA) championship: berbagai perlombaan dalam bidang pastry yang meliputiĀ pembuatan hingga menghias kue;
-The 2nd Indonesia Tea Brewing Competition, bekerjasama dengan Association of Indonesia Specialy Tea (Aistea) yang berhadiah uang tunai;
-The 5th Indonesian food and beverage Executive (IFBEC) service Competition: kompetisi service rally, juggling dan bar speed hadiah bernilai lebih dari 100 juta rupiah;
-3rd SIAL Interfood Roasting Competition (SIROC) bekerjasama dengan Pusat Pelatihan Kopi Indonesia, Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (PPKI AEKI).
Keberhasilan SIAL interfood 2019 tak lupa atas peran serta dan dukungan dari Kementerian Perindustrian RI, Kementerian Pariwisata Indonesia dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perdagangan RI, Kementerian Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah RI, Kementerian Pertanian RI, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI serta kolaborasi dari berbagai organisasi dan asosiasi, para pakar, chef, praktisi di bidang kuliner dan gastronomi bertaraf nasional dan internasional. (red)